Mengenali Macam-Macam Kejuaraan Balap Mobil (Part 2)
13
May
0 Comment Share Likes 126 View

Setelah di artikel sebelumnya sudah banyak dibahas soal macam-macam kejuaraan balap mobil di dunia, yuk kita lanjut lagi nih. Sebelumnya sudah dibahas 5 ajang balap yang populer di dunia, yaitu Formula, Touring, Grand Touring (GT), Stock Car Racing, dan Reli (Rally).

Kali ini akan dibahas lebih lanjut kejuaraan balap mobil apa saja yang ada. Kita akan mulai dari Drag, hingga yang paling ekstrem, Off-road Racing. Jadi, nggak usah berlama-lama, ini dia macam-macam kejuaraan balapa mobil yang mas bro semua harus tahu.

Drag

Balap Drag bisa dibilang sebagai jenis balapan mobil tertua. Sejarahnya mungkin hampir sepanjang terciptanya sebuah mobil. Balapan ini sangat sederhana yaitu pada umumnya dua mobil akan beradu kecepatan pada trek lurus hingga garis finsih.

Panjang trek untuk balapan drag juga bermacam-macam. Biasanya sekitar seperempat mil atau 402 m. Selain itu ada juga yang menggunakan lintasan lebih pendek yaitu 305 m dan 201 m.

Salah satu kejuaraan balapan drag yang paling populer adalah National Hot Rod Association (NHRA) yang diselenggarakan di Amerika Serikat dan Kanada. Salah satu seri dari NHRA ini yaitu top fuel yang dihuni mobil-mobil drag monster super garang. Mobilnya tentu saja full spesifikasi drag yang mampu menghasilkan tenaga mengerikan hingga 1.000 Hp! Kecepatannya pun bisa menembus hingga 530 km/jam.

Rallycross

Mungkin yang satu ini mirip-mirip dengan yang sempat dibahas di artikel sebelumnya yakni balapan rally (reli). Lalu apa yang membedakannya? Nah, Rallycross dilakukan secara berjamaah alias balap rally beberapa mobil menuju garis finish..

Kalau Rally, kan dilakukan dengan satu mobil satu persatu melaju melawan waktu. Nah, rallycross ini bersama-sama dan tujuannya siapa yang duluan sampai finish. Sudah tidak aneh pada awal start rallycross seringkali diwarnai tabrakan antar mobil.

Perbedaan mencolok lainnya lagi adalah pada pengemudinya. Kalau rally terdiri dari sang pembalap di belakang kemudi dan seorang navigator yang duduk disebelahnya untuk membacakan pacenote sebagai penunjuk jalan atau trek balap. Sedangkan Rallycross cuma sendiri saja, yaitu sang driver.

Dua kejuaraan populer rallycross adalah World Rallycross Championship (WRX) dan European Rallycross Championship (ERX).

One Make Racing

Dalam kejuaraan balap mobil, faktor modifikasi merupakan hal yang penting. Modifikasi mobil semisal mesin, aerodinamika, suspensi dan lain-lainnya dilakukan guna menghasilkan performa mobil yang sangat prima. Maka tak jarang modifikasi menjadi salah satu faktor utama kemenangan pada balap mobil. Jadi, pada umumnya selain skill sang driver, mobil juga butuh bujet besar untuk proses modifikasi.

Kurang fair? Tenang, ada kejuaraan balap mobil yang mendukung skill driver secara murni kok.

One make racing adalah balapan dengan menggunakan satu jenis mobil saja. Mulai dari sasis, mesin, hingga penggunaan bannya pun semua sama. Jadi, bisa dilihat skill pembalapnya secara murni. Kebisaan dan keahlian pembalap benar-benar nampak dan teruji.

Meskipun begitu, modifikasi tetap dilakukan namun hanya sekadar car setup saja. Setting pada camber, tekanan udara ban, sayap, atau stiff-hard suspensinya.

Contoh kejuaraan balap mobil one make racing yang terkenal di antaranya adalah Porsche Supercup, Aston Martin Asia Cup, Suzuki Swift Sport Cup, atau Toyota Finance 86 Championship.

Off-Road Racing

Kejuaraan balap mobil yang satu ini kembali mirip dengan reli (Rally) lantaran dilakukan di trek off-road. Hanya saja, meskipun punya persamaan karena lintasan balapnya dilakukan di trek non sirkuit yang ekstrim, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan.

Ajang balapan ini secara garis besar terdiri dari dua jenis yaitu balap gurun dan balap offroad lintas pendek. Balap gurun sesuai namanya diadakan di area yang didominasi gurun alias padang pasir. Offroad lintas pendek diadakan pada sirkuit offroad tertutup dengan jarak lintasan kisaran puluhan kilometer.

Kejuaraan rally offroad yang paling terkenal tentu saja Rally Dakar. Arena balap Rally Dakar yang digunakan dikenal jauh lebih ekstrim dibanding rally biasa. Mobil untuk balapan rally adalah mobil yang digunakan untuk jalanan tetapi dimodifikasi untuk lintasan terjal. Sedangkan pada Dakar, mobil yang digunakan adalah mobil khusus untuk offroad.

Para peserta Rally Dakar akan melewati berbagai jenis lintasan ekstrim seperti padang pasir, bebatuan, lumpur, air, pegunungan, padang rumput, dan lainnya. Setiap etape memiliki jarak tempuh mencapai 800-900 km per harinya.

Menariknya lagi, kejuaraan balap Rally Dakar adalah ajang balapan paling populer ke dua di bawah Formula 1. Meskipun Rally Dakar biasanya hanya dilaksanakan 10 hari atau lebih, tapi ajang balapan ini sangat dinanti-nanti oleh jutaan mata penonton dan media di seluruh dunia.

 

Kira-kira itu tadi beberapa jenis kejuaraan balap mobil yang ada di dunia. Setiap jenis balap mobil punya keunikan dan daya tariknya masing-masing. Tapi, sayangnya memang seringkali liputan serta akses tayangan mengenai beberapa jenis balap masih kurang dibanding jenis balap yang populer. Tapi ini wajar, mengingat tidak semua ajang balapan cukup menarik dilihat lewat TV.

Jadi, jenis balap mobil yang mana yang jadi favorit kalian? Apa di antara Pria Intersport di sini memang sebagai pembalapnya? Asal jangan balapan ilegal saja, ya.

SAMPAIKAN KOMENTAR