Modifikasi Berikut Nggak Menggugurkan Garansi Mobil Loh Bro!
28
Jan
0 Comment Share Likes 109 View

Modifikasi dan mempersonalisasi kendaraan pribadi tentu menjadi hal yang diinginkan oleh para pemilik mobil meski bukanlah seorang car enthusiast. Salah satu tujuan dilakukannya modifikasi pada mobil mereka adalah agar terlihat berbeda dari kendaraan lain dan dapat menjadi identitas bagi dirinya sendiri.

Namun modifikasi yang dilakukan oleh para pemilik mobil sering kali bertentangan dengan garansi yang diberikan oleh pabrikan terhadap mobil tersebut. Nah sebenarnya ada hal yang perlu diperhatikan ketika kita melakukan sebuah modifikasi pada mobil kita, agar hal tersebut tidak menghilangkan klaim garansi dari pihak pabrikan. Salah satunya adalah ketika kita ingin memodifikasi mobil kesayangan kita, kita harus konsultasi dulu ke dealer resmi mobil yang kita beli terkait penambahan modifikasi dan efeknya terhadap garansi mobil.

Bukan berarti para pemilik mobil tidak dapat melakukan modifikasi agar garansi pada mobil tersebut tetap berlaku ketika melakukan klaim. Ada beberapa modifikasi yang dapat dilakukan dan tidak menggugurkan garansi dari mobil tersebut. Modifikasi seperti apa ya? 

Salah satu modifikasi yang tak menggugurkan garansi dari sebuah mobil adalah menempelkan sticker livery pada sekujur body mobil. Tak hanya menempel sticker saja sebenarnya, ada modifikasi lain yang juga ngga menggugurkan garansi dari mobil yaitu menggambar dengan metode doodling art di body mobil.

Modifikasi dengan konsep doodling art ini  sebenarnya sudah digunakan oleh salah satu pemilik mobil dan di pamerkan di ajang Avanza Pop You Up 2015. Mengapa modifikasi dengan metode Doodling Art ini konsepnya mirip dengan sticker di body mobil. Sehingga tidak akan menggugurkan garansi yang telah diberikan oleh para pabrikan mobil. Namun jika para pemilik mobil ingin melakukan modifikasi lebih banyak lagi pada mobil kesayangannya dapat melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dealer resmi terkait dengan garansi dari mobil.

Lantas modifikasi apa saja yang dapat menggugurkan garansi dari mobil? Sebenarnya ada 9 hal yang dapat menggugurkan garansi mobil yaitu

Modifikasi Terhadap suatu bagian misalnya ban, mesin, audio dll yang dapat menyeret kerusakan bagian sekitarnya atau terkait.

Suku cadang: Pakai yang bukan asli pabrikan dan tidak dilakukan oleh bengkel resmi, sehingga menimbulkan kerusakan.

Kelalaian sehingga menyebabkan Kecelakaan, pemakaian kendaraan yang tidak semestinya seperti balapan, overloading, menerjang banjir, dsb., melakukan penyetelan dan perbaikan yang tidak sempurna yang bukan dilakukan oleh pabrikan.

Faktor yang sulit dikontrol seperti Cacatnya permukaan cat karena benturan atau batu kerikil dan goresan, rusak permukaan cat akibat lingkungan seperti hujan, bahan kimia getah pohon, garam dll.

Bencana alam seperti hujan batu (letusan gunung), angin topan,  banjir dll.

Kesalahan perawatan yang meliputi bahan bakar, pelumas dan minyak (fluida) tidak spesifikasi yang direkomendasi pabrikan.

Odometer yang dirubah oleh Pemilik mobil.

Nah factor factor diatas adalah yang menggugurkan warranty atau garansi sebuah mobil. Namun Selain faktor di atas, ada juga hal-hal yang tidak ditanggung Warranty seperti

Biaya pekerjaan yang meliputi Engine tune up, pengaturan roda (wheel alignment, balance roda, rotasi ban, pemeriksaan dan penyetelan—rem dan kopling, tali kipas, link, dan penghubung pengemudi—pembersihan sistem bahan, sistem pendinginan (AC) dan kerak karbon serta pemolesan.

Biaya jasa pekerjaan pre-delivery dan servis berkala

Bahan-bahan dan komponen servis berkala yang meliputi Bola lampu (kecuali sealed beam, halogen, HID), sekring, busi, kipas (kecuali timing belt), elemen pembersih, pelapis sepatu rem, ped rem (rem cakram), elektolit baterai, refrigerant pendingin, bahan bakar, oli dan minyak-minyak (kopling, rem power steering, silicon, transmisi otomatis), gemuk dan bahan tambahan (aditif).

 

SAMPAIKAN KOMENTAR