Mooneyes: Indonesia Kiblat Modifikasi Asia Tenggara
03
Oct
2019
0 Comment Share Likes 268 View

Gelaran Indonesia Modification Expo (IMX) 2019 kemarin menjadi bukti bahwa Indonesia sangat aktif dalam dunia modifikasi. Bukan hanya aktif, gaya modifikasi Indonesia bahkan sudah menjadi patokan beberapa negara lain di Asia Tenggara. Hal ini disampaikan oleh pentolan Gearhead Monkey Garage, diler resmi Mooneyes di Indonesia, Iman Kusumo.

Seperti dikutip Tempo, Iman mengatakan bahwa Indonesia sekarang sudah menjadi benchmark di negara lain terutama Asia Tenggara. Menurutnya, hal tersebut adalah sebuah kemajuan dunia otomotif di Tanah Air saat ini. Meski skala regionalnya masih Asia Tenggara, setidaknya dunia modifikasi Indonesia terbukti bisa bersaing dengan negara lain.

"Untuk Asia Tenggara, untuk Amerika sih belum, ya. Kalau untuk Asia Tenggara, Indonesia sudah mulai maju. Thailand masih bersaing, Singapura dan Filipina di bawah Indonesia," tuturnya.

Kemajuan dan semakin kompetennya kualitas modifikasi di Indonesia tidak akan lepas dari andil modifikator dan pemilik mobilnya. Iman mengakui para pelaku modifikasi sudah lebih baik dalam memilih gaya modifikasi yang diterapkan.

"Kalau tren dunia modifikasi Indonesia menurut saya makin hari mereka (pegiat modifiaksi) makin terbuka. Dan malah lebih gilanya lagi itu tadi, Indonesia sekarang sudah menajdi benchmark-nya," ujar Iman.

IMX diakui sebagai event expo modifikasi terbesar dan sudah dilaksanakan kedua kalinya di Tanah Air. IMX digagas oleh National Modificator & Aftermarket Association (NMAA). Jadi bukan tanpa alasan, NMAA berharap dengan IMX di setiap tahunnya mampu mengerakkan dan menggairahkan industri modifikasi Indonesia.

Pembukaan semakin istimewa karena dihadiri juga oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) – Kementerian Perindustrian – Ir. Harjanto, M.Eng, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika, serta Andre Mulyadi selaku founder NMAA sekaligus Project Director IMX. Kesemuanya hadir untuk secara simbolis membuka expo modifikasi peristisius ini.

IMX pun kemudian hadir dan seakan-akan melengkapi gairah industri otomotif Indonesia dengan segala merek-merek lokalnya.

SAMPAIKAN KOMENTAR