Mobil Dinas Favorit Presiden Soekarno
12
Jul
2019
0 Comment Share Likes 297 View

Pada masa kepemimpinannya sebagai orang nomor satu di Indonesia, Presiden Soekarno dikenal dengan berbagai macam aktivitas kenegaraan yang luar biasa padat. Segala aktivitas tersebut menuntut beliau untuk memiliki mobilitas yang tinggi. Dan untuk mendukung hal tersebut, Presiden Soekarno memiliki beberapa kendaraan roda empat favorit untuk menunjang tugas-tugas kenegaraannya.

Dari sekian banyak mobil yang pernah menjadi mobil dinas kenegaraan untuk Presiden Soekarno, terdapat beberapa unit mobil yang paling sering digunakan dan merupakan kendaraan favorit Presiden pertama Republik Indonesia tersebut yang saat ini bisa dibilang sebagai koleksi mobil antik yang memiliki nilai sejarah tinggi. Berikut ulasannya.

  1. Chrysler Windsor Limo

Chrysler Windor Limo adalah mobil limusin yang diproduksi oleh salah satu produsen mobil asal Amerika Serikat, yakni Chrysler. Mobil ini pernah diproduksi sebanyak dua kali, yaitu pada tahun 1939 hingga 1961, kemudian kembali diproduksi pada tahun 1961 hingga 1966. Pada masa pemerintahannya, Presiden Soekarno kerap terlihat menggunakan mobil yang diproduksi di negeri Paman Sam ini saat melaksanakan sejumlah tugas negara.

Sebelum digunakan sebagai mobil dinas Presiden Soekarno, ternyata mobil ini juga turut digunakan sebagai mobil dinas oleh Panglima Besar Jenderal Soedirman dalam menjalankan tugas-tugas negaranya. Mobil empat pintu ini dibekali dengan mesin enam silinder berkapasitas 3,4 liter yang konon sanggup menghasilkan tenaga hingga 110 PS pada 3.600 rpm dan torsi 255 Nm pada 1.200 rpm. Untuk ukuran mobil limusin, tentu saja mobil ini memiliki performa yang terbilang bertenaga.

 

  1. ZIL 111 Limo

ZiL 111 adalah sebuah mobil jenis limusin yang diproduksi oleh salah satu produsen mobil asal Soviet bernama ZiL yang diproduksi tahun 1958 sampai 1967. Mobil limusin yang digunakan untuk keperluan dinas oleh Presiden Soekarno ini sendiri adalah mobil keluaran tahun 1961. Mobil ini juga masuk ke dalam jajaran kendaraan yang bersejarah. Mobil ini dirilis sebagai penerus dari model mobil ZIS 110 dan merupakan pendahulu dari model mobil ZIL 114. ZiL juga merilis mobil ini dengan versi yang dilengkapi dengan air conditioning system, yaitu ZiL 111A, serta versi convertible, yaitu ZiL 111 V.

Saat ini, kondisi mobil tersebut tak lagi sebagus dahulu. Padahal, pada masa jayanya, mobil ZiL 111 Limo ini diketahui bisa berlari dengan kecepatan maksimal 170 km/jam. Mobil ini dibekali dengan mesin delapan silinder berkapasitas 6,0 liter. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga keluaran hingga 200 tenaga kuda. Mesin ini juga dilengkapi dengan transmisi otomatis 2 percepatan dengan torque converter.

 

  1. Buick 8

Buick 8 adalah mobil yang diproduksi oleh produsen General Motors pada tahun 1939 hingga tahun 1958. Mobil ini didesain oleh Harley Earl, dan merupakan penerus dari Buick Master Six, serta pendahulu dari Buick Riviera. Mobil ini sendiri dikenal memiliki sebuah kisah yang bisa dibukang cukup heroik. Sebelum Buick 8 ini digunakan oleh Presiden Soekarno sebagai kendaraan dinasnya, mobil ini ternyata adalah hasil rampasan dari para penjajah Jepang. Sepanjang masa produksinya, mobil ini hanya diproduksi sebanyak 1.415 unit di seluruh dunia.

Mobil Buick 8 menggendong mesin Nailhead delapan silinder yang memiliki kapasitas 5,3 liter. Mesin ini juga dilengkapi dengan transmisi sliding shift manual dynaflow automatic tiga percepatan. Konfigurasi mesinnya sendiri mampu menghasilkan tenaga hingga 141 tenaga kuda pada 3.600 rpm. Saat menjadi mobil dinas Presiden Soekarno pada masa pemerintahannya dahulu, mobil ini dipasangi plat nomor bertuliskan Rep-1. Kini, mobil tersebut tersimpan aman dan masih bisa kita lihat di Museum Gedung Joang 45, Jakarta.

 

  1. Chrysler Imperial

Chrysler Imperial adalah salah satu mobil produkan Chrysler yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1926. Mobil yang pernah digunakan sebagai mobil dinas oleh Presiden Soekarno ini pada masanya beroperasi dengan plat nomor B9150. Mobil ini sempat terkenal dan dianggap mistis pasca peristiwa Cikini dimana kendaraan ini mengalami kerusakan pada spatbor kiri dan pecah kaca belakang.

Kendaraan ini dianggap berbau mistis, karena ketika digunakan menjemput anak-anak dari Presiden Soekarno di Perguruan Cikini, kendaraan ini berhasil selamat dari sebuah serangan yang menggunakan granat. Mobil ini secara ajaib berhasil selamat dari ledakan granat yang dilemparkan oleh pihak yang tidak dikenal.

Kendaraan roda empat berjenis limusin ini dibekali dengan mesin berkapasitas 5,2 liter yang bisa menghasilkan tenaga hingga 130 tenaga kuda. Mesin ini juga dilengkapi dengan transmisi manual tiga percepatan.

 

  1. Cadillac 1948

Mobil yang pernah digunakan oleh Presiden Soekarno sebagai mobil dinas pada masa pemerintahannya adalah mobil cadillac keluaran tahun 1948 yang memiliki nama model Cadillac Series 62. Mobil ini diproduksi sejak tahun 1940 hingga tahun 1964. Mobil ini awalnya didesain dan diproduksi untuk menggantikan mobil Cadillac Series 65. Mobil sedan empat pintu ini menjadi salah satu kendaraan favorit Presiden Soekarno saat melaksanakan tugas negaranya.

Mobil ini dibekali dengan besin delapan silinder segaris dengan kapasitas 5,7 liter dan tersedia dalam dua pilihan transmisi, yaitu transmisi manual tiga percepatan dan triptonic empat percepatan. Konfigurasi mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga hingga 150 tenaga kuda. Tenaga sebesar ini terhitung langka pada masa tersebut, menjadikan mobil ini sebagai salah satu mobil tangguh.

 

  1. DeSoto

De Soto adalah salah satu divisi produsen mobil yang tergabung dalam perusahaan Chrysler. Mobil-mobil keluaran DeSoto diproduksi dan dipasarkan sejak tahun 1929 hingga tahun 1942. Mobil ini ternyata merupakan mobil yang dihibahkan kepada negara oleh seorang pengusaha bernama Djohan Djohor. Mobil hibah yang kemudian digunakan sebagai mobil dinas Presiden Soekarno ini merupakan model mobil tahun 1942 ini kabarnya tidak hanya digunakan oleh Presiden Soekarno, tetapi juga oleh wakilnya, Mohammad Hatta.

Mobil ini menggendong mesin L-head enam silinder yang bisa menghasilkan tenaga hingga 115 bhp. Mobil ini juga hadir dengan pilihan transmisi simplimatic semi otomatis empat percepatan.

Mobil dinas Presiden Soekarno yang digunakannya pada masa pemerintahannya ini memang memiliki nilai sejarahnya masing-masing. Selain bersejarah, mobil-mobil ini juga masih terasa keren hingga sekarang berkat tren mobil klasik yang kembali ramai. Ada yang mau juga?

SAMPAIKAN KOMENTAR