Memasukkan Gigi Saat Parkir di Tanjakan, Penting atau Hanya Mitos?

Memasukkan Gigi Saat Parkir di Tanjakan, Penting atau Hanya Mitos?

22Dec
INTERSPORT.ID ON 22 December 2017
INTERSPORT.ID ON 22 Dec 2017

Tidak bisa dipungkiri, sebagian orang Indonesia memang punya kebiasaan unik dalam hal memperlakukan mobil. Sebut saja menginjak pedal gas alias “menggeber-geber” sesaat sebelum mematikan mesin, atau menggoyang-goyangkan mobil ketika sedang mengisi bensin.

Kebiasaan menginjak pedal gas sebelum mematikan mesin sendiri sebenarnya tidak dianjurkan karena bisa menyebabkan dieseling yang berakibat pada busi yang rentan korslet serta mempercepat munculnya kerak karbon di ruang bakar.

Sementara untuk kebiasaan menggoyang-goyangkan mobil saat mengisi bahan bakar, kebiasaan ini terbukti tidak ada manfaatnya meski orang-orang yang melakukannya mengklaim bahwa hal tersebut bisa membantu bensin terisi lebih banyak di dalam tangki.

Selain yang telah disebutkan di atas, ada lagi kebiasaan unik yang kerap dilakukan pengemudi di Indonesia, yaitu memasukkan gigi ketika memarkir mobilnya di tanjakan atau turunan. Biasanya hal tersebut dilakukan karena takut rem tangan belum cukup untuk menahan mobil supaya tidak mundur atau meluncur bebas. Tapi, sebenarnya boleh tidak ya kebiasaan ini dilakukan?

Sumber

Menurut Arifani Perbowo, Logistic and Production General Manager Kia Mobil Indonesia (KMI) seperti dilansir dari Kompas, posisi gigi yang masuk tidak terlalu memengaruhi kondisi mekanis pada sistem transmisi.

“Efek sebenarnya tidak ada selama memang mesin tidak dalam kondisi hidup atau didiamkan lama hitungan bulan, itu baru bisa mengganggu,” kata Arifani.

Tapi, ternyata tidak semua mobil perlu melakukan hal tersebut, karena hanya mobil dengan rem parkir kabel saja yang perlu melakukannya. Sementara mobil yang memiliki rem dengan sistem elektrik tidak perlu lagi melakukan hal tersebut. Menurut Arifani, alasannya karena electric hand brake lebih baik daripada yang menggunakan kabel.

Sumber

Meski tidak dilarang asalkan tidak dilakukan dalam jangka waktu yang sangat lama, ada hal penting yang harus diingat para pengemudi yang memarkir mobilnya dalam keadaan gigi masuk. Ya, apa lagi kalau bukan memastikan persneling kembali berada di posisi netral sebelum menyalakan mobil. Pasalnya jika hal tersebut terlupakan, bukan tidak mungkin mobil akan menyeruduk mobil lain atau apapun yang ada di depannya.

 

Baca juga:

Ilangin Deh Kebiasaan Ngegas Mobil Sebelum Matiin Mesin Kalau Nggak Mau Ketiban Apes

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN