Mengenal Lebih Dalam Toyota AE86

Mengenal Lebih Dalam Toyota AE86

12Jun
INTERSPORT.ID ON 12 June 2018
INTERSPORT.ID ON 12 Jun 2018

Toyota memiliki sebuah mobil yang begitu terkenal meski mobil tersebut bukanlah sebuah supercar atau bahkan hypercar yaitu Toyota AE86. Mobil dengan desain coupe dan hatchback berpenggerak roda belakang semakin terkenal berkat serian Anime Manga initial-D.

Toyota AE86 masuk kedalam generasi kelima line up  dari Toyota Corolla. AE86 sendiri terdiri dari beberapa kode seperti A yang merepresentasikan kode mesin yang digunakan yaitu 4A. E merepresentasikan Corolla. 8 merepresentasikan generasi kelima Corolla yaitu E80. Sedangkan 6 merepresentasikan jumlah varian yang ditawarkan oleh Corolla.

Toyota AE86 memiliki dua buah tampilan fascia yaitu Levin yang memiliki lampu fix sedangkan Trueno menggunakan lampu pop-up atau retractable headlight. Tapi keduanya kedua varian tersebut ditawarkan dengan model Hatchback dan Coupe.

Toyota AE86 memiliki beberapa pilihan mesin namun yang lebih terkenal adalah mesin 4A-GE. Mesin itu memiliki kapasitas silinder 1578 cc dengan dua buah camshaft pada bagian headnya. Mesin tersebut memiliki tenaga puncak 128 bhp dengan torsi 150 Nm.    

Namun untuk pasar Amerika Utara, Toyota AE86 memiliki mesin dengan kode 4A-GEC yang telah dimodifikasi untuk memenuhi regulasi emisi pemerintah setempat. Mesin ini memiliki tenaga puncak 112 bhp dengan torsi puncak 136 Nm.

Ada beberapa varian yang ditawarkan oleh AE86 yaitu AE86 GTS yang merupakan varian tertinggi. Varian ini sudah dibekali dengan rem cakram di keempat rodanya. Kemudian bemper memiliki warna yang senada dengan warna body. Bemper depan dan belakang juga lebih sporty karena sudah dilengkapi dengan lips. Kemudian untuk varian ini tachometer memiliki redline 7500 rpm. Stir juga sudah dibungkus dengan kulit. Kemudian, untuk varian ini juga mendapat tawaran dimana konsumen bisa menggunakan LSD. Velg yang digunakan pun sudah aluminium. Oh ya mesin yang ditawarkan pada varian ini adalah mesin 4A-GE yang sudah berteknologi DOHC.

Kemudian untuk varian terendah ada AE86 SR5. Untuk varian ini menggunakan mesin yang berbeda yaitu 1587 cc dengan kode 4A-C. Mesin ini masih menggunakan teknologi Single Over Head Camshaft (SOHC). Varian SR5 ini masih belum dilengkapi dengan LSD. Kemudian pada sistem pengereman belakang masih menggunakan drum brake.

Bagian bemper varian ini masih belum di cat. Alias bempernya masih menggunakan warna plastik asli. Suspensi yang digunakan pada SR5 lebih lembut dibandingkan dengan varian GTS. Di bagian interiornya pun lebih minimalis yang meliputi lip bemper, door panel, Tachometer dan lain lain dibandingkan dengan varian GTS.

Model yang menggunakan mesin 4A-GE memiliki differential yang berbeda dimana untuk mesin ini menggunakan differential berukuran 6.7” di bagian belakang. Kemudian untuk varian yang menggunakan mesin 4A-U dan 4A-C menggunakan ukuran differential yang lebih kecil dan lebih lemah yaitu 6.38”.

Nah untuk varian AE68 SR5 ditawarkan juga dengan pilihan transmisi otomatis. Sedangkan varian AE86 GT-S yang dibekali mesin 4A-GE DOCH hanya ditawarkan dengan transmisi manual 5-kecepatan saja dengan kode T50. Transmisi ini menggunakan 8-Bolt Flywheel

Sedangkan untuk pasar Jepang, AE86 ditawarkan dalam beberapa pilihan varian yaitu GT, GT-APEX dan GTV. Untuk varian AE86 GT memiliki bobot yang sangat ringan yaitu hanya 910 kilogram saja. Varian ini memiliki eksterior yang sama seperi varian GTV. Nah untuk Varian GT-APEX merupakan varian tertinggi untuk AE86 pasar Jepang.

Untuk bobot varian AE86 GTS lebih berat dibandingkan dengan varian GT yang dijual di Jepang. Untuk varian GTS yang dijual di Amerika Utara memiliki bobot 998 kilogram.

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN