Mobil Buang Kiri Atau Kanan, Mungkin Ini Penyebabnya
14
Mar
0 Comment Share Likes 94 View

Kenyamanan saat mengendarai sebuah mobil adalah sebuah hal yang sangat mutlak. Kenyamanan pada sebuah mobil tidak hanya terletak pada banyaknya fitur entertainment yang ada didalam mobil atau sejuknya suhu kabin mobil. Tapi mengendarai sebuah mobil tanpa sebuah masalah adalah suatu kenyamanan juga.

Umumnya masalah yang kerap dialami oleh sebuah mobil cukup banyak seperti tenaga mesin yang ngempos, muncul suara yang aneh, hingga stir yang membuang kekiri atau ke kanan saat sedang berkendara.

Nah untuk mobil yang sering membuang kekiri atau kekanan ketika sedang berjalan dan stir dilepas, itu adalah problem yang sering menimpa sebuah mobil. Tak hanya mobil tua saja sebenarnya, mobil tahun muda pun bisa mengalami permasalahan tersebut.

Permasalahan tersebut tentunya ini sangat tidak mengenakkan. Terlebih mengingat bahaya yang timbul akibat dari hal ini seperti misalnya mobil langsung keluar jalur dan bahkan tak menutup kemungkinan dapat terjadi kecelakaan.

Ada beberapa faktor yang membuat kenapa stir mobil belok sendiri ketika dilepas yang diantaranya adalah sebagai berikut ini :

Rem depan mobil macet

Salah satu penyebab kenapa mobil menjadi belok sendiri ketika setir dilepas yang pertama adalah karena adanya salah satu rem bagian depan mobil mengalami kemacetan. Karena adanya salah satu rem yang macet ini mengakibatkan putaran antara kedua roda menjadi berbeda. Biasanya mobil akan membelok atau narik ke arah yang rem nya mengalami masalah, misal jika rem sebelah depan bagian kanan macet, maka mobil akan narik ke kanan begitu pun sebaliknya.

Untuk mengetahui apakah rem mobil anda mengalami masalah atau tidak adalah dengan bisa mendongkrak roda bagian depan mobil. Setelah bagian depan mobil dan ban sudah terangkat, kalian bisa kemudian memutar ban dengan tangan. Jika dirasa berat  saat memutar ban atau bahkan ban tidak terputar sama sekali, maka dapat dipastikan rem depan pada mobil anda mengalami masalah. Ketika masalah tersebut sudah menjangkit rem mobil kalian, sebaiknya segera lakukan perbaikan agar tidak muncul permasalahan lain.

Adanya ban yang benjol

Ternyata ban yang dalam kondisi tidak bulat sempurna alias ada benjolannya juga bisa menyebabkan mobil narik ke salah satu sisi. Hal ini dikarenakan pada bagian yang benjol tadi bila menyentuh aspal, maka seolah olah mendorong atau menghentak sehingga bodi mobil terasa seperti didorong dorong kesamping. Tapi umumnya jika ban mobil kita benjol, selain mobil buang kanan atau kiri, getaran pun akan timbul dan dapat dirasakan hingga dalam kabin kita.

Untuk melakukan pengecekan caranya adalah dengan mendongkrak bagian depan mobil sampai ban terangkat, kemudian memutar ban tersebut serta perhatikan apakah ada yang benjol ataukah tidak dan segera lakukan penggantian ban dengan yang bagus atau tidak benjol.

Sudut geometri mobil berubah atau spooring

Ketika kendaraan dikendarai dalam waktu tertentu, ada beberapa bagian baut penyetel sudut sudut kemiringan roda bergeser akibat getaran yang diterima dalam jangka waktu tertentu. Bergesernya sudut sudut geometri roda inilah yang membuat mobil menjadi belok sendiri atau narik. Untuk mengatasi hal ini mobil dianjurkan untuk dilakukan spooring baik di bengkel resmi maupun di bengkel spesialis spooring.

Untuk alasan lain seperti tekanan angin yang tidak sama antara ban bagian kiri dengan ban bagian kanan kemungkinan pengaruhnya sangatlah kecil namun kalian juga tetap harus memberikan perhatian khusus terhadap tekanan ban mobil anda.

 

SAMPAIKAN KOMENTAR