Mobil Anti Peluru, Pakai Apa Sih Materialnya?

Mobil Anti Peluru, Pakai Apa Sih Materialnya?

11Oct
INTERSPORT.ID ON 11 October 2018
INTERSPORT.ID ON 11 Oct 2018

Di artikel sebelumnya, sempat dibahas mengenai mobil presiden yang memiliki spesifikasi khusus, salah satunya anti peluru. Tapi, Pria Intersport tahu gak sih sebenarnya material apa yang dipakai pabrikan mobil untuk membuat bodi anti peluru? Nah, jika belum paham, silakan lanjut dibaca, bro.

Material anti peluru adalah material yang dikembangkan dengan memiliki karakteristik khusus, yakni untuk menjaga agar peluru sulit atau bahkan tidak menembus material tersebut. Umumnya, material anti peluru terdiri dari lapisan-lapisan beberapa material. Ada 3 material yang biasa digunakan sebagai bahan anti peluru, berikut daftarnya:


1.Logam
Pada jaman dahulu, ketika jaman peperangan, manusia sudah mengandalkan logam sebagai bahan pelindung tubuh. Logam menjadi andalan karena karakteristiknya yang kuat dan keras.

Jenis logam yang paling sering dipakai adalah baja campuran. Baja campuran banyak dibuat sebagai bahan pelindung karena sifatnya yang mudah dibentuk dan kekuatannya yang cukup besar. Salah satu kelemahan dari baja ini adalah berat.


2. Aramid (Kevlar)
Kevlar digunakan sebagai bahan anti peluru karena sifatnya yang padat dan mampu menangkap peluru. Cara kerjanya adalah menghambat putaran peluru yang berputar saat mengenainya. Berat jenisnya yang ringan juga sangat disukai oleh pengguna, karena tidak memberatkan saat dikenakan.

Kelemahan dari material ini adalah ketahanannya terhadap air dan kelembabannya harus dijaga saat penyimpanan. Kevlar akan bermasalah saat kontak dengan air. Jika aramid terkena air, kemampuan untuk menahan tembakan peluru akan berkurang.


3. Ceramic
Teknologi yang berkembang saat ini membuat banyak pihak memilih material keramik sebagai bahan anti peluru. Pasalnya, keramik memiliki berat yang ringan namun memiliki kekuatan yang melebihi kekuatan logam.

Jika pada ketebalan tertentu logam masih mengalami deformasi saat dikenai peluru, keramik justru akan menghancurkan peluru. Kekerasannya yang cukup tinggi membuat peluru tidak mampu untuk menembusnya. Jika peluru mampu menembus, maka biasanya keramik tersebut akan pecah.

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN