Merespons Perpres Kendaraan Listrik, Tesla 3 Meluncur di Indonesia
13
Sep
2019
0 Comment Share Likes 257 View

Pasca terbitnya Perpres No. 55 tahun 2019 tentang program percepatan kendaraan listrik, banyak produsen yang meresponnya. Termasuk importir umum Prestige Motorcars. Importir umum kenamaan ini beberapa waktu kemarin resmi memperkenalkan Tesla model 3 yang notabene mobil sedan kompak premium bertenaga listrik.

Menurut Rudi Salim, dihimpun dari berbagai sumber, CEO Prestge Motorcars ini mengatakan bahwa pemilik mobil listrik sekarang mendapat banyak sekali kemudahan dari pemerintah sebagai bentuk implementasi Perpres tersebut. Pemilik mobil listrik tidak perlu cemas soal sistem ganjil genap karena bisa bebas melintas kapanpun. Selain itu, biaya untuk pengisian daya juga jauh lebih hemat ketimbang mobil konvensional.

“Sesuai Perpres No. 55 Tahun 2019 mengenai percepatan mobil listrik, hal tersebut mendorong kami memperkenalkan Tesla Model 3. Ini merupakan era baru, era kendaraan listrik. Pemerintah turut serta mendukung kendaraan berbasis listrik dengan berbagai insentif yang ada,” ujar Rudi.

Sudah Mengantongi Minat dari Berbagai Pihak

Peluncuran tersebut bahkan sudah mengantongi minat dari perusahaan taksi ternama di Indonesia, Blue Bird. Pihak perusahaan taksi ini ditengarai sangat meminati Tesla 3 untuk menambah armada e-Taxi mereka setelah sebelumnya punya Tesla X. Tesla 3 sebagai sedan kompak premium bertenaga listrik bisa menggoda kalangan atas dan korporasi.



“Pertama ada Blue Bird, ini masih tahap negosiasi dan mereka minggu ini kasih keputusan. Ada Ahmad Sahroni (anggota DPR RI) minat pesan satu, juga ada Pak Hotman Paris mau pesan juga katanya,” ungkap Rudi di kesempatan yang sama.

Spesifikasi Tesla 3 di Indonesia

Tesla 3 yang masuk ke Indonesia tentu sudah menggunakan setir kanan. Soal pemesanan, Rudi menjelaskan bahwa proses harus inden kiranya selama 45 hari.

Tesla 3 yang mengaspal di Tanah Air disodorkan dalam tiga varian yaitu Standard Range Plus, Long Range, dan Performance. Rudi membocorkan bila harga termurah dari Tesla 3 yaitu di atas Rp1 miliar. Beda spesifikasi, maka harganya pun akan semakin mahal.

Varian Standard Range Plus berpenggerak roda belakang. Mobil ini memiliki akselerasi 0-100 km per jam dalam 5,3 detik, dengan top speed 225 km per jam. Kemudian Long Range dibekali penggerak semua roda (AWD), memiliki kemampuan akselerasi 0-100 km per jam dalam 4,4 detik dan top speed mentok di 233 km per jam. Terakhir, ada varian Performance, berpenggerak semua roda (AWD) dengan akselerasi 0-100 km per jam dalam 3,2 detik dan bisa digeber sampai kecepatan tertinggi 261 km per jam.



Tiap-tiap varian disuguhkan dalam lima opsi wama, yaitu Pearl White Multi Coat, Solid Black, Midnight Silver Metallic, Deep Blue Metallic, dan Red Multi Coat. Tersedia juga jenis pelek yang berbeda yaitu ring 18 inci Aero Wheels.

Menyinggung soal garansi, Prestige Motorcars menjamin baterai selama 8 tahun.

“Kami memberikan layanan dua tahun garansi, jaminan suku cadang, dan servis. Selain itu, terdapat layanan towing yang berlaku 24 jam sehari dan 7 hari seminggu khusus wilayah Jakarta guna menjamin rasa aman kepada konsumen,” ucap Rudi.

Spesifikasi Tesla Model 3 2019

Baterai

400 kWh

Supercharging rate

290 km / 30 menit

Home charging rate

40 km / 1 jam

Transmisi

Rear Wheel Drive atau Dual Motor All Drive

Panjang

4.694 mm

Lebar

1.885 mm

Tinggi

1.435 mm

Jarak Sumbu Roda

2.870 mm

Jarak Pijak Depan/Belakang

1.579 mm

Ground Clearance

140 mm

Berat Kosong

1.847 kg

Suspensi Depan

Double wishbone, virtual steer axis with coil over twin-tube shock absorbers and stabilizer bar

Suspensi Belakang

Independent multi-link with twin-tube shock absorbers and stabilizer bar

 


Fokus Mobil Listrik, Memanfaatkan Animo Prepres

Prestige tentu punya alasan spesifik yang kuat sehingga yakin membawa Tesla 3 ke Indonesia. Kembali lagi, ini berhubungan erat dengan Perpres kendaraan listrik. Prestige ingin memanfaatkan animo masyarakat yang tinggi terhadap terbitnya Prespres kendaraan listrik.



“Sekarang kami fokus di mobil listrik. Alasan kami membawa Model 3 karena animo lagi tinggi. Animo bukan berarti paling banyak beli, tapi banyak yang menanyakannya. Jadi, dari situ kita sudah senang sebagai penjual,” tutur Rudi.

Harga Tesla Model 3 di Indonesia

Sebelumnya memang sudah ada Tesla X yang dipakai Blue Bird, harganya disebut berkisar Rp2,6 miliar. Sementara itu, harga Tesla 3 sudah di atas Rp1 miliar. Harga sedan kompak premium bisa semakin mahal tergantung kustomisasi sesuai selera pemesan.



“Harganya di atas Rp1 miliar, saya enggak bisa menyebut angka pastinya. Beda pelek beda juga harganya,” jelas Rudi.

Gimana Mas Bro? Minat? Kalau mau merasakan mobil Tesla itu bagaimana, bisa ke bandara Seokarno-Hatta dan menumpang Tesla X milik Silver Bird. Harganya sama kok kayak armada konvensional Silver Bird lainnya.

SAMPAIKAN KOMENTAR