Mobil Susah Distarter? Bisa Jadi Gara-gara Akinya Lemah

Mobil Susah Distarter? Bisa Jadi Gara-gara Akinya Lemah

09May
INTERSPORT.ID ON 09 May 2017
INTERSPORT.ID ON 09 May 2017

Biasanya, mobil susah distarter itu penyebabnya gara-gara aki atau baterai mobil yang udah lemah. Buat mastiin kalau emang aki yang jadi biang kerok mobil susah distarter, ini beberapa cara yang bisa lo coba.

  1. Putar Kunci Kontak

Cara pertama buat mendeteksi aki lemah adalah dengan memutar kunci kontak. Kalau pas diputar keluar bunyi “cetak cetak” atau malah nggak ada suara sama sekali, tandanya aki mobil lo emang udah lemah.

  1. Pencet Klakson

Cara selanjutnya adalah dengan memencet dan menahan klakson mobil, sambil mencoba untuk menstarter mobil. Kalau suara klakson jadi pelan atau malah ilang sama sekali, tandanya aki lo udah lemah, tuh.

  1. Cek Panel di Dasbor Mobil

Aki lo bisa dibilang udah lemah kalau pas lo nyoba untuk menstarter mobil, lampu-lampu indikator di panel dasbor sinarnya redup atau malah mati.

  1. Cek Kabel di Terminal Aki

Selain mecoba cara-cara di atas, jangan lupa periksa kabel di terminal aki. Soalnya, bisa aja masalahnya ternyata bukan karena aki lemah, tapi sambungan kabel yang kendor. Kan nggak lucu kalau nanti lo udah keburu beli aki baru, eh ternyata aki lo masih bagus tapi cuma kendor aja kabelnya.

Gimana? Ngecek aki lemah ternyata nggak perlu langsung bongkar-bongkar mesin, kan?

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN