Modifikasi Kaki kaki Proper? Perhatikan Hal Berikut

Modifikasi Kaki kaki Proper? Perhatikan Hal Berikut

08Aug
INTERSPORT.ID ON 08 August 2018
INTERSPORT.ID ON 08 Aug 2018

Modifikasi adalah sebuah keharusan untuk semua Car Enthusiast untuk memberikan sentuhan personal pada tunggangan kesayangannya. Modifikasi pada sebuah mobil biasanya meliputi 5 bagian jika kalian mengikuti sebuah kontes mobil yaitu Eksterior, Interior, Mesin, Audio, dan Kaki - Kaki.

Untuk modifikasi kaki - kaki, biasanya hal pertama yang dilakukan adalah mengganti velg standar dengan velg racing. Mengganti velg racing biasanya berbeda beda, ada yang mengganti dengan ukuran yang lebih besar atau mengganti dengan ukuran yang lebih kecil.

Misal Honda Jazz GK5, velg standar pabrikannya menggunakan ukuran 16 inci. Nah beberapa modifikator yang menganut aliran street racing rata rata mengganti velg 16 tersebut dengan velg berukuran 15 inci yang di balut dengan ban semi slick.

Dengan mengganti velg yang lebih kecil tentu Wheel gap nya pun akan semakin besar. Wheel Gap? Mungkin kalian kurang familiar dengan kata Wheel Gap. Wheel Gap merupakan jeda antara velg dengan fender. Untuk mengurangi wheel gap tersebut biasanya modifikator memangkas ketinggian mobil.

Untuk mobil beraliran street Racing, Racing dan retro racing biasanya menggunakan suspensi Coilover untuk menyesuaikan dengan aliran modifikasinya. Ada beberapa keuntungan menggunakan suspensi coilover yaitu kita bisa menyesuaikan ketiggian mobil tanpa potong per. Kita hanya tinggal memutar ketinggian suspensi saja. Hanya saja untuk menaikkan dan menurunkan ketinggian mobil cukup membutuhkan kesabaran. Karena kita harus membuka ban terlebih dahulu, baru kita bisa menurunkan ketinghian suspensi mobil.

Berbeda dengan mobil beraliran VIP dan Elegance. Mobil mobil dengan aliran modifikasi jenis ini biasanya menggunakan velg berukuran besar dan juga lebar. Pada aliran ini, minimal velg yang biasanya digunakan oleh modifikator berukuran diatas 17 inci.

Nah wheel gap pada aliran modifikasi ini ketika menggunakan suspensi standar biasanya tidak terlalu jauh, tapi justru ground clearencenya jadi meningkat. Ada beberapa modifikasi suspensi yang digunakan pada aliran modifikasi VIP dan Elegance yaitu menggunakan suspensi custom dimana per nya diambil dari mobil lain namun menggunakan lebih pendek. Biasanya mobil mobil modifikasi yang menggunakan per custom ini disebut sebagai static.

Berbeda dengan modifikator yang miliki kocek lebih. Untuk yang memiliki kantong lebih tebal, biasanya suspesi standarnya ditanggalkan dan diganti dengan air suspension. Nah, memang air suspension dibanderol harga lebih mahal, namun kita dapat dengan mudah mengatur ketinggian mobil tanpa susah payah. Kita linggal menyetel ketinggian mobil dari sebuah remote atau bahkan bisa melalui smartphone.

Bagaimana Pria Intersport? Sudah terbayang akan mengganti suspensi apa untuk mobil proper kalian?

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN