Mobil Tangguh Juga Butuh Perhatian, Gardan Salah Satunya
20
Jun
2019
0 Comment Share Likes 299 View

Mobil SUV emang kerap disapa mobil tangguh. Tampilan yang gagah, besar dan kekar dinilai memberikan stigma tangguh pada pemakainya. Tapi, walaupun SUV merupakan mobil tangguh bukan berarti ia harus luput dari perawatan, lho. Mobil tangguh juga butuh perawatan, salah satunya adalah di bagian gardan.

Bagian gardan ini kerap jarang mendapatkan sentuhan karena letaknya yang berada di bawah. Padahal, gardan itu punya fungsi yang penting sebagai komponen penggerak. Gardan juga mampu menjadi pengatur kecepatan pada roda saat mobil sedang berbelok. Makanya, gardan juga salah satu komponen yang wajib diperiksa.



Komponen ini berisikan gir yang memungkinkan mobil bergerak. Untuk itu di dalam gardan sudah seharusnya diisi oleh oli. Oli gardan ini berfungsi untuk melumasi gir dan mendinginkan gir yang ada di dalam gardan. Peran ini nggak bisa dianggap remeh, karena gir dalam gardan ini selalu bergesekan untuk membuat mobil bergerak.

Salah satu indikasi gir pada gardan sudah mulai wajib diperiksa adalah adanya bunyi. Bila sudah terdengar suara mendengung dari gardan, itu pertanda volume oli dalam gardan sudah minim. Bila tidak segera diperhatikan, gardan menjadi panas kemudian memuai. Efek terburuknya adalah gardan menjadi macet.



Jika oli gardan sampai habis, berarti ada yang tidak beres dengan kamu, bro. Karena jika oli gardan sampai habis, biasanya disebabkan oleh seal yang bocor dan baut pengenang yang kendur. Oli gardan ini sama seperti oli mesin, harus diganti berkala dengan hitungan jarak tempuh.

Biasanya oli gardan ini diganti setiap 40 ribu km. Dan yang dibutuhkan biasanya hanya 1 liter saja untuk mengganti oli gardan. Untuk mobil berpenggerak 4 roda, ada dua gardan yang harus diganti. Gardan bagian depan dan belakang. Sesuai spesifikasi pabrikan, oli gardan memiliki SAE 90 hingga 140.



Perawatan oli gardan sangat mudah. Usahakan oli tidak mengental, karena gardan jadi berat untuk berputar akibatnya konsumsi BBM jadi boros. Jika boros, lo sendiri yang rugi bro. Gampang kan buat ngerawat gardan mobil tangguh? Apalagi biayanya murah banget, cuma butuh 1 liter aja untuk mengganti oli gardan.

SAMPAIKAN KOMENTAR