Mazda 3 Hatchback Terjun Ke Arena Balap Touring Car
04
Oct
2019
0 Comment Share Likes 441 View

Mazda 3 generasi teranyar tampil meramaikan ajang Touring Car Racing (TCR). Pihak Mazda Motorsports belum lama ini memperkenalkan versi lain dari Mazda 3. Versi ini menampilkan hatchback Mazda 3 dengan desain eksterior yang memancarkan kesan gahar dan ganas. Sayangnya, mobil ini tidak bisa dikendarai di jalanan umum, karena homologasinya dikhususkan untuk balap, sesuai dengan regulasi Touring Car Racing. Mobil ini nantinya akan berkompetisi dalam 36 kejuaraan Touring Car Racing di seluruh dunia.

Mobil Mazd 3 berdesain baru ini memiliki basis mobil Mazda 3 Hatchback keluaran tahun 2019. Desainnya semakin dibuat gagah dengan penerapan wide body, splitter depan, diffuser, serta side skirt yang didesain sedemikian rupa agar fungsi aerodinamika dapat berjalan lebih optimal. Posisi lubang knalpotnya juga dipindahkan ke bagian tengah. Kemudian, untuk melengkapi penampilan barunya, mobil ini mengenakan sayap besar di bagian belakang.

Pemasangan suspensi balap custom strut dengan A-arm juga membuat bodinya terlihat lebih cepet. Bagian rodanya mengandalkan pelek buatan Rays berukuran 18 inci dan lebar 10 inci. Untuk rodanya sendiri, mobil ini mengandalkan ban Michelin Pilot. Di dalamnya juga dipasangi kaliper rem Brembo yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.

Tidak ada keterangan khusus dari pihak Mazda mengeni penggunaan mesin, apakah masih mempertahankan Skyactiv-G atau tidak. Yang pasti adalah sesuai dengan regulasi Touring Car Racing, mesinnya wajib menggunakan jenis empat silinder berkapasitas 2,0 liter yang dikombinasikan dengan single-turbo. Mesin ini diketahui dapan menghasilkan tenaga sebesar 350 tenaga kuda serta torsi 490 Nm pada 7.000 rpm. Sistem manajemen mesinnya dipercayakan pada Magneti Marelli. Sedangkan untuk transmisinya menggunakan jenis sequential plus paddle shift. Versi standar menggunakan SADEV enam percepatan, tetapi ada pula pilihan XTRAC.

Mazda 3 versi Touring Car Racing ini dikembangkan oleh Long Road Racing. Bagi yang belum tahu, Long Road Racing sendiri adalah manufaktur yang sama yang membuat Mazda MX-5 Cup.

SAMPAIKAN KOMENTAR