Mengenal Sedan, Saloon, dan Limousine

Mengenal Sedan, Saloon, dan Limousine

17May
INTERSPORT.ID ON 17 May 2018
INTERSPORT.ID ON 17 May 2018

Melihat sejarah mobil tentu tidak akan terlepas dari jenis mobil seperti sedan, saloon, dan limousine. Mengawali era otomotif dan mesin uap ketiga jenis mobil ini muncul kurang lebih bersamaan. Mengusung konsep yang sejatinya mirip dengan dua penumpang yang duduk di kursi belakang, ketiga jenis mobil ini memiliki banyak persamaan sekaligus perbedaan. Sekarang ketiganya sudah memiliki penggemar masing-masing. Walaupun sekarang sulit membedakan saloon, sedan dan limousine, pada masa awalnya mereka adalah tiga jenis mobil yang nampak berbeda sekali. Lalu sebenarnya apa yang membedakan ketiga mobil ini?

Si Klasik Mobil Sedan

Mengenal Sedan, Saloon, dan Limousine

Image source: https://www.nissanusa.com/

Sedan adalah salah satu saudara yang paling muda diantara ketiganya. Merujuk pada bahasa Perancis, kata sedan diambil dari kata “sedare” yang dalam bahasa Perancis artinya kursi. Mengusung konsep mobil kelas atas, sedan pada masa jayanya menjadi counter dari limousine dan saloon yang merupakan produksi Amerika dan Inggris. Perbedaan yang mencolok dari sedan adalah jumlah pintu dan ukuran yang relatif lebih kecil. Sampai saat ini sedan banyak digemari oleh orang Indonesia pasalnya, jenis mobil ini masuk ke Indonesia pada awal masa kemerdekaan dimana geliat ekonomi sangat terasa.

Sekarang mobil jenis ini agak sulit untuk bersaing dengan mobil keluarga yang dapat memuat orang lebih banyak. Kendati demikian masih banyak penggemar sedan yang memiliki sedan untuk dikoleksi maupun digunakan sehari-hari. Bagaimanapun citra klasik penuh memori selalu dapat dihasilkan oleh berbagai jenis sedan baik yang kelas menengah maupun kelas atas. Selain sedan lama, sedan-sedan baru seperti Corolla dan sejenisnya tentu menjadi primadona yang menakjubkan dimata penggemarnya.

Saloon, Sang British Sedan

Mengenal Sedan, Saloon, dan Limousine

Image source: https://blog.rmsothebys.com/

Tidak terlalu banyak mobil jenis ini di Indonesia salah satunya karena pasarnya sudah direbut terlebih dahulu oleh sedan. Secara tidak langsung saloon dan sedan sebenarnya punya banyak kemiripan. Satu yang jelas-jelas membedakan mobil keluaran Amerika ini adalah pintunya. Satu sisi saloon memiliki dua pintu yang satu engselnya dibagian depan dan sisi yang satunya memiliki engsel di bagian belakang. Hal ini tentu yang menginspirasi pemberian nama ini. Pasalnya nama saloon sendiri awalnya lebih dikenal sebagai nama sebuah bar di Amerika jaman lampau. Bentuk pintunya mengingatkan kita ke pintu bar pada masa itu sekali lagi menjadi ikon tersendiri. Saat ini saloon banyak disebutkan sebagai sedan keluaran Inggris atau "british sedan". Selain bentuk pintunya, saloon terkenal sebagai mobil yang harus memakai supir dengan ruang duduk belakang yang lebih besar mobil sekaligus menandakan bahwa siapa yang duduk dibelakang statusnya lebih tinggi dari yang duduk didepan. Berbeda dengan sedan yang memiliki ruang kemudi yang sama besarnya dengan ruang penumpang

Kabin Luas dan Mewah Milik Limousine

Mengenal Sedan, Saloon, dan Limousine

Image source: https://www.carthrottle.com/

Siapa yang tidak mengetahui jenis mobil ini. Jauh sebelum beragam supercar bermunculan dan menjadi primadona, mobil jenis limousine sudah terlebih dahulu menjadi kendaraan orang-orang kelas atas. Sampai sekarang mobil jenis ini biasanya menemani para artis yang akan datang ke sebuah acara resmi dengan karpet merah di kaki-kaki mereka. Memiliki kabin yang luas adalah salah satu kelebihan limousine. Pasalnya pada awal-awal produksi mobil jenis ini meletakkan pengendaranya diluar kabin penumpang. Sehingga kabin dapat dipakai oleh penumpang dengan leluasa. Konsep ini tetap dipertahankan sampai sekarang. Kabin yang luas dan bisa disetting mewah menambahkan kesan “luxurious” kedalam mobil jenis ini. Walaupun demikian sekarang pengendara atau driver sudah menjadi satu berada dalam mobil.

Begitulah perbedaan ketiga jenis mobil tersebut. Walaupun sama-sama jenis mobil bangsawan pada masanya, sekarang ketiganya memiliki segmentasi pengguna yang berbeda. Perkembangan teknologi membuat ketiga jenis mobil ini lama kelamaan bertransformasi dan jadi semakin mirip satu sama lain

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN