Modifikasi Drift Mini Bus Hyundai, Impossible is Nothing!
23
Nov
2019
0 Comment Share Likes 270 View

Hyundai Australia beberapa waktu yang lalau mengumumkan kreasi khusus mereka yang disebut hanya untuk sekali pakai saja. Mobil ini terinspirasi oleh semangat nakal Divisi N sebagai divisi performa pabrikan asal Korea Selatan itu. Hyundai menjamin, kehadiran model satu ini akan memberikan senyum di wajah pengemudi mana pun. Betapa tidak, model yang dimaksud digunakan untuk performatik drifting namun lebih nyelenehnya lagi, mobil ini punya kapasitas hingga tujuh penumpang. Stop! Kalau Mas Bro berpikir ini adalah MPV maka kalian salah. Hyundai memperkenalkan iMax N 'Drift Bus'. Hahaha.. ya ini adalah minibus.

Mesin bertenaga turbocharged? Yap! Corner carving differential? Yap! N Performance Blue paintwork? Hadir! Tempat duduk untuk, bukan tujuh, tapi delapan orang bandel kayak Mas Bro sekalian? Tentu saja ada!

Mobil ini dibuat oleh tim skunkworks bawah tanah di Hyundai Australia. Hyundai iMax N kemudian telah melakukan debut di sebuah kompetisi global beberapa waktu lalu di World Time Attack Challenge 2019 di Sydney Motor Sport Park. Gila, kan? Debutnya aja langsung ikut kompetisi global.

Tidak seperti minibus atau van yang punya performa kencang seperti umumnya, misalnya seperti Ford Transit Supervan dan Renault Espace F1, iMax N 'Drift Bus' ini sangat mempertahankan tata letak delapan tempat duduknya dengan tujuan memaksimalkan faktor "fun to drive" untuk tujuh orang berandalan. Hehehehe...

Hyundai mengatakan bahwa model ini terinspirasi dari 'Drift Bus' yang datang dari Hyundai Jerman. Tadinya, rupanya mobil ini hanya berupa postingan gambar di sebuah media sosial berupa iMax N sebagai lelucon April Mop di awal tahun ini kemarin.

Dalam jajak pendapat media sosial tersebut, terlontar pertanyaan untuk penggemar Divisi N Hyundai Australia model mana yang harus mendapatkan sentuhan tangan ajaib Divisi N berikutnya. Dalam waktu singkat rupanya orang-orang memilih iMax tempat kedua di bawah SUV besutan Hyundai, Tucson. Namun Divisi N rupanya berpikir itu terlalu mudah.

Filosofi N adalah mementingkan BPM (beats per minute) bukan RPM. Inilah yang menciptakan sensasi dan kegembiraan tersendiri selain performa mesin kencang. Dengan itu, tim skunkwork Australia terdorong untuk menciptakan 'iMax N' dan membangunnya dengan standar teknis setinggi mungkin.

IMax standar dikirim ke boot camp Divisi N di mana nantinya mobil ini akan ditambahkan banyak tenaga. Mesin CRDi 2,5 liter biasa segera dibuang dan digantikan oleh mesin V6 monster 3,5 liter twin-turbocharged. Mesin ini diklaim mampu menyemburkan tenaga lebih dari 402 Hp dan torsi 555 Nm. Angka ini jelas lebih dari cukup untuk mengubah karet ban menjadi kepulan asap, bahkan untuk sebuah mini bus sekalipun.

Belum lagi penyematan knalpot bi-modal yang memastikan ‘iMax N’ ini jadi terdengar sebagus kelihatannya.

Mesin yang disebut lebih kuat dari sebelumnya pun disandingkan dengan gearbox otomatis delapan percepatan yang dikembangkan oleh Hyundai yang terhubung ke corner carving. Ini tentunya akan membantu memindahkan daya kuat ke roda belakang secara lebih efisien.

Suspensi 'iMax N' memiliki peredam yang dikontrol secara elektronik. Sementara remnya juga telah diberi peningkatan performa oleh Divisi N. Pelek yang digunakan yaitu ukuran 19 inci. Pelek ini dipinjam dari kepunyaan i30 N dan dibalut ban performa tinggi karena peruntukannya ngepot sana-sini.

Mengoptimalkan performa manuvering menikung dan handling, iMax N memiliki distribusi bobot 50-50 yang sempurna dengan delapan orang di dalam kabin. Ini jelas akan menambah nilai "fun to driving", delapan orang penumpang akan merasakan sensasi drift di joknya masing-masing.

Di bagian dalam, iMax N terlihat mendapat beberapa ubahan. Mulai dari setir N dan kursi depan sport N, dengan dua baris bangku kursi belakang juga dipangkas dengan suede dan kulit yang serasi. Jika Mas Bro ada di dalam kabin, maka Mas Bro akan hanyut bersama tujuh teman lainnya.

'Drift Bus' menawarkan lebih praktis daripada sedan sport atau SUV berperforma tinggi. Dengan kapasitas ruang kosong 842 liter maka ini dinilai sempurna untuk mengangkut ban cadangan. Bahkan untuk membawa seluruh kru pit jika diperlukan, hahahaha.

Sayangnya, iMax N bukan model yang akan produksi massal. Bahkan bukan juga untuk digunakan di jalanan umum, sehingga kesenangan yang menyeringai akan terbatas di trek balapan saja.

"Tapi kami percaya tujuan sederhana kami telah tercapai: untuk menunjukkan hasrat Hyundai Australia terhadap kendaraan N-gaging dan menggembirakan para pengemudi dan sebanyak mungkin penumpang," ujar Hyundai Australia melalui siaran resminya.

Untuk memamerkan performanya, iMax N 'Drift Bus' akan bersaing dalam tiga disiplin berbeda di World Time Attack Challenge akhir pekan ini, yaitu:

1) Clubsprint Class: untuk waktu putaran langsung dan kemampuan mengukir sudut

2) Flying 500: untuk akselerasi neck-snapping dan kinerja drivetrain

3) Drifting Cup: untuk handling terbaik dan kemampuan membuat kepulan asap dari ban

SAMPAIKAN KOMENTAR