Mengenal Macam-Macam Kejuaraan Balap Mobil (Part 1)
09
May
2019
0 Comment Share Likes 2698 View

Sebagai salah satu unsur perkembangan car culture diseluruh dunia, ternyata ada banyak macam-macam kejuaraan balap mobil yang perlu Pria Intersport tahu. Terobosan teknologi bisa dibilang banyak muncul dari panasnya persaingan mobil-mobil di kejuaraan. Inovasi bisa dari sektor mesin, suspensi, aerodinamis, ban, atau yang lainnya. Teknologi terbaru tersebut kemudian disematkan pada mobil-mobil produksi masal jika benar-benar dinilai layak, mas bro.

Bukan cuma sekadar adu cepat saja, mas bro, kejuaraan balap mobil juga menjadi adu gengsi para produsen otomotif. Maka tidak heran, bisa terlihat jelass bahwa banyak perusahaan yang berlomba untuk mensponsori mobil atau atlet yang berlaga dalam kejuaraan tertentu.

Nah, kejuaraan balap mobil pun punya banyak jenis atau kategori. Mungkin yang paling familiar, kategori dibagi menjadi kejuaraan balap formula, drift, drag, atau reli. Berikut ini adalah macam-macam kejuaraan balap mobil di dunia (part 1).

Formula

Ajang balapan mobil formula bisa dibilang sebagai kejuaraan paling populer dan prestisius. Mobil formula merupakan mobil balap single seater dengan ban terbuka sehingga disebut juga open wheel car racing. Ciri khas lainnya adalah kelengkapan dua sayap di depan dan di belakang untuk menambah downforce. Nah, yang terkenal di dunia adalah Formula 1 dan Indy Car.

Di bawah Formula 1 ada 3 kelas lainnya yaitu Formula 4, Formula 3, dan, Formula 2. Selain itu, ada juga beberapa kejuaraan lainnya seperti kejuaraan formula dengan satu jenis tipe mobil/mesin seperti Formula Renault, Formula BMW, dan Formula Ford.

Untuk Formula 3 bisa disebut sebagai langkah awal karir yang menjanjikan bagi para pembalapnya. Mobil yang digunakan pada Formula 3 ini memiliki spesifikasi inline 4 NA dengan maksimal power 200 hp. Kelas ini jadi sangat menjanjikan karena tidak jarang pembalap potensial bisa ditarik ke Formula 2 atau bahkan langsung ke Formula 1.

Kalau Indy Car merupakan kejuaraan formula paling terkenal di Amerika. Meskipun mobilnya memang tidak secanggih Formula 1, tapi mobil indy car bisa melaju lebih cepat! Ya, ini disebabkan karena trekk kejuaraan indy car kebanyakan berupa lintasan oval. Kecepatan tertingginya saja bisa mencapai 388 km/jam.

Touring

Selanjutnya ada ajang balap touring. Balap touring merupakan kejuaraan yang mengadu kecepatan jenis mobil sedan atau hatchback di trek atau sirkuit. Karakter umum dari kejuaraan ini adalah penggunaan mobil produksi masal. Misalnya seperti BMW 320i, Honda Civic, Audi A4, Volvo S40, dan lainnya. Paling familiar untuk publik Tanah Air mungkin Toyota Yaris atau Honda Jazz.

Hampir setiap negara punya kejuaraan nasional touring masing-masing dan punya peraturan berbeda-beda. Ajang balap touring terpopuler misalnya British Touring Car Championship, Japanese Touring Car Championship, Australian Touring Car Championship, Deutsche Tourenwagen Masters, dan lain-lain. Untuk kejuaraan internasionalnya FIA mengadakan World Touring Car Championship (WTCC) yang kemudian berganti nama menjadi World Touring Car Cup pada 2018.

Grand Touring (GT)

Grand Touring (GT) sekilas mirip dengan Touring, tapi pada kejuaraan balap ini menggunakan mobil sport dan supercar. Pada kejuaraan ini biasaanya dihuni oleh para produsen mobil seperti Porsche, Audi, Jaguar, Ferrari, Lamborghini, Lotus, Aston Martin, Maserati, BMW, Alfa Romeo, dan lain-lain.

Kejuaraan GT ini juga punya dua jenis balapan. Pertama adalah yang sama persis dengan Touring, ke dua adalah balapan endurance 24 jam. Selain itu, kejuaraan balap GT pun jumlahnya lebih sedikit dan sering tidak berlanjut panjang. Hal ini terjadi karena kejuaraan yang dihuni mobil sport dan supercars ini tidak sesederhana ajang balap Touring. Saat ini salah satu kejuaraan yang populer dan masih berjalan adalah WeatherTech SportsCar Championship yang diadakan dari 2014.

Stock Car Racing

Ajang balap yang satu ini mungkin agak kurang terdengar padahal ini sangat populer di Amerika Serikat. Stock Car racing alias balap mobil pabrikan yang tidak dimodifikasi. Ya, kejuaraan balap stock car paling populer adalah NASCAR. Pertandingan dibagi menjadi 3 stage dengan total laps mencapai kisaran 200-500 laps (tergantung trek) dan kecepatan maksimal mobilnya bisa menyentuh 320 km/jam.

Meksipun berkonsep stock atau standar, tapi mobil-mobil NASCAR sudah tidak murni lagi. Meskipun dari luar kelihatannya seperti mobil pabrikan, tapi "daleman" mobil-mobil NASCAR sudah jauh berbeda. Mobil-mobil tersebut sudah dimodifikasi total hingga bisa menghasilkan tenaga 700 hp.

Reli (Rally)

Reli sedikit berbeda dengan balapan mobil umumnya yang dilakukan di sirkuit, balapan reli dilakukan di jalan umum. Balapan reli dinilai sangat seru untuk ditonton karena seringkali juga melesat melewati daerah terjal atau offroad seperti lumpur, pasir, atau salju. Para pecinta reli seringkali menganggap balapan mobil ini adalah yang paling menantang dibanding balap mobil lainnya.

Mobil pun harus dimodifikasi agar tangguh. Konsentrasi serta skill driver juga harus tinggi sepanjang balapan, dan paling penting adalah nyali yang besar mengingat balapan ini rentan dengan kecelakaan karena lintasannya yang ekstrim.

Kejuaraan reli internasional yang populer adalah World Rally Championship (WRC) yang diadakan sejak 1973.

 

Nah, itu tadi beberapa macam kejuaraan balap mobil di dunia. Masih belum usai, ada beberapa lagi jenis balapan yang akan diulas di bagian selanjutnya.

SAMPAIKAN KOMENTAR