Menilik “Surga” Hot Wheels Milik Sang Raja Hot Wheels, Bruce Pascal
09
Jun
0 Comment Share Likes 479 View

Siapa, sih, yang tidak kenal Hot Wheels? Bahkan orang yang bukan penggemar diecast pun pasti tahu merek diecast alias mainan miniatur mobil yang satu ini. Merek diecast yang seri pertamanya diluncurkan pad tahun 1968 ini memang diklaim sebagai salah satu merek diecast yang paling terkenal saat ini. Banyak orang yang hobi mengoleksi Hot Wheels, bahkan sampai memburu model-model langkanya yang dihargai hingga jutaan rupiah. Tapi diantara para pengoleksi Hot Wheels di seluruh dunia, ada yang dinobatkan sebagai raja Hot Wheels, lho. Mau tahu siapa? Berikut ulasannya.

 

BRUCE PASCAL, SI RAJA HOT WHEELS

Tidak aneh jika anak-anak memiliki ruangan bermain mereka sendiri. Tapi tentu jarang kita temui ada seorang lelaki dewasa yang memiliki ruangan khusus yang ia pakai untuk menyimpan mainan-mainannya tersebut. Hal ini bukanlah hal yang tidak lazim bagi Bruce Pascal, salah satu pengoleksi Hot Wheels asal Washington DC, Amerika Serikat. Pasalnya, ia memiliki lebih dari tiga ribu lima ratus model mobil Hot Wheels. Untuk itu, ia menyediakan sebuah ruangan khusus di rumahnya dimana ia menyimpan koleksi Hot Wheels-nya tersebut. Koleksi Hot Wheels-nya diklaim bernilai lebih dari satu juta dollar Amerika.

Perjalanan Bruce Pascal dalam mengoleksi mobil-mobil Hot Wheels ini memang cukup panjang. Ia bahkan pernah bertemu secara langsung dengan pendiri perusahaan Mattel, yaitu Elliott Handler, dan istrinya, Ruth Handler. Ia juga pernah menemui beberapa pembuat mainan mobil Hot Wheels. Bersama dengan koleksinya ini, Bruce Pascal sering menghadiri pameran-pameran diecast di berbagai daerah. Koleksi Hot Wheels yang mengagumkannya ini juga sukses menuntunnya dinobatkan sebagai Raja Hot Wheels. Ia dan koleksinya kemudian dimuat di media-media terkenal, seperti New York Times, LA Times, dan ia juga pernah muncul di acara Pawn Stars dan Extreme Collectors. Meskipun demikian, ia sepertinya tidak pernah puas untuk berburu Hot Wheels yang bisa ia tambahkan ke dalam daftar koleksinya.

Dengan koleksi sebanyak ini, Bruce Pascal pernah menyampaikan bahwa ia sangat ingin membuka sebuah museum Hot Wheels. Selain karena sangat mencintai model-model mobil Hot Wheels-nya dan ingin membaginya kepada dunia, ia juga berpendapat bahwa hanya dirinyalah yang memiliki produk original yang masih ada, bahkan jika dibandingkan dengan produsen Hot Wheels itu sendiri, yaitu Mattel.

 

RUANG KERJA HOT WHEELS SATU-SATUNYA DI DUNIA

Kecintaannya pada Hot Wheels membuat Bruce Pascal mendedikasikan hidupnya untuk mengoleksi Hot Wheels. Koleksinya tersebut disimpannya dengan rapi di sebuah “ruang kerja” yang ia bangun di rumahnya. Di ruang kerja bernuansa Hot Wheels tersebut, Bruce Pascal tidak hanya menyimpan koleksi mobil Hot Wheels-nya, tetapi juga track-track Hot Wheels yang juga sudah dikoleksinya sejak lama.

Ruangan yang luar biasa ini diakui Bruce Pascal berhasil dibangun dengan bantuan interior designer kenamaan, Wingate Hughes. Ia mempercayakan desain ruangan ini seratus persen kepada Wingat Hughes dan hasilnya memang luar biasa.

Ketika kita masuk ke dalam ruang kerja Bruce Pascal, mata kita akan langsung dibuat terkagum-kagum. Pasalnya, di ruangan seluas 20,9 meter persegi itu, kemanapun kita memandang, yang kita lihat adalah Hot Wheels. Bruce Pascal membuat sebuah etalase kaca dimana dia menyimpan seluruh koleksi Hot Wheels-nya, mulai dari yang biasa saja, hingga yang paling langka dan bernilai tinggi. Tidak hanya itu, meja kerjanya juga terbuat dari kaca, dan di dalamnya disimpan juga beberapa koleksi Hot Wheels yang bisa terlihat dari bagian luar meja tersebut. Dinding-dinding ruangan ini juga dihiasi dengan mural-mural berupa karikatur mobil Hot Wheels. Penggemar Hot Wheels manapun pasti akan betah berlama-lama berada di ruangan ini.

 

HOLY GRAIL-NYA BRUCE PASCAL

Sejak pertama kali dibuat di tahun 1968, sudah ada sekitar empat miliar unit mobil Hot Wheels yang diproduksi oleh Mattel, dan lebih dari tiga ribu lima ratus unit diantaranya adalah milik Bruce Pascal. Seperti yang kita ketahui, jumlah koleksi Hot Wheels milik Bruce Pascal memang mencengangkan. Di antara koleksinya tersebut, sekitar seratus tujuh puluh lima model Hot Wheels adalah model prototipe langka yang bahkan tidak pernah dirilis secara resmi oleh Mattel sendiri. Ia juga memiliki salah satu model Hot Wheels paling langka di dunia, yaitu Hot Wheels dengan model Volkswagen Beach Bomb Rear Loader berwarna pink cerah. Hanya ada dua Hot Wheels dengan model ini di seluruh dunia dan salah satunya berhasil dibeli oleh Bruce Pascal di sebuah pelelangan dengan harga 72.000 dollar Amerika. Bruce Pascal mengatakan bahwa saat ini, model Hot Wheels itu saja harganya bisa mencapai sekitar 150.000 dollar Amerika.

Bruce Pascal juga diketahui sebagai salah satu kolektor Hot Wheels yang masih memiliki enam belas model mobil Hot Wheels pertama yang dirilis pada kemunculan perdana Hot Wheels. Enam belas model mobil ini dijuluki sebagai The Original Sixteen atau Sweet Sixteen. Model Sweet Sixteen ini diambil dari model mobil Camaro, Barracuda, Corvette, Mustang, dan Deora. Model-model mobil ini juga memiliki warna yang cukup beragam. Mulai dari warna hijau untuk Ford J-Car, biru langit untuk T-Bird, cokelat untuk Hot Heap, hingga warna merah muda untuk Mustang.

Model-model Hot Wheels langka seperti Sweet Sixteen dan VW Beach Bomb Rear Loader yang menghiasi koleksi Hot Wheels milik Bruce Pascal ini merupakan koleksi favoritnya. Bruce Pascal menyebut koleksinya ini dengan sebutan Holy Grail, karena dianggap sebagai harta karun, tidak hanya bagi dirinya, tetapi juga bagi para kolektor Hot Wheels manapun di dunia ini.

 

Memang luar biasa koleksi Hot Wheels milik Bruce Pascal ini. Selain modelnya yang keren-keren, jumlahnya juga tidak masuk akal! Mas Bro yang hobi mengoleksi diecast juga pasti ngiler, kan, melihat koleksi-koleksi Hot Wheels milik Bruce Pascal ini? 

 

SAMPAIKAN KOMENTAR