Mobil Shooting Brake untuk Kalian yang Suka Berpergian
10
Jul
1 Comment Share Likes 424 View

Mobil memiliki banyak jenis berdasarkan bentuknya. Misalnya saja mobil sedan yang miliki atap pendek serta moncong dan ekor yang panjang. Tak hanya itu, ada juga tipe station wagon dimana atap belakang dipanjangkan hingga sampai bagasi. Ada juga jenis Sport Utility Vehicle atau dikenal dengan istilah SUV dimana mobil penumpang ini dibangun diatas kerangka truk ringan. Selain itu, masih ada jenis lain seperti limousine, coupe, minivan, dan sebagainya.

Salah satu tipe mobil yang memiliki sejarah unik adalah tipe shooting brake. Istilah shooting brake sendiri tidak sering digunakan oleh produsen mobil. Ada yang menganggap bahwa mobil yang memiliki badan mirip dengan tipe station wagon tapi hanya memiliki dua pintu penumpang disebut dengan shooting brake. Tapi, ada juga yang berkata bahwa mobil model shooting brake memiiki bentuk atap yang lebih menukik dibandingkan dengan mobil station wagon biasanya.

Mobil Shooting Brake untuk Kalian yang Suka Berpergian

Image source: http://itsourtree.com/

Dalam sejarahnya, mobil shooting brake ini digunakan untuk keperluan berburu. Kendaraan harus bisa membawa senjata dan keperluan berburu lain ketika berpergian sehingga disebut dengan istilah “shooting”. Sedangkan istilah “brake” ini mengacu pada kendaraan pengangkut yang digunakan untuk melatih dan memasukkan kuda muda didalamnya.

Mobil dengan shooting brake memiliki kelebihan ruang yang bisa digunakan untuk membawa hewan peliharaan, anak-anak, dan perkakas-perkakas. Hebatnya lagi, kendaraan ini tidak membutuhkan konsumsi bahan bakar yang besar seperti yang biasanya dialami oleh kendaraan tipe SUV dan 4x4. Hal ini dikarenakan pada dasarnya, mobil ini adalah mobil biasa.

Ferrari FF

Mobil Shooting Brake untuk Kalian yang Suka Berpergian

Image source: https://www.carsguide.com.au/

Salah satu mobil shootng brake yang menarik adalah Ferrari FF. Mobil ini menggunakan all wheel drive dan juga mesin V12 yang kencang. Mengemudi pasti akan lebih nyaman. Selain itu, karena memiliki ruang yang cukup luas, maka mobil ini cocok untuk membawa perlengkapan liburan.

Aston Martin Zagato Shooting Brake

Mobil Shooting Brake untuk Kalian yang Suka Berpergian

Image source: https://www.whichcar.com.au

Jika suka dengan tampilan mobil shooting brake yang seksi dan cepat, maka Aston Martin Zagato Shooting Brake ini adalah jawabannya. Garis atapnya menukik dengan desain kaca dan panel warna hitam yang serasi.

Mobil ini cocok untuk pasangan yang akan berpergian karena memang hanya memiliki dua tempat duduk. Karena hal inilah, ruang bagian belakang mobil menjadi luas dan bisa membawa banyak barang. Mesin yang ditanam pada mobil ini juga tak main-main yaitu memiliki kapasitas 5,6 liter dengan konfigurasi V12 tentu saja bisa menghasilkan tenaga sampai 580 hp.

Volvo 1800ES

Mobil Shooting Brake untuk Kalian yang Suka Berpergian

Image source: https://www.classicargarage.com/

Sebelumnya, Volvo pernah merilis seri 1800nya. Namun, 1800ES ternyata tampak lebih menarik. Volvo 1800ES ini diluncurkan pada tahun 1971 dan dengan model yang berbeda pada bagian belakang mobilnya serta atap yang lebih panjang, Volvo 1800ES ini terasa lebih premium. Tak hanya itu, ruang di belakang mobil juga bisa dimanfaatkan untuk membawa banyak barang sebagaimana mobil tipe shooting break pada umumnya. Mesin yang digunakan pada Volvo 1800ES sama dengan tipe 1800. Sayangnya, mobil ini hanya diproduksi hingga tahun 1973.

Sebenarnya, mobil shooting brake ini cocok untuk kalian yang suka berpergian jauh dan membawa barang cukup banyak. Bagasinya yang luas bisa muat untuk barang-barang seperti tenda, koper, dan perlengkapan berpergian yang lain. Dengan muatan yang bisa banyak ini, mesin yang digunakan adalah mesin mobil biasa sehingga lebih hemat konsumsi bahan bakar. Sayangnya, penumpang mobil ini terbatas, biasanya hanya muat untuk dua orang saja.

Jadi, mau pilih mobil tipe shooting brake sebagai pilihanmu?

Cover image source: http://www.pappito.com/

SAMPAIKAN KOMENTAR