Mengenal Cara Kerja AC Mobil

Mengenal Cara Kerja AC Mobil

12Jun
INTERSPORT.ID ON 12 June 2018
INTERSPORT.ID ON 12 Jun 2018

Air Conditioner atau kerap disingkat menjadi AC adalah salah satu fitur wajib dalam mobil, terutama pada cuaca di Indonesia yang seringkali sangat panas. Demi kenyamanan berkendara, AC wajib dipasang dan dinyalakan untuk membuat suhu mobil menjadi lebih rendah.

AC yang dilihat oleh pemilik kendaraan biasanya hanya berwujud kisi-kisi dimana udara dingin keluar dan mendinginkan udara di dalam mobil. Sebenarnya, kinerja AC tidak sesederhana kelihatannya. AC terdiri atas sebuah sistem tertutup yang memanfaatkan aliran freon sebagai refrigerant untuk media pengubah suhu. Pada sistem tersebut, freon mengalami berbagai perubahan tekanan dan suhu untuk menghasilkan udara dingin pada mobil.

Sebenarnya, cara kerja AC mobil mirip dengan AC ruangan biasa. Namun, AC mobil memiliki sistem kerja yang lebih dinamis karena bergantung pada rpm mobil. Semakin cepat laju mobil, maka putaran kompresor pada komponen AC mobil akan semakin cepat sehingga suhu kabin mobil akan lebih cepat dingin pula. AC ruangan cenderung lebih statis. Putaran kompresor dipengaruhi oleh pengaturan suhunya. Tegangan listrik juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja AC ruangan.

Mengenal Cara Kerja AC Mobil

Image source: https://mike-thomson.com/

Media penghantar suhu pada AC adalah refrigerant. Refrigerant yang biasa dipilih adalah freon. Sebenarnya nama freon merupakan sebuah merek dagang. Sifatnya tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak mudah terbakar. Selain itu, freon memiliki titik didih dan viskositas yang rendah. Awalnya, freon dikenal sebagai pendingin pada kulkas. Freon sendiri terdiri atas beberapa jenis misalnya Freon 12 yang merupakan chlorodifluoromethane, Freon 11 yaitu trichlorofluoromethane, dan sebagainya. Pemilihannya menyesuaikan alat yang akan didinginkan oleh freon tersebut.

Sistem kerja AC terdiri atas lima komponen utama yaitu kompresor, kondensor, filter dryer, expansion valve, dan evaporator. Kelimanya bekerja dalam sebuah siklus tertutup yang mengubah suhu, tekanan, dan fase dari freon.

Mengenal Cara Kerja AC Mobil

Image source: http://rotarybintaro.co.id/

Kompresor

Seperti namanya, kompresor tentu saja memiliki tugas untuk memberikan kompresi atau tekanan pada freon. Awalnya freon yang bertekanan rendah dan berfasa gas dihisap oleh kompresor dan keluar dalam wujud gas dengan suhu serta tekanan yang tinggi. Kerja kompresor ini memanfaatkan putaran dari mobil.

Kondensor

Kemudian freon yang berfasa gas serta bertekanan dan bersuhu tinggi ini mengalami kondensasi atau perubahan fasa dari gas ke cair di kondensor. Hal ini dilakukan dengan mendinginkan freon menggunakan bantuan extra fan atau cooling fan. Ketika tekanan tinggi, titik didih dari freon ikut turun sehingga lebih mudah mengalami perubahan fase dari gas ke cair. Keluar dari kondensor, freon memiliki suhu yang lebih rendah, berfasa cair, dengan tekanan yang masih tinggi.

Mengenal Cara Kerja AC Mobil

Image source: http://harrisautomotiverepair.com/

Filter Dryer

Freon yang keluar dari kondensor dialirkan ke filter dryer. Seperti namanya, filter ini berguna untuk menghilangkan pengotor-pengotor yang terikut pada freon selama proses sirkulasi terjadi. Freon yang keluar dari filter dryer masih bersuhu rendah, berfasa cair, dan bertekanan tinggi namun lebih bersih.

Expansion Valve

Keluar dari filter dryer, freon dialirkan ke expansion valve. Expansion valve ini berfungsi untuk menurunkan tekanan dari freon tanpa mengubah suhu dari freon sehingga keluar dari expansion valve, freon memiliki tekanan yang rendah namun suhunya tetap rendah. Akibat dari turunnya tekanan freon adalah sebagian freon mengalami perubahan fasa dari cair menjadi gas.

Evaporator

Seperti namanya, evaporator berfungsi sebagai alat penukar panas yang bisa mengubah fasa menjadi uap atau vapor. Pada evaporator, freon menyerap panas dan melepaskan udara dingin. Udara dingin inilah yang kemudian dihembuskan oleh blower ke kabin mobil sehingga mobil menjadi dingin. Panas yang diserap oleh freon juga berasal dari udara panas di dalam mobil.

Mengenal Cara Kerja AC Mobil

Image source: https://www.toyotasandiego.com/

Keluar dari evaporator, freon berfasa gas dengan suhu tinggi dan tekanan yang rendah. Freon keluar dari evaporator inilah yang kemudian diserap oleh kompresor dan siklus pun berulang terus menerus.

Cover image source: http://www.mentonemotafix.com.au/

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN