Modifikasi Jeep Galdiator ala Honcho J10, Sarat Estetis dan Filosofi Keluarga
20
Sep
2019
0 Comment Share Likes 251 View

Sebelum Jeep Gladiator terjun ke pasar truk ukuran medium ternyata salah satu rumah modifikasi dari diler Sleepy Hollow Chrysler Dodge Jeep rupanya sudah meluncurkan versi modifikasinya lebih dulu. Mereka dikabarkan telah meluncurkan edisi spesial Honcho J10 dengan basis Jeep Gladiator terbaru. Menariknya, Jeep Gladiator ini digubah menyerupai Jeep Honcho J10 4x4 (T53) lansiran 1978. Model modifikasi ini otomatis seakan-akan membawa kita bernostalgia ke masa lampau. Modifikasi ala-ala ini pun dikerjakan sedetail mungkin lengkap dengan decals atau grafis, rollbar di atas bak dan lampu penunjang offroad.

Seperti halnya Wrangler sebagai kendaraan yang paling banyak dikustom saat ini, Gladiator pun bernasib tidak jauh berbeda. Patut diacungi jempol, Sleepy Hollow dinilai mampu menemukan celah bagaimana caranya menggabungkan tampilan retro ke truk Jeep terbaru sarat modernisasi gaya ikonik desain Gladiator. Lavon "Spanky" Felton sebagai pemiliknya mengakui bahwa keinginan modifikasi ini terinspirasi dari Honcho yang pernah dimiliki oleh keluarganya. Perlu disampaikan juga, latar belakang keluarga Felton memang hidup dan sangat dekat dengan pertanian dan perkebunan. Mantap, tak hanya estetis, modifikasinya sarat filosofis.

Bicara soal Honcho. Truk ini merupakan deretan dari truk J-Series Gladiator yang didesain ulang untuk menarik pasar lebih banyak. Lalu apa yang membuat Honcho jadi berbeda dari Seri J lainnya? Ya, Honcho diketahui punya susunan decals dengan kombinasi warna hitam dan emas sepanjang bodi samping. Selain itu, Gladiator edisi Honcho juga menyematkan komponen yang serupa seperti pelek powder coated 17×9 Gear Alloy Trek yang dibalut dengan ban BF Goodrich A/T 35 inci. Sementara itu, gril bawaan dicat ulang dengan kombinasi silver emas dan menambahkan beberapa emblem J10 4 Wheels Drive termasuk embos logo Jeep retro yang bertengger di pintu bak.

Beralih ke bagian kaki-kaki, suspensi Jeep Gladiator Honcho ini mengandalkan shock breaker Fox dan lift-kit Mopar. Aplikasi shock breaker ini kemudian memberikan tambahan ground clearance hingga 50 mm (2 inci). Tak ketinggalan juga rollbar yang dilengkapi dengan lampu off road KC Daylighter dan dudukkan ban cadangan yang dikustom dengan pipa 3 inci.

Perlu disampaikan, nih Mas Bro. Harga Gladiator Overland sendiri dibanderol mulai dari 41.890 dolar AS. Nah, sementara itu, untuk edisi spesial ini biayanya dikenakan tambahan sekira 27.995 dolar AS. Mahal? Memang, tapi kabar dari berbagai sumber mengatakan bahwa Felton sudah memesan 2 unit lagi.

Informasi lainnya lagi, Felton mengklaim bahwa tunggangannya itu pernah dipamerkan di acara pameran lokal, Stump Dodger Bash. Berbekal pengalaman itu, Felton pun berencana akan memboyongnya ke Jeep Fest di Toledo, Ohio yang bertempat di pabrik perakitan Gladiator. Meskipun edisi Honcho ini tak lebih dari sekadar show car semata, grafis dan aksesoris yang menempel tidak hanya menarik secara estetis tetapi juga secara fungsional.

Tentang Jeep Honcho J10

Bermula pada 1970, di mana tahun ini menandai Kaiser Motor setop produksi truk Jeep Gladiator. Tahun ini juga sekaligus menandai bahwa Jeep telah dibeli oleh American Motor Corporation (AMC) yang kemudian sempat menjual Gladiator selama beberapa tahun sebelum akhirnya dikenal sebagai J-Series. Pada 1976 akhirnya AMC pun mengeluarkan generasi terbaru dari J-Series. Produksi terbarunya ini kemudian disebut J10. Truk medium size ini pun eksis hingga tahun 1983 dengan paket trim bodi Honcho, Golden Eagle dan 10-4. Jadi tak bisa ditampik lagi bahwa J10 sangat identik dengan Jeep Gladiator.

Secara keseluruhan truk Jeep memiliki struktur bodi yang sama dengan Jeep Wagoneer dan Cherokee, mulai dari cab forward dan ditawarkan dengan bodi mobil berjenis slab-side dan step-side atau sport-side. Model Honcho menjadi sangat populer dibanding paket trim bodi lainnya. Hal tersebut dikarenakan truk ini setara dengan Cherokee Chief yang punya bodi lebar dan tersedia dalam dua versi, yaitu step-side dan town-side. Bahkan di antara tahun 1980 hingga 1983, Honcho sempat mengeluarkan versi step-side yang hanya diproduksi 1.264 unit di seluruh dunia.

Penjualan Jeep Gladiator Setop Sementara

Kabar terbaru dari Jeep Gladiator justru punya nada kurang mengenakan. Jeep dikabarkan tengah menjalankan program recall alias penarikan ulang Gladiator sebanyak 3.427 unit. Recall dilakukan terkait adanya indikasi masalah di as rodanya. Hal ini datang dari keluhan konsumen mobil pikap kabin ganda ini dengan adanya suara-suara aneh yang bersumber dari gandar belakang. Seperti dilansir dari Motor1, bahwa untuk saat ini, Jeep Gladiator mungkin tidak akan dijual di diler-diler. Sebab, Jeep sedang melakukan penarikan kembali guna mengatasi driveshaft atau as roda.

Fiat Chrysler Automobiles atau FCA sebagai pihak yang pertama kali melaporkan masalah ini ke Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) pekan lalu, menjelaskan bahwa 3.427 Gladiator akan ditarik. Truk Gladiator yang bermasalah, diduga muncul pada produksi antara 15 Desember 2018 hingga 25 Juni 2019. FCA memperkirakan sekitar lima persen akan membutuhkan perbaikan.

"Kendaraan Jeep Gladiator 2020 MY tertentu yang saya buat mulai tanggal 15 Desember 2018, hingga 25 Juni 2019, mungkin memiliki driveshaft belakang yang dirakit tanpa pelumas di bagian sambungan monoblok dari driveshaft," demikian bunyinya dari siaran pers yang didapat.

Menurut dokumen itu, pemilik Gladiator mendengar kebisingan atau getaran pada as roda. Masalah ini ditemukan oleh FCA pada bulan Juni musim panas kemarin, ketika pembuat mobil menerima empat as roda dari perbaikan garansi dan mengirimkannya ke pemasok untuk dianalisis.

Selama penarikan, Jeep akan mengganti as roda yang rusak secara gratis. Pemilik Jeep Gladiator yang terkena dampak akan diberitahukan pada 18 Oktober 2019.

SAMPAIKAN KOMENTAR