Mengganti Rem Dengan BBK. Adakah Dampak Ke Fitur Lain?

Mengganti Rem Dengan BBK. Adakah Dampak Ke Fitur Lain?

10Oct
INTERSPORT.ID ON 10 October 2018
INTERSPORT.ID ON 10 Oct 2018

Modifikasi pada sebuah mobil biasanya dilakukan oleh sang pemilik untuk merepresentasikan dirinya. Jika sang pemilik sangat mencintai kecepatan, maka modifikasi yang dilakukan meliputi sektor mesin, kaki kaki, velg bahkan hingga sistem pengereman.

Bicara soal modifikasi sistem pengereman, beberapa waktu lalu kita telah membahas modifikasi sistem pengereman dengan menggunakan Big Brake Kit. Umumnya para modifikator kini mengganti BBK dengan ukuran yang lebih besar dari versi standarnya.

Biasanya ukuran pelek yang digunakan jadi patokan awal untuk menentukan ukuran yang sesuai. Pasalnya BBK tersebut ditawarkan dengan banyak pilihan ukuran kaliper dan diameter cakram. Kepala babi (kaliper, red) dengan ukuran mini, biasanya dipakai untuk pengereman belakang.

Sedangkan small dan medium, bisa untuk depan serta belakang. Kalau yang big, sudah bisa dipastikan untuk pengereman depan. Diameter cakram paling kecil (286 mm) biasanya dipergunakan untuk kendaraan dengan pelek 15 inci.

Nah kalau pakai pelek yang dipakai 16 inci dengan cakram 304 mm, 17 inci (330 mm), 18 inci (345 atau 356 mm), 19 inci (380 mm) dan 20 inci (405 mm). Dalam satu paket BBK biasanya terdiri dari cakram, kaliper beserta kampas remnya, slang rem, braket dan mur-baut.

Tapi apakah mengganti piringan cakram standar dengan BBK dapat berpengaruh dengan fitur yang terdapat pada sistem pengereman seperti ABS? Jawabannya adalah pasti ada pengaruh.

Anjar Rosjadi selaku Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan jika pasti ada pengaruh pada fitur sistem pengereman seperti ABS ketika kita mengganti piringan dan kaliper rem dengan Big Brake Kit.

Pada dasarnya ABS itu memang inputnya berdasarkan kecepatan masing2 roda, namun istruksi pengereman itu dieksekusi melalui aktuator dengan kontrol tekanan pada silinder caliper. Kalau diganti dengan spek yang berbeda, otomotis kerja dari ABS nya akan tidak sesuai. Karena untuk daya pengereman yang dihitung oleh ecu ABS didasari dari daya pengeremen sistem rem yang standar.

Artinya tekanan yang diberikan di aktuator untuk menghasilkan data pengeremen yang sesuai spek standar, kalau standar remnya di upgrade, otomatis daya pengereman yang dihasilkan juga berbeda.

 

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN