Mengenal Rem Cakram Carbon Ceramic
10
Oct
2019
0 Comment Share Likes 152 View

Rem adalah salah satu bagian yang tak mungkin bisa dilepaskan dari sebuah kendaraan. Piranti keselamatan yang satu ini merupakan yang paling utama. Seiring berkembangnya zaman, tentunya teknologi yang diterapkan pada rem juga akan semakin berkembang. Saat ini saja, di pasaran sudah tersedia berbagai jenis rem. Mulai dari rem tipe Drum Brake (Tromol), Disc Brake (Cakram), Full-Floating Disc Brake (Cakram Mengembang Penuh), Carbon Disc Brake (Rem Cakram Karbon), hingga Ceramic Disc Brake (Rem Cakram Keramik) yang kini marak diaplikasikan di arena balap.

Nah, kali ini Intersport akan bahas mengenai Rem Cakram Carbon Ceramic. Biar enggak makin penasaran, langsung saja disimak informasinya berikut ini, Bro!

 

CARBON CERAMIC DISC BRAKE

Belakangan ini, Ceramic Disc Brake atau dalam bahasa Indonesia lebih sering disebut Rem Cakram Keramik, mulai banyak digemari dan digunakan dalam berbagai jenis mobil. Sebenarnya, rem yang satu ini tidak sepenuhnya terbuat dari keramik, tetapi juga menggunakan bahan campuran yang terdiri atas serat karbon dan keramik yang mungkin lebih dikenal dengan istilah Composite Ceramic.

 

PROSES PEMBUATAN CARBON CERAMIC DISC BRAKE

Untuk proses pembuatannya sendiri, Carbon Ceramic Disc Brake ini membutuhkan waktu yang lebih lama, jika dibandingkan dengan proses pembuatan Disc Brake biasa. Mulanya, potongan serat karbon dicampur dengan material resin. Kemudian material campuran ini di masukkan ke dalam cetakan disc brake. Setelah itu, barulah cetakan tersebut di-press dengan bantuan alat khusus yang memiliki kekuatan 40 ton lebih, ditambah dengan suhu 400 derajar Fahrenheit. Tekanan tinggi yang dikombinasikan dengan suhu yang juga sangat tinggi ini akan mengubah bubuk resin tadi menjadi sebuah perekat untuk potongan serat karbon. Sebagai hasil akhirnya, didapatlah sebuah cakram karbon yang diinginkan.

Proses pembuatan Carbon Ceramic Disc Brake ini tak lantas berhenti sampai disitu. Cakram karbon yang sudah didapat dari proses pertama tersebut harus kembali melewati berbagai tahap lagi seperti pelubangan untuk ventilasi pelepas panas jika diperlukan, serta pemanasan dengan suhu yang mencapai 800 derajat Fahrenheit selama berhari-hari.

Setelah proses tersebut selesai, barulah keramik dicampurkan ke bagian cakram tersebut melalui sebuah wadah anti panas. Bentuk keramiknya sendiri adalah silikon bubuk. Campuran cakram karbon dan silikon bubuk (keramik) tadi kemudian dipanaskan dengan suhu mencapai 3000 derajat Fahrenheit. Tujuannya adalah agar silikon meleleh dan menyatu ke bagian Cakram. Hasil akhirnya adalah sebuah material baru bernama Silicon Carbide berbentuk cakram yang kemudian kita kenal dengan sebutan Carbon Ceramic Disc Brake. Pada langkah terakhir, cakram yang sudah jadi ini harus melewati tahap pemurnian dari gas oksigen, penghalusan permukaan, hingga pengecekan permukaan yang dilakukan secara miskroskopis. Tahap ini bertujuan untuk memastikan bahwa cakram keramik yang diproduksi sesuai dengan yang diharapkan.

 

KELEBIHAN CARBON CERAMIC DISC BRAKE

Teknologi pengereman Carbon Ceramic Disc Brake ini tentu saja bukan bagian yang sembarangan yang bisa dianggap remeh. Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari penggunaan Carbon Ceramic Disc Brake ini. Kelebihan Carbon Ceramic Disc Brake yang pertama adalah bobotnya yang sangat ringan. Cakram yang memiliki bahan campuran serat karbon dan keramik ini memang diklaim memiliki bobot 50% lebih ringan jika dibandingkan dengan cakram logam pada umumnya. Dengan bobot yang berkurang, maka pengendara akan mampu berakselerasi lebih cepat dan mampu melakukan handling yang jauh lebih baik. Hal ini tentu saja sangat dibutuhkan dalam ajang balapan.

Bukan hanya bobotnya yang ringan, ternyata Carbon Ceramic Disc Brake juga memiliki kelebihan yang lainnya. Carbon Ceramic Disc Brake ini diklaim mampu melepas panas yang jauh lebih baik berkat penggunaan campuran bahan keramik. Kelebihan inilah yang sebenarnya lebih diunggulkan dari Cakram yang memiliki bahan campuran serat karbon dan keramik. Pasalnya, dengan suhu yang lebih rendah, proses pengereman dipastikan akan bekerja dengan jauh lebih baik.

Selain ringan dan mampu melepas panas dengan sangat baik, Carbon Ceramic Disc Brake juga memiliki keunggulan lainnya. Teknologi rem ini juga diyakini jauh lebih awet dan memiliki gaya gesek yang lebih optimal sehingga terasa lebih pakem saat digunakan. Carbon Ceramic Disc Brake ini juga lebih minim perawatan, lebih tahan terhadap kotoran serta debu, dan pastinya anti korosi.

 

KEKURANGAN CARBON CERAMIC DISC BRAKE

Kendati memiliki banyak kelebihan, Carbon Ceramic Disc Brake ini juga memiliki beberapa kekurangan. Dari segi harga, Carbon Ceramic Disc Brake ini memang dibanderol dengan harga yang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan rem cakram logam pada umumnya. Hal ini pula yang menyebabkan belum banyak produsen mobil yang menggunakan Carbon Ceramic Disc Brake pada mobil produkan mereka, walaupun memiliki teknologi yang cukup canggih.

Tak dapat dipungkiri, Carbon Ceramic Disc Brake menjadi semakin populer dalam satu dekade terakhir ini dan dapat berguna saat menjalani track day karena dapat dijalankan melalui beberapa siklus panas tanpa kehilangan kemampuannya. Namun, selain harganya yang sangat mahal, kualitasnya juga bisa menurun seiring berjalannya waktu. Salah satu produsen mobil yang pernah menggunakan Carbon Ceramic Disc Brake ini adalah Porsche.

Perwakilan teknis veteran Porsche Australia, Paul Watson, mengatakan bahwa pihak Porsche merekomendasikan cakram baja bagi yang menyukai track day. Watson sendiri menuturkan bahwa kualitas cakram carbon ceramic dapat menurun jika pengendaranya mengerem dengan keras. Penumpukan panas akan menurunkan carbon fiber dalam cakram, jadi jika pengendara melakukan track day, penggunaan cakram baja memang lebih direkomendasikan.

Menurut Watson, target audiens Porsche untuk Carbon Ceramic Disc Brake adalah mereka yang tidak suka membersihkan velg, karena rem ini tidak meninggalkan tumpukan debu rem. Pada mobil salah satu model mobil Porsche, yaitu Porsche 911 generasi 992, konsumen yang ingin menambahkan satu set rem carbon ceramic ke 911 generasi 992 harus merogoh kocek sebesar 8.520 USD. Hal ini tentu dapat menjadi sebuah pertimbangan sebelum kita beralih ke Carbon Ceramic Disc Brake.

SAMPAIKAN KOMENTAR