Memilih Tema Modifikasi Demi Mobil Kesayangan
15
Jun
0 Comment Share Likes 330 View

Memodifikasi mobil kesayangan tentu harus memperhatikan banyak hal, bukan sekedar budget. Tentunya para Pria Intersport tidak ingin mendapatkan hasil kurang maksimal hanya gara – gara urusan ‘dompet’ saja. Namun hal yang harus dipastikan sejak awal adalah mobil yang akan dirubah wajib sesuai dengan tema dengan modifikasi.

Pada dasarnya tema dari modifikasi terbagi dalam dua yakni ingin meningkatkan ‘kenyamanan’ atau hanya mengejar ‘performa’. Memang hanya dua pembagi tema dalam memodifikasi, namun keduanya masih terbagi kembali sesuai dengan selera dari setiap modifikator. Hal yang harus diperhatikan dalam langkah memodifikasi mobil adalah unsur Kenyamanan, keamanan dan Style. Atau lebih disebut ‘Proper Car’.

Agar memudahkan, berikut penjelasan tentang dua tema dasar dari sebuah modifikasi mobil proper yang pastinya tetap terdapat mengacu pada sektor eksterior, Interior, Mesin, Audio, Kaki-kaki dan velg. Dan yang terpenting adalah tetap mengutamakan keamanan dan tetap layak digunakan di jalan.

 

VIP Car & Elegant Car

Dengan kata lain tentang kenyamanan adalah tema modifikasi yang juga terbagi dalam tema VIP Car & Elegant Car, menargetkan sebuah kenyamanan mobil meningkat setelah mendapat ‘sentuhan’. Tema modifikasi yang mengejar kenyamanan masih terbagi dalam dua tema, yaitu VIP dan Elegant.

 

VIP Car : Tema ini dipastikan menggunakan mobil sedan premium dan ‘big car’ a.k.a MPV (Multi Purpose Vehicle) dengan kapasitas mesin 2.500cc ke atas dengan penggerak roda belakang (RWD) dan AWD. Jadi jika mobil menggunakan sistem penggerak roda depan, dapat dipastikan tidak dapat masuk kategori VIP Car. Khusus untuk MPV tidak ada batasan FWD, RWD maupun AWD akan tetapi diharuskan merupakan kasta tertinggi dari pabrikan agar dapat dikatakan masuk dalam VIP Car.

Secara tampilan, memang tidak banyak rubahan yang terlalu drastis. Namun penggunaan body kit yang digunakan wajib tetap terlihat selaras dengan garis body atau aerodinamis sehingga kesan ‘mewah’ terasa jelas. Body kit pun bisa disesuaikan dengan ukuran velg yang digunakan, namun tetap harus menyesuaikan suspensi. Faktor entertaiment dengan audio yang menghasilkan suara mumpuni pun menjadi bagian dari konsep VIP Car.

Velg yang digunakan biasanya berdiameter di atas 16 inci, saat ini banyak yang telah menggunakan ukuran lebih besar. Namun semua tentu tetap tergantung selera. Begitu pula dengan interior yang dapat dimodifikasi menyesuaikan karakter pemilik. Istilahnya jangan berlebih, harmonisasi antara seluruh bagian yang dimodifikasi menjadi terpenting.

 

Elegant Car : Pada dasarnya, tema ini mengacu pada gaya elegance yang dapat diadopsi semua mobil (kecuali pick up n truck). Dan untuk Elegant Car tidak ada pembatasan penggerak roda. Jadi mobil dengan gerak roda depan (FWD) dan belakang (RWD) dapat menganut gaya Elegant.

Seperti halnya tema VIP Car, pada Elegant Car pun juga tetap mewajibkan unsur kenyamanan dari mobil yang telah dimodifikasi. Namun ubahan yang dilakukan lebih banyak sehingga tampilan sangat berbeda jauh dari versi originalnya. Bahkan ada yang menambahkan sunroof dengan membongkar body mobil secara total, tetapi dengan perhitungan tepat maka hasil maksimal diperolehnya.

 

Racing & Street Racing

Sementara untuk tema performa, tentu saja bagi mereka yang ingin berkonsentrasi mengejar performa pada mobil kesayangannya. Tema meningkatkan performa pun masih terbagi dalam Racing dan Street Racing.

 

Racing : Modifikasi dengan gaya Racing merupakan kategori yang melakukan ubahan secara menyeluruh demi menyesuaikan kebutuhan pada dunia balap atau kompetisi. Beragam piranti hingga aksesoris yang digunakan pada mobil dipastikan telah sesuai dengan spesifikasi racing. Bahkan hampir dipastikan, nyaris seluruh part mengalami perubahan atau modifikasi. Dan yang pasti mobil Racing telah mengadopsi roll bar sebagi fitur menjaga keamanan.

Part yang biasanya masih digunakan adalah chasis atau rangka, body (beberapa panel mungkin telah tergantikan) dan mesin. Namun semuanya kembali ditentukan oleh regulasi dari kompetisi yang diikuti. Jika regulasi tentang mesin tidak dibatasi, tentunya mengalami sentuhan utama. Bahkan ada yang melakukan swipe engine dengan meningkatkan performa mobil balapnya.

Sementara kategori Racing Car masih terbagi yang menyesuaikan dengan usia dari mobil. Jika mobil lansiran di bawah 1995 maka masuk dalam kategori Retro Racing.

 

Street Racing : Sesuai dengan namanya, mobil yang mengacu pada tema Street Racing maka dipastikan mengikuti gaya dari mobil balap. Pembedanya adalah khusus mobil beraliran Street Racing masih dapat digunakan harian di jalan raya. Memang secara style dan gaya hanya seperti mencerminkan mobil balap, namun kemampuannya jangan dianggap remeh. Performa hingga keamanan menjadi bagian terpenting dalam street racing.

Hal juga yang membedakan sebuah mobil dianggap gaya Street Racing adalah audio, biasanya pemasangannya bertujuan demi membunuh kebosanan di tengah kemacetan. Jadi masih tergantung selera dari modifikator dalam melakukan ubahan pada mobil kesayangan.

Setelah mengetahui dasar dari konsep atau tema modifikasi mobil proper, tidak ada salahnya harus memperhitungkan beberapa hal. Termasuk tentang asuransi mobil, tidak semuanya dapat dicoverage. Bahkan bisa menggagalkan klaim. Namun tentu bagi para Pria yang punya selera tinggi, melakukan modifikasi mobil agar tampil berbeda tidak pusing dengan asuransi kan?

 

Langkah selanjutnya adalah komponen apa saja yang akan digunakan pada mobil kesayangan anda. Dasar dari konsep hingga komponen atau part dapat menjadi acuan dalam memperkirakan budget dalam melakukan modifikasi. Ada lima hal yang harus diperhatikan dalam modifikasi yakni bagian eksterior, Interior, Mesin, Audio, Kaki-kaki dan velg.

Ingat, seluruh komponen yang digunakan harus memenuhi standar. Keamanan sangat penting, namun bukan hanya pada sang pengendara tetapi juga orang disekitarnya. Tidak ada salahnya menggunakan part yang telah teruji, ‘harga tidak bohong’. Jangan hanya meningkatkan gaya atau merubah tampilan tetapi berujung resiko tinggi.

 

Bagaimana, para Pria Intersport sudah memilih tema dan siap memodifikasi mobil proper?

 

 

 

 

 

 

 

SAMPAIKAN KOMENTAR