Mengenal Modifikasi Wire Tuck, Apa Sih?
20
Feb
0 Comment Share Likes 270 View

Masih ada di antara Pria Intersport yang bertanya apa itu wire tuck?

Sebenarnya wire tuck adalah salah satu opsi guna mempercantik ruang mesin. Ruang mesin yang kotor atau berantakan bisa tampak lebih rapi dan necis dengan cara wire tuck atau merapikan kabel-kabel yang ada. Keberadaan kabel-kabel yang berseliweran akan disembunyikan sehingga mengubah tampilan kompartemen mesin secara signifikan.

Diketahui bahwa trend wire tuck ini berasal dari Amerika Serikat. Biasanya di acara meet up, mereka memarkirkan mobil dengan membuka kap mesinnya. Di Indonesia sendiri, trend 'rapi-rapi kabel' ini mulai masuk sekitar tahun 2013.

Syarat Modifikasi Wire Tuck

Sesuai namanya, "tuck" yang berarti "menyelipkan" mengharuskan kabel-kabel di ruang mesin tersembunyi. Biasanya kabel yang disembunyikan ini adalah kabel mesin, lampu, AC, hingga klakson. Secara teknis modifikasi ini akan membuat jalur khusus melewati bagian sasis hingga melubangi firewall.

Ditambah lagi, aki yang secara normatif ada di samping mesin, pada proses modifikasi ini harus dipindah ke kabin belakang atau memindahkan box sekering ke bagian laci atau di bawah konsol tengah.

Meskipun kelihatannya mudah, wire tuck harus dikerjakan sangat hati-hati karena masalah perkabelan tidak hanya punya jalur yang rumit tapi juga berpotensi bahaya konsleting.

Dihimpun dari berbagai sumber, modifikasi wire tuck ini harus membuat satu jalur khusus untuk kabel tanpa mengorbankan fungsionalitas dan keamanannya. Terkait persoalan safety, rata-rata pelaku wire tuck akan mengganti spesifikasi kabel dengan yang lebih berkualitas. Misalnya dari ukuran diameter 0,8 menjadi 1,2 milimeter. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga stabilitas listriknya.

Tak mau ambil risiko, agar lebih safety lagi saat kabel disembunyikan, sebaiknya dibungkus ulang dengan pelindung. Misalnya bisa pakai slang bakar untuk jadi sambungan kabel, lalu bungkus pakai selongsong spiral untuk meminimalkan panas di ruang mesin.

Soal perawatannya, agar mudah dilakukan bisa juga dengan memindahkan kabel sesuai peruntukannya. Contohnya kabel-kabel untuk lampu kiri bisa disembunyikan di fender kiri juga, dan sebaliknya untuk lampu kanan. Kabel mesin bisa lewat firewall biar enak mengurut jalurnya. Soket-soket juga bisa disembunyikan di bawah intake.

SAMPAIKAN KOMENTAR