Muscle Car, Sejak Kapan Sih Mobil Jenis Mobil Ini Beredar?
09
Jan
0 Comment Share Likes 570 View

Untuk seorang car enthusiast mungkin familiar dengan kata Muscle Car. Ya, ketika mendengar kata Muscle Car yang terbesit di pikiran adalah sebuah mobil buatan amerika dengan tahun pembuatan yang sudah cukup tua, tapi dapat memukau mata siapa pun yang melihatnya.

Tapi sebenarnya Muscle Car itu mulai beredar sejak kapan sih? Dan mobil apa saja sih yang masuk kedalam kategori Muscle Car?

Muscle Car itu sendiri merupakan sebutan untuk sebuah mobil buatan Amerika yang memiliki performa yang buas. Bicara soal desain dari sebuah Muscle Car itu sendiri umumnya memiliki desain yang dinamis namun masih tetap memiliki garis body yang tegas.

Umumnya, sebuah muscle car merujuk kepada sebuah mobil berbentuk sedan Mid-Size dan hanya memiliki dua buah pintu alias coupe. Dan yang pasti menjadi identitas dari sebuah Muscle car itu sendiri adalah dibekali dengan mesin yang besar nan buas dan umumnya berkonfigurasi V8 Big Block serta berpenggerak roda belakang.

Pertama kali Muscle Car diperkenalkan ke pasar Amerika Serikat Oleh Oldsmobile melalui Oldsmobile Rocket 88 di tahun 1949 silam. Mobil ini hadir dengan dibekali mesin V8 berkompresi tinggi dan menggunakan Overhead Camshaft. Mesin yang digunakan oleh Oldsmobile Rocket 88 merupakan mesin pertama dari jenisnya yang beredar di Amerika Serikat. Mesin ini memiliki kubikasi 303 inci dan menggunakan sistem pengkabutan karburator.

Namun justru yang mempopulerkan Muscle Car kala itu adala Chrysler melalui Chrysler C-300 yang meluncur pada tahun 1955. Chrysler C-300 tidak hanya mempopulerkan Muscle Car, tapi juga menjadi daya Tarik terbaru di Amerika sehingga produk ini menjadi salah satu mobil terlaris kala itu. Chrysler C-300 ditawarkan dengan mesin V8 yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 300 hp. Dengan tenaga sebesar itu, C-300 mampu melesat dari 0-100 hanya dalam waktu 9,8 detik saja dan menjadikan mobil terkuat di Amerika Serikat saat itu.

Halaman selanjutnya

Di tahun 1960 mobil dengan jenis Muscle Car menjadi sangat terkenal. Karena hal itu banyak pabrikan yang mulai melirik untuk memproduksi mobil dengan jenis itu. Sebut saja Plymouth, Chrysler, Ford dan Dodge, brand tersebut berlomba untuk membuat Muscle Car terbaik. Bahkan pabrikan tersebut tak segan untuk mengadu produk mereka di lintasan drag.

Mobil mobil muscle car legendaris pun akhirnya bermunculan. Di tahun 1962 Dodge meluncurkan Dodge Dart Max Wedge yang mampu digeber hingga kecepatan 170 km/jam. Kemudian di tahun 1964 pabrikan lain mulai meluncurkan muscle car andalan mereka seperti Pontiac GTO, Ford Mustang, Chevrolet Camaro hingga Pontiac Firebird.  Kemudian di antara tahun 1964 dan 1965 Plymouth meluncurkan Barracuda atau Cuda dan Chrysler meluncurkan Duster. Tak mau kalah, Mopar pun meluncurkan mesin V8 berkubikasi 426 kubik atau berkapasitas 7000 cc.

Namun sayang era Muscle Car mulai surut di tahun 1980 – an. Dimana di tahun tersebut hal yang membuat Era Muscle Car turun adalah emisi dan konsumsi bahan bakar yang sangat boros. Maka dari itu masyarakat mulai meninggalkan mobil dengan jenis muscle car.

Meski demikian sebuah Muscle Car masih menjadi sebuah legenda dan sangat diminati oleh para Car Enthusiast. Tak hanya orang tua, anak muda pun banyak yang menyukai Muscle Car ini. Bahkan banyak car enthusiast yang menggunakan Muscle car sebagai mobil balap mereka di lintasan lurus. Tak sedikit pula orang yang mengadu muscle car mereka dengan sebuah supercar.

Live Long Muscle Car !

1 2
SAMPAIKAN KOMENTAR