Mobil Sering Nganggur di Rumah? Hati-hati Olinya Bisa Menggumpal!

Mobil Sering Nganggur di Rumah? Hati-hati Olinya Bisa Menggumpal!

04Apr
INTERSPORT.ID ON 04 April 2017
INTERSPORT.ID ON 04 Apr 2017

Mobil atau motor Anda sering nganggur di rumah dan jarang dinyalakan? Awas, pelumasnya bisa rusak dan menggumpal lho. Menurut Technical Specialist Integrated Lubricant Marketing Academy (ILMA) PT Pertamina Lubricants Agung Prabowo, secara teori pelumas tidak memiliki umur tapi jika cara penyimpanannya tidak benar maka akan merusak pelumasnya.

Mobil atau motor yang sering nganggur di rumah pasti akan terpapar oksidasi. Udara yang bereaksi dengan pelumas tersebutlah yang menyebabkan kerusakan oli, jelas Agung. Menurut Agung, kendaraan yang jarang jalan-jalan sebaiknya diganti oli secara rutin setiap 3-6 bulan sekali.

Baca Juga: Kalo Dapet Tanda-tanda Kaya Gini Mending Oli Mesin Mobil Lo Ganti Aja!

Ia juga menyarankan agar kendaraan yang sering nganggur di rumah sedikit lebih lama dipanaskan supaya suhu mesin mencapai suhu yang pas untuk terjadi pembakaran sempurna. “Pembakaran sempurna terjadi saat suhu mesin 73, 80 sampai 90 derajat, dan tidak akan bisa dicapai dalam waktu singkat. Pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna akan masuk ruang bakar dan menambah potensi menjadi gel,” ujar Agung.

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN