Mau Jumpstart Mobil Gak Boleh Sembarangan, Ada Caranya Bro!
14
Mar
0 Comment Share Likes 139 View

Pria Intersport para pengguna mobil pastinya pernah mendengar kata jumpstart pada mobil. Jumpstart atau yang juga sering disebut menjumper ini merupakan cara untuk membantu menyalakan mobil yang sedang mogok. Biasanya cara ini menjadi cara yang jitu untuk membantu menyalakan mobil yang mogok. Mobil yang mogok ini biasanya dikarenakan karena aki yang sudah mulai melemah.

Tapi, sebenarnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menjumper mobil. Jumpstart pada mobil nggak boleh dilakukan secara sembarangan, ada beberapa hal yang wajib banget lo perhatiin, bro. Hal pertama yang bisa lo lakuin sebelum melakukan jumpstart pada mobil yaitu memarkirkan kedua kendaraan dalam jarak aman dengan posisi transmisi parkir dan rem tangan. Kemudian periksa voltase kedua aki, pastikan spesifikasinya sama, serta lihat kondisi aki.

Jangan asal melakukan jumpstart. Bisa saja mobil yang mogok memiliki spesifikasi aki yang lebih besar dibanding mobil lo. Kalau mobil yang mogok spesifikasi akinya lebih besar, sudah dipastikan mobil yang akan melakukan jumpstart akan kesulitan. Nggak percaya? Coba saja sendiri.

Apabila aki dalam kondisi kurang baik seperti adanya retak atau pecah, jangan lakukan jumpstart karena berisiko meledakkan aki. Langkah selanjutnya adalah melepaskan perangkat elektronik yang terhubung ke mobil, seperti charger telepon genggam. Tindakan itu diperlukan untuk menghindari perangkat konslet. Tak lupa, matikan pula fitur elektronik seperti pendingin kabin dan lampu depan agar tak membebani aki.

Yang terakhir adalah jangan lupa memasang kabel di tempat yang sudah seharusnya. Banyak ditemukan kasus aki mengalami kerusakan yang disebabkan salahnya memasang kabel jumpstart. Samakan kabel (+) positif dengan (+) positif juga. Jangan sampai kabel positif (+) dipasangkan pada bagian kabel (-) negative. Jika hal ini dilakukan, sudah pasti kedua aki mobil yang sedang melakukan jumpstart ini akan rusak seketika.

 

 

SAMPAIKAN KOMENTAR