Musim Hujan Mulai Datang, Begini Cara Mudah Rawat Mobil
24
Nov
2019
0 Comment Share Likes 359 View

Setelah musim kemarau yang panjang, kini Indonesia mulai memasuki musim hujan. Ini pasti sudah bisa dirasakan oleh sebagian besar masyarakat, hampir setiap siang atau sore bahkan malam hari hujan akan turun dengan beragam intensitas. Nah, bagi pengguna mobil setiap hari pasti akan mulai memikirkan kondisi mobilnya sendiri dalam menghadapi musim hujan ini. Banyak orang berpikir bahwa air hujan sama dengan air biasa, jadi mereka cenderung berasumsi bahwa mobil yang tersapu oleh air hujan sama bersihnya dengan mencuci. Tapi itu jelas salah.

Alasannya kenapa?

Air hujan memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi dari air biasa, belum lagi kotoran di jalanan yang terbawa air hujan dan menempel di ban hingga bodi mobil akan mempengaruhi kondisi mobil tersebut. Dampak lebih jauhnya lagi bisa akan berpengaruh pada kualitas eksterior mobil bahkan performa di balik kap akan terganggu. Selain itu, air hujan juga mengandung lebih banyak garam daripada air biasa. Kandungan garam akan merusak cat mobil dan juga dapat menyebabkan karat dan korosi. Selain itu.

Nah, oleh karena itu, untuk menghindari masalah pada mobil Mas Bro sekalian, ikuti 5 tips merawat mobil selama musim hujan berikut ini, ya.

 

  1. Jangan Biarkan Air Hujan Mengering di Mobil

Ada kebiasaan buruk yang kerap dilakukan para pemilik mobil di musim hujan. Yaitu saat mobil Mas Bro telah disiram banyak air hujan, lantas mobil dibiarkan begitu saja saat sudah tiba di garasi. Nah, ini kebiasaan yang buruk. Cobalah untuk tidak membiarkan hujan mengering di bodi mobil Mas Bro, ya.

Loh, emang kenapa?

Jadi begini, air hujan yang mengering akan meninggalkan jejak pada bodi mobil. Jejak atau biasa disebut kerak air ini lama kelamaan bisa merusak cat dan lapisan mobil. Ini diakibatkan karena kandungan asam dan garam berada di satu titik dalam waktu lama sehingga muncul efek kimiawi dengan cat mobil.

Untuk membersihkannya, Mas Bro bisa menggunakan sabun mobil khusus dan spons lembut untuk membersihkan kotoran tersebut. Kemudian bilas sampai bersih dengan air biasa. Jika Mas Bro tidak punya waktu banyak, Mas Bro bisa membilas sisa air hujan dengan air bersih agar sisa-sisa air hujan tidak menempel di badan mobi lama-lama.

 

  1. Rajin Cek Bagian Dalam Mobil

Banyak di antara para pemilik mobil sering kali tidak memeriksa bagian dalam mobil setelah terkena hujan. Ya, meskipun bagian dalam mobil sangat kecil kemungkinannya terkena air hujan, tapi ternyata sektor interior ini merupakan bagian yang penting untuk diperiksa. Air bisa saja masuk ke dalam kabin mobil melalui celah mobil yang sempit sekalipun. Bahkan air hujan juga bisa masuk ke dalam bagian mesin mobilnya, loh Bro. Karena itu Mas Bro juga harus rajin memeriksa apakah ada air di bagian-bagian mesin mobil. Kalau malas, maka tidak heran mobil akan mudah mogok.

 

  1. Semprotkan Silicon Spray

Tips selanjutnya dalam merawat mobil di musim hujan adalah dengan menggunakan silicon spray. Silicon spray berfungsi untuk membuat bagian kaca dan karet menjadi lebih fleksibel. Fleksibilitas kaca dan karet akan membuatnya menjadi tahan lama. Jadi, tipsnya sederhana. Saat menghadapi musim hujan seperti sekarang ini, lakukan penyemprotan dengan silicon spray secara teratur. Sebenarnya silicon spray itu lebih kepada saat menghadapi perubahan cuaca yang tiba-tiba, bukan hanya musim hujan saja.

 

  1. Gunakan Karpet untuk Mencegah Jamur

Kembali ke bagian interior mobil. Saat musim hujan tiba, lantai mobil cenderung basah karena penumpang yang masuk ke dalam kabin pasti dalam kondisi alas kaki basah. Aktivitas ini tentunya akan bisa menyebabkan cetakan di lantai mobil dan mobil menjadi kotor dengan cepat. Demi mencegah hal ini terjadi, Mas Bro harus menggunakan karpet tambahan untuk melapisi mobil sehingga alas kaki tidak bersentuhan langsung dengan lantai mobil.

 

  1. Jangan Parkir Sembarangan, Harus di Garasi

Nah, cara merawat mobil di musim hujan yang terakhir sangat sederhana. Yaitu cukup memarkirkan di garasi tertutup. Setelah Mas Bro mencuci mobil dan mengeringkannya, parkirlah mobil Mas Bro di garasi untuk mencegah mobil terkena hujan lagi. Selain itu, memarkir mobil di garasi juga dapat membantu perawatan mobil untuk menghadapi cuaca panas sehingga lapisan mobil tidak mudah rusak.

 

Nah, itu tadi beberapa tips merawat mobil saat musim hujan. Di musim hujan Mas Bro harus tetap berhati-hati ya dalam melakukan perjalanan. Kondisi jalanan di musim hujan sulit bisa ditebak. Keep safe guys!

SAMPAIKAN KOMENTAR