Mengenal Spoiler Lebih Dalam dan Tipe-tipenya
03
Jan
0 Comment Share Likes 369 View

Spoiler terletak di bagian belakang kendaraan dan dimaksudkan untuk menghentikan turbulensi atau hambatan yang terjadi di bagian belakang kendaraan. Spoiler bisa dipakai di mobil harian dan mobil balap. Umumnya ada di mobil-mobil yang punya performa tinggi, bro.

Tujuan dari Spoiler

Tujuan utama spoiler adalah untuk meningkatkan cengkeraman mobil di jalan. Jika mobil tidak memiliki spoiler, maka bobotnya harus lebih berat atau kompon ban harus diganti. Karena itu, dengan memiliki spoiler, kendaraan akan lebih ringan dan mudah dikendarai. Selain itu, di beberapa mobil supercar atau hypercar, dengan spoiler elektrik juga berfungsi sebagai airbrake atau aero brake.

Bahan Spoiler Mobil

Spoiler biasanya terbuat dari plastik ABS, yang dicampur dengan pengisi granular untuk membuat spoiler lebih kaku. Fiberglass juga sering digunakan sebagai bahan untuk spoiler yang terbuat dari epoxy. Fiberglass tahan lama, tetapi tidak berfungsi untuk produksi skala besar, karena waktu yang diperlukan untuk membuatnya. Jenis bahan ketiga adalah silikon dan memiliki karakteristik termal yang tinggi serta tahan lama. Terakhir, carbon-fiber, bro. Carbon-fiber merupakan bahan yang sangat ringan dan sangat kuat, tetapi juga mahal, karena proses pengerjaannya yang manual.

Manfaat Spoiler

Spoiler mobil akan membantu menjaga traksi pada kecepatan tinggi, umumnya lebih dari 70 mph. Spoiler juga akan meningkatkan efisiensi bahan bakar, sekaligus mengurangi bobot keseluruhan kendaraan. Lebih jauh lagi, mobil ini terlihat jelas sehingga mobil lebih mudah dilihat di jalan dan juga menciptakan desain yang menarik.

Jenis Spoiler

Ada empat tipe utama spoiler mobil. Yang pertama adalah pedestal spoiler, yang merupakan jenis yang paling umum. Front spoiler adalah tipe kedua, dan dibuat untuk mengurangi hambatan yang dapat dibuat oleh rear spoiler. Jenis ketiga spoiler adalah lip spoiler, yang umumnya digunakan untuk tujuan estetika saja. Jenis spoiler terakhir disebut wing, yang biasanya dipakai di mobil balap.

Tidak semua mobil menggunakan spoiler. Tapi, semua spoiler yang menggunakan spoiler pasti memiliki fungsi. Spoiler mengurangi hambatan, memungkinkan kendaraan bergerak lebih mudah.

SAMPAIKAN KOMENTAR