Modifikasi Terbaik Oleh Original Venice Crew
01
Dec
2019
0 Comment Share Likes 360 View

Original Venice Crew adalah sebuah tim yang terdiri atas para pakar otomotif dan modifikasi, yaitu Peter Brock, Jim Marietta, Ted Sutton, dan pakar sejarah Shelby, yaitu Randy Richardson. Mereka mendirikan perusahaan dengan nama yang sesuai dengan kantor pusat Shelby yang berada di Venice, California. Proyek berkelanjutan pertama dari mereka adalah modifikasi pada model mobil Ford Shelby GT350R COmpetition keluaran tahun 1965, atau yang lebih sering disebut Shelby GT350R.

Awalnya, ide merakit mobil GT350R Competition berasal dari Jim Marietta, ketika dia sudah berusia 71 tahun. Jim masih remaja ketika ia bekerja di Shelby pada tahun 1960-an. Dia sudah lebih dulu mengenal Peter Brock dan Ted Sutton, barulah kemudian Randy Richardson bergabung bersama mereka dan mendirikan Original Venice Crew. Dan berikut ini adalah beberapa modifikasi terbaik yang pernah mereka buat.

  1. INDEPENDENT REAR SUSPENSION

Pada tahun 1965, sebuah tim, bersama dengan Ford Engineering, telah menghabiskan cukup banyak waktu untuk mengetes independet rear suspension ketika akan mengembangkan model mobil Shelby GT350 Competition. Ken Miles, mengetes konfigurasi yang sudah ada di Willow Spring di GT350R (5R002). Sayangnya, sampai akhir pengetesan tersebut, IRS-nya tidak pernah disetujui untuk penggunaan dalam kompetisis karena Ford memutuskan bahwa IRS-nya terlalu mahal untuk bisa dimasukkan ke dalam proses produksi. Ken Miles yang melakukan test-drive pada model tersebut pun tidak merasa nyaman dengan model tersebut. Jim Marietta yang ketika itu juga menjadi bagian dari Tim yang mengerjakan proyek IRS tersebut, mencari salah satu dari empat set-up aslinya. Berdasarkan rear end dari Dana 44, unit tersebut dipasang di dalam mobil berkelanjutan milik Original Venice Crew dan unit tersebut hampir identik dengan yang dites di tahun 1965 silam.

 

  1. UPGRADE MESIN

Untuk memberikan tenaga pada mobil-mobil vintage, Original Venice Crew membawa sebuah 289ci K-code original serta blok mesin utama dengan 4 bolt, dan mengirimnya ke Caroll Shelby Engine Company yang memproduksi mesin-mesin untuk mobil Shelby yang diproduksi pada tahun 1965. Original Venice Crew berhasil memberikan performa yang jauh lebih baik pada Shelby GT350. Mesin yang digunakan kini bisa menghasilkan tenaga hingga 440 tenaga kuda dengan rasio kompresi 11,4:1. Jumlah ini sekitar 100 hp lebih banyak daripada yang dihasilkan oleh mesin yang diproduksi lima puluh tahun silam. Modifikasi ini memang mengundang pro dan kontra, tetapi Jim Marietta sendiri menyampaikan bahwa modifikasi yang mereka lakukan ini merupakan modifikasi yang kemungkinan besar juga akan dilakukan oleh race shop resmi milik Shelby.

 

  1. REAR DISC BRAKE

Rotor disc brake yang solid ini merupakan bagian dari set-up IRS. Bagian ini sudah dilengkapi dengan front disc, dan modifikasi yang dilakukan oleh Original Venice Crew memberikan sentuhan yang sama sekali baru pada disc brake mobil Shelby GT350R. Opsi ini memang tidak pernah ditawarkan oleh Ford karena kekurangan dana pada masa produksinya ketika itu, tetapi opsi ini merupakan salah satu faktor penentu dalam mobil kompetisi. Chevrolet Corvette keluaran tahun 1965 dan Jaguar B Production Class E-Type sudah menggunakan four wheel disc brake sejak 1961, makanya jika read disc yang sama digunakan oleh Shelby pada waktu itu, hal tersebut akan dianggap sebagai langkah yang tidak realistis.

 

  1. DESAIN ULANG FRONT VALANCE

Karena dipanggil ke Eropa untuk mengerjakan proyek Cobra Daytona Coupe, Peter Brock harus meninggalkan timnya sementara mobil yang mereka kerjakan belum selesai. Tetapi, beberapa dari desain original buatan Peter Brock digunakan pada Mustang rakitan Original Venice Crew. Perubahan pada bodi mobil ini dinilai lebih enak dilihat dan lebih efisien untuk sistem aerodinamis-nya. Fascia depan yang didesain ulang memberikan mobil tersebut brake cooling yang lebih efektif dibandingkan dengan versi standarnya dan hal ini juga memungkinkan pendinginan kompartemen mesin yang lebih baik.

 

  1. DESAIN ULANG JENDELA REAR PLEXIGLASS

Elemen lain dari desain original yang tidak terlalu disukai oleh Peter Brock adalah humpdeck rear window original, makanya elemen yang satu ini adalah elemen yang telah diganti dalam model-model mobil modifikasi Original Venice Crew untuk menyesuaikan rencana awal mereka. Rear glass yang ada pada Mustang versi Original Venice Crew telah sedikit dikonfigurasi ulang untuk memungkinkan pengemudi melihat ke luar mobil dengan lebih baik dan meningkatkan aerodinamis mobil tersebut. Ventilasi untuk pertukaran udara di interior mobilnya tidak mengalami perubahan sama sekali dalam modifikasi ini, tetapi elemen ini memang sangat kecil sehingga cukup sulit untuk melihat perbedaannya.

 

  1. PLEXIGLASS QUARTER WINDOW

Selain modifikasi-modifikasi sebelumnya, Peter Brock juga melakukan perubahan pada quarter vent aluminum block off plates dari GT350 Competition. Perubahan ini sudah pernah muncul sebelumnya pada semua model Shelby Mustang keluaran tahun 1966, yang menambahkan plexiglass sail panel window pada mobil-mobil hasil modifikasi tersebut. Modifikasi ini mungkin terlihat sebagai modifikasi yang kecil, tetapi paling terlihat. Modifikasi ini juga membuat pengemudi bisa melihat lebih jelas.

 

  1. FUEL TANK BLADDER

Salah satu update lainnya untuk regulasi keselamatan. Model original dari tangki bensin GT350 Competition terdiri atas dua tangki Mustang yang menjadi satu. Karena Original Venice Crew terbiasa memodifikasi mobil dengan menjaga agar mobil tersebut sebisa mungkin sama dengan aslinya, tim modifikasi ini tidak mau memasang tangki bensin aftermarket, tetapi tidak bisa meluncurkan mobil balap modern di trek balap modern tanpa mengubah desainnya. Mereka memutuskan untuk mempertahankan bentuk asli tangki bensinnya di bagian luar, dan menggunakan foam filling dan fuel bladder di bagian dalamnya. Desain ini memungkinkan mobil untuk mempertahankan tampilan aslinya tetapi memiliki standar keselamatan yang sama dengan mobil modern.

 

  1. FIBERGLASS REAR BUMPER

Awalnya, untuk mengurangi bobot mobilnya, GT350 Competition tidak dipasangi rear bumper. Untuk memperhalus tampilan dari mobil hasil modifikasi Original Venice Crew, rear bumper kembali dipasangkan, tetapi tim tersebut memutuskan untuk menggunakan rear bumper baru yang dibuat menggunakan material fiberglass, untuk menjaga agar bobotnya tetap ringan. Dicat dengan warna putih dengan garis biru, mobil ini mempertahankan desain originalnya yang dicintai oleh para penggemar otomotif.

SAMPAIKAN KOMENTAR