Mobil Mulai Gak Nyaman, Kenali 4 Gejala Bushing Rusak
09
Nov
0 Comment Share Likes 15 View

Meskipun letaknya yang tak terlihat, namun bushing mobil tetap memegang peranan yang penting untuk keamanan dan kenyamanan berkendara Pria Intersport. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan bushing mobil mengalami kerusakan, mulai dari beratnya beban kerja yang diterima komponen tersebut, suhu mesin yang teramat panas, guncangan keras ketika loe berkendara di jalan berlubang, dan masih banyak lagi lainnya.

Kerusakan bushing juga bisa Pria Intersport rasakan jika menjumpai ciri-ciri seperti aktivitas mengemudi yang terasa goyah ketika melalui jalan yang tidak rata dengan laju kecepatan mobil yang tinggi. Sebenarnya, hal tersebut terbilang berbahaya, apalagi jika Pria Intersport dalam keadaan tidak siap untuk mengendalikan sistem kemudi mobil.

Untuk menghindari kerusakan yang terjadi secara mendadak dan tentu merugikan diri sendiri, loe perlu mengetahui gejala kerusakan bushing mobil. Berikut 4 gejala mengenali kerusakan bushing mobil dan solusinya:

  1. Suara Bising
    Suara-suara aneh dan juga bising sering kali terjadi ketika mobil tak berada di kondisi yang prima. Hal ini tentu mengganggu kenyamanan dalam berkendara. Begitu juga pada bushing mobil, apabila terdapat suara gesekan dari dalam kabin yang menganggu ketika loe sedang berkendara melalui jalan berlubang, hal tersebut menandakan bahwa bushing mengalami kerusakan. Untuk itu, penting untuk melakukan pemeriksaan terhadap komponen yang satu ini.

 

  1. Kondisi Karet Bushing
    Selain itu, Pria Intersport juga dapat memeriksa kondisi karet bushing untuk mengetahui apakah rusak atau tidak. Dianjurkan untuk memeriksanya saat Pria Intersport mencuci mobil. Lebih baik jika mencucinya menggunakan hidrolik. Apabila karet tersebut telah rusak. inilah saatnya loe harus melakukan penggantian terhadap komponen yang satu ini. Beban kerja bushing yang berat serta seringnya berkendara di jalan yang tidak rata merupakan faktor penyebab karet bushing mengalami kerusakan. Rusaknya karet bushing ini dapat loe rasakan ketika mendengar suara seperti mesin yang saling beradu disertai bunyi decitan yang berasal dari bagian bawah jok depan. Hal tersebut juga akan terjadi jika karet strut-bar telah rusak atau pecah. Wajib bagi loe untuk melakukan penggantian karet bushing sesegera mungkin.
  1. Kemudi Tidak Berarah
    Cara lain untuk mengetahui tanda kerusakan bushing mobil ialah ketika loe mencoba untuk mengemudi mobil di jalan yang tidak rata atau bergelombang. Rasakan apakah arah kemudi berubah dengan sendirinya meskipun lingkar kemudi tidak digerakkan. Jika hal tersebut terjadi, sudah dapat dipastikan bahwa kerusakan telah terjadi pada bushing mobil loe, bro.

 

  1. Mobil Terasa Oleng
    Mobil terasa oleng atau melayang juga merupakan tanda kerusakan pada bushing arm. Hal ini tentu akan membahayakan keselamatan saat di perjalanan. Untuk itu, perawatan yang ekstra perlu diperhatikan terhadap komponen satu ini agar keamanan loe dalam berkendara tetap terjaga.

SAMPAIKAN KOMENTAR