Mungkin Nggak Sih Mobil Listrik Punya Transmisi Manual? Ini Jawabannya

Mungkin Nggak Sih Mobil Listrik Punya Transmisi Manual? Ini Jawabannya

14Oct
INTERSPORT.ID ON 14 October 2017
INTERSPORT.ID ON 14 Oct 2017

Seiring semakin berkurangnya mobil modern dengan transmisi manual, mobil listrik dengan gearbox satu percepatan pun semakin membanjiri pasar otomotif dunia. Bagi lo yang belum tau, mobil listrik mampu menghasilkan torsi maksimum pada 0 rpm, sehingga cuma butuh satu percepatan untuk berakselerasi.

Pertanyaanya, mungkin nggak sih kalau ada satu pabrikan otomotif yang pengen bikin mobil listrik dengan transmisi manual tradisional yang terdiri dari beberapa percepatan?

Pada kenyataannya, nggak ada alasan logis yang memungkinkan kopling ada di mobil listrik. Beda sama mesin konvensional yang bisa mati secara tiba-tiba sehingga membutuhkan kopling, motor penggerak mobil listrik nggak bisa mengalami kejadian serupa. Jadi adanya kopling di mobil listrik emang nggak dibutuhkan.  

Meski begitu, ternyata adanya sistem transmisi manual di mobil listrik merupakan hal yang mungkin untuk diwujudkan. Hal ini dibuktikan oleh tim Formula E Renault yang menggunakan gearbox dengan dua percepatan tanpa kopling di mobil balap listriknya.

Lo sendiri pengen nggak ada mobil listrik dengan transmisi manual?

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN