Mobil Manual Sering Mati Pas Tanjakan? Nomer 3 Lo Pasti Setuju!

Mobil Manual Sering Mati Pas Tanjakan? Nomer 3 Lo Pasti Setuju!

26Mar
INTERSPORT.ID ON 26 March 2017
INTERSPORT.ID ON 26 Mar 2017

Buat yang jarang maupun sudah sering mengemudikan mobil dengan transmisi manual, menghadapi tanjakan adalah salah satu hal yang cukup menegangkan, apalagi jika berada di tengah kemacetan. Salah teknik, mobil bisa berjalan mundur dan menabrak kendaraan yang ada di belakang. Untuk itu, perhatikan beberapa tips sebagai berikut supaya Anda tetap bisa menyetir dengan baik saat di tanjakan.

  1. Hitung kemiringan dari jalanan yang ada. Jika tidak terlalu curam, Anda bisa menggunakan gigi dua atau tiga. Tapi jika sudah cukup curam, sebaiknya gunakan gigi satu.
  2. Apabila Anda terkena macet di tanjakan, maka rem mobil dengan rem tangan dan rem kaki untuk memastikan mobil benar-benar berhenti.
  3. Apabila jalanan mulai melonggar dan Anda harus kembali melaju, maka injak kopling dan posisikan gigi pada gigi satu terlebih dahulu, lalu tekan pedal gas sambil melepas kopling seara perlahan baru lepaskan rem tangan.

Langkah ini terbukti efektif dan membuat Anda tidak perlu pusing lagi ketika harus menghadapi tanjakan. Rem tangan bukan hanya sekadar aksesori. Fungsinya tidak hanya untuk parkir saja tapi untuk membantu Anda saat terkena macet di situasi jalan tanjakan.

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN