Mendongkrak Tenaga Pada Mesin Mobil
25
Oct
2019
0 Comment Share Likes 164 View

Sebuah mesin bekerja baik penting untuk kelancaran fungsi mobil. Mesin mengubah bahan bakar menjadi energi kinetik untuk kemudian digunakan untuk menggerakkan mobil. Tenaga mesin dihitung dengan berbagai satuan. Salah satu satuan pengukuran populer adalah horsepower (Hp) atau dalam Bahasa Indonesia lebih sering disebut tenaga kuda. Semakin besar horsepower akan semakin besar pula output tenaga yang dikeluarkan oleh sebuah mobil.

Jika para Pria Intersport merasa bahwa kendaraan yang dimiliki sekarang masih belum terlalu bertenaga, ada beberapa cara untuk menambah tenaga pada mobil kesayangan kita. Bagaimana caranya? Berikut Intersport sajikan rangkumannya unruk Mas Bro.

CARA MENINGKATKAN TENAGA PADA MESIN MOBIL

Kebanyakan mobil telah memiliki spesifikasi tenaga mesin standar. Namun, sebagian pemilik mungkin ingin meningkatkan tenaga mesin untuk memenuhi kebutuhannya. Berikut adalah beberapa cara yang bisa ditempuh untuk meningkatkan horsepower mesin.

 

  1. Mengganti Chip Komputer

Kadang namun tidak selalu, anda dapat merubah prformance mobil anda dengan mengganti ROM chip di ECU (engine control unit). Biasanya chip ini bisa dibeli di dealer aftermarket performance. Ini sangat berarti guna membaca tampilan secara terpisah dari chip yang hendak anda bandingkan, soalnya beberapa chip terdapat yang over serta tidak terdapat performancenya.

 

  1. Modifikasi Sistem Pembuangan

Mengganti sistem pembuangan bisa meningkatkan horsepower mesin. Sistem pembuangan (knalpot) canggih menggunakan pipa besar, header, dan free flow muffler untuk mengurangi hambatan udara (tekanan balik) sehingga pembuangan jadi lebih lancar.

 

  1. Memasang Turbocharger

Saat menambahkan turbo atau super charger jangan lupa untuk mengganti silinder dengan ukuran lebih besar. Turbocharger memampatkan udara yang masuk ke silinder. Hal ini akan meningkatkan jumlah oksigen dalam silinder untuk meningkatkan proses pembakaran. Dengan kata lain, lebih banyak oksigen berarti lebih besar tenaga sebuah mesin.

 

  1. Mendinginkan Udara Masuk

Suhu tinggi akan membuat udara memuai, sedangkan udara dingin bersifat lebih padat. Alih-alih udara panas, udara dingin harus dimasukkan dalam ruang bakar untuk meningkatkan tenaga mesin. Cara ini dapat dicapai dengan memasang intercooler, yang merupakan jenis radiator dengan turbocharger. Jadi, sebelum memasuki silinder, udara dikompresi oleh turbocharger kemudian didinginkan oleh intercooler.

 

  1. Mengurangi Berat Mobil

Beban yang terlalu berat akan memperlambat laju kendaraan. Dengan kata lain, memperingan bobot mobil akan meningkatkan tenaga. Namun, menurunkan berat mobil tidak berarti kita harus melepas komponen atau bagian mobil. Tujuan ini bisa dicapai dengan mengganti sebagian komponen dengan bahan yang lebih ringan. Atau, pastikan bagasi dan kursi belakang bersih dari barang yang tidak dibutuhkan.

 

  1. Saringan Udara (Air Filter)

Saringan udara membantu menghilangkan partikel padat seperti debu, serbuk sari, dan lain sebagainya sebelum memasuki silinder. Ukuran saringan udara yang lebih besar memungkinkan lebih banyak udara masuk ke mesin. Lebih banyak udara membuat piston berfungsi secara efisien sehingga meningkatkan horsepower.

 

  1. Busi dan Bahan Bakar

Busi iridium akan membuat mobil berjalan lebih cepat karena menghasilkan pembakaran bakan bakar secara lebih sempurna. Pilih pula bahan bakar dengan oktan tinggi serta bebas timbal untuk meminimalkan residu yang tertinggal pada mesin. Mesin yang tetap bersih akan berkontribusi pada tenaga mobil yang tetap terjaga.

 

  1. Buatlah udara keluar lewat knalpot lebih mudah.

Apa bila hambatan udara atau tekanan balik menjadikan sulit pembuangan untuk keluar dari silinder, itu memakan kekuatan mesin. Apa bila pipa knalpot terlalu kecil atau knalpot memiliki banyak hambatan udara maka ini akan menyebabkan tekanan balik. Kinerja tinggi sistem pembuangan menggunakan header, pipa knalpot besar serta muffler bebas hambatan dalam menghilangkan kembali-tekanan pada sistem pembuangan.

 

  1. Ubah Head dan Cams

Mesin standar banyak mempunyai satu katup masuk serta satu katup buang. Membeli Head baru yang memiliki empat katup per silinder secara dramatis dapat meningkatkan aliran udara masuk serta keluar dari mesin serta hal ini akan meningkatkan daya. Menggunakan Cams juga akan membuat perbedaan besar pada kinerjanya.

 

MODEL MOBIL BERTENAGA BESAR

Bukan lagi menjanjikan 500 Tenaga Kuda, sejumlah pabrikan menyuntikkan mesin yang mampu memuntahkan 1.000 Tk. Alhasil tak cuma menjanjikan desain mobil yang ciamik, tenaganya pun luar biasa. Berikut adalah beberapa contoh mobil yang memiliki mesin bertenaga 1.000 tenaga kuda.

  1. Zenvo ST-1

Ini adalah supercar berpeforma tinggi yang dibesut pabrikan asal Denmark, Zenvo. Mereka menetaskan ST-1 pada 2009. Zenvo ST-1 mengemas mesin turbocharged dan supercharged 6,8 liter yang bisa menyemburkan tenaga 1.104 Tk pada 6.900 rpm dan torsi 1.430 Nm pada 4.500 rpm. Dikatakan, mobil ini memiliki kemampuan akselerasi 0-100km/jam dalam 3 detik dengan kecepatan maksimum 375 km/jam.

 

  1. Koenigsegg Agera R

Dari tanah Swedia, ada Koenigsegg yang merupakan sportscar bermesin tengah yang dilepas ke pasar pada 2011. Ada empat tipe, yakni versi standar, R, S, dan RS. Semua punya mesin di atas 1.000 Tk kecuali tipe standar. Koenigsegg Agera R mengemas mesin 5,0 liter V8 dual-turbo yang dikawinkan dengan transmisi kopling ganda tujuh percepatan. Di atas kertas tenaga Koenigsegg Agera R, punya daya 1.100 Tk pada 6.900 rpm dan torsi 1.100 Nm pada 4.000 rpm. Akselerasi 0-100km/jam hanya butuh 2,9 detik dengan kecepatan maksimum 439 km/jam.

 

  1. Bugatti Veyron 16.4 Grand Sport Vitesse

Mobil ini adalah Bugatti Veyron Grand Sport yang mengusung mesin Super Sport. Mobil yang jadi koleksi bintang Hollywood ini menjanjikan tenaga 1.2000 Tk pada 6.400 rpm dan torsi 1.500 Nm pada 3.000-5.000 rpm. Mobil yang pertama kali diperkenalkan di Geneva Motor Show edisi 2012 ini memiliki kemampuan akselerasi 0-100 km/jam dalam 2,6 detik dengan kecepatan puncak yang dibatasi secara elektronik hingga 375 km/jam.

 

  1. Hennessey Venom GT Convertible

Mobil performa kebanggaan Amerika ini melakoni debutnya sejak 2011 hingga sekarang. Hennessey Venom GT adalah sportscar dua pintu yang mengemas mesin 7,0 liter LSX Twin Trubocharged V8. Transmisi yang digunakan adalah Ricardo manual enam percepatan. Mesin mampu memproduksi tenaga 1.224 Tk pada 6.600 rpm dan torsi 1.556 Nm pada 4.400 rpm.  Menariknya, tenaga dari mesin bisa disesuaikan dalam tiga pilihan,  800 Tk, 1,000 Tk, dan 1,200 Tk dengan putaran mesin yang dibatasi pada 7,200 rpm. Venom GT mendapat gelar sebagai mobil tercepat versi Guinness World Record. Di mana mobil bisa berakselerasi dari 0-300 km/jam dalam 13,68 detik. 

 

  1. SSC Ultimate Aero XT

Satu lagi mobil bertenaga dari tanah Amerika. SSC Ultimate Aero diproduksi oleh SSC Nort Amerika yang dulu dikenal Shelby SuperCars. SSC Ultimate Aero mendapat gelar Guinness World Records sejak 2007 hingga akhirnya gelar tersebut dicuri Bugatti Veyron Super Sport yang rilis pada 2010. Dikatakan, SSC Ultimate Aero XT mengemas mesin 6,9 liter twin-turbo V8 yang menyemburkan tenaga 1.300 Tk dan torsi 1.361 Nm. Di atas kertas mobil ini bisa melaju dengan kecepatan maksimum 439 km/jam.

SAMPAIKAN KOMENTAR