Membersihkan Mesin Mobil? Perhatikan Hal Berikut

Membersihkan Mesin Mobil? Perhatikan Hal Berikut

12Sep
INTERSPORT.ID ON 12 September 2018
INTERSPORT.ID ON 12 Sep 2018

Kebersihan pada mobil tak hanya pada bagian eksterior dan interiornya saja. Tapi bagian engine - Bay juga harus diperhatikan kebersihannya. Tidak hanya agar sedapt dipandang mata saja, tapi mesin mobil yang kotor juga dapat menimbulkan karat di beberapa bagiannya.

Biasanya mesin mobil yang kotor disebabkan oleh tetesan oli, panas mesin, ditambah dengan menempelnya debu pada mesin yang tertetes oli tersebut dan lain lain. Beberapa hal yang dapat menjadi alasan kenapa kebersihan mesin mobil mejadi hal yang paling penting dan perlu mendapatkan perhatian khusus. Dan berikut adalah alasannya beberapa diantaranya :

Mencegah terhambatnya pelepasan panas atau koil panas yang ada pada mesin akibat kotoran kotoran yang menumpuk seperti tetesan oli atau debu pada komponen mesin, radiator mesin dan AC dan lain sebagainya.

Dapat mencegah resiko terjadnya aus pada bagian bagian komponen mesin yang terbuka. Komponen mesin tersebut seperti ACG, dinamo, balt AC, power steering dan lain sebagainya.

Meringankan kerja kipas pada radiator mesin dan pendingin udara untuk mencegah penyebab AC mobil panas.

Menjaga kondisi konektor listrik agar tetap bekerja dengan maksimal karena tidak ada kotoran yang dapat mengambat di dalamnya.

Untuk membersihkan mesin mobil ada beberapa hal yang harus diperhatikan karena membersihkan mesin mobil sangat berbeda dengan ketika kita membersihkan eksterior mobil. Jenis pembersih untuk membersihkan mesin pun berbeda dengan pembersih eksterior. Ada dua jenis pembersih mesin mobil adalah Engine Clean dan Engin Dressing.

Kemudian proses pencucian mesin obil sama dengan cara proses pencucian bodi mobil. Hanya pada proses pencucian mesin mobil membutuhkan ketelitian dan tenaga ekstra. Berikut ini adlaha hal hal yang perlu diperhatikan saat membersihkan mesin mobil, antara lain :

Perhatikan sela sela mesin mobil, hal ini dilakukan dengan tujuan agar air yang digunakan untuk proses pencucian tidak masuk kedalam mesin mobil atau karburator. Hal ini dapat membuat mesin mobil akan mengalami permasalahan yang cukup serius karena di dalam mesin oli tercampur dengan air dan hal inilah yang menyebabkan mesin mengalami kerusakan yang cukup serius.

Hal yang kedua yang perlu diperhatikan dalam proses pembersihan mesin mobil adalah dengan memperhatikan kabel kabel yang terhubung ke mesin. Dengan memperhatikan kabel tersebut maka kita dapat meminimalisir terjadinya kerusakan yang diakibatkan oleh kabel yang terlepas pada saat proses pembersihan mobil dilakukan. Atau pada saat anda mencopot kabel tersebut anda dapat menghubungkannya kembali dengan benar dan tepat.

Berikutnya adalah dengan cara memperhatikan selang yang terhubung ke mesin mobil misalnya selang bahan bakar dan lain sebagainya. Dengan memperhatikan selang yang terhubung ke msein mobil kita dapat meminimalisir kerusakan yang terjadi pada mesin yang diakibatkan oleh selang yang terlepas tersebut. Selain itu kita juga bisa mencegah terjadinya kerusakan yang diakibatkan oleh selang yang putus atau rapuh kita dapat menggantinya dengan yang baik.

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN