Mau Beli Kamera On Board? Ini Pilihannya

Mau Beli Kamera On Board? Ini Pilihannya

01Apr
INTERSPORT.ID ON 01 April 2018
INTERSPORT.ID ON 01 Apr 2018

Saat ini, membuat video dari sudut pandang kendaraan sedang populer di kalangan pembuat video di internet. Untuk mendukung pembuatan video tersebut, para pembuat video ini memerlukan sebuah kamera yang dipasang pada kendaraan atau kerap disebut sebagai kamera on board. Bahkan untuk menfasilitasi pembuatan video dari sudut pandang kendaraan, tak jarang produsen kamera on board juga membuat mounting atau dudukan khusus untuk tiap kendaraan seperti mobil, motor, hingga sepeda.

Pada ajang balap, kamera on board juga dipasang di kendaraan untuk melihat sudut pandang dari mobil balap selama balapan berlangsung. Pada sejarahnya, kamera on board ini pertama kali digunakan untuk tayangan langsung pada ajang balap Formula 1 tahun 1985 pada saat Grand Prix di Jerman. Awalnya, kamera ini hanya dipasangkan pada mobil F1 selama percobaan mobil. Namun semakin lama, semakin banyak juga kamera yang dipasangkan. Pada tahun 1998, semua mobil Formula 1 dipasang lebih dari tiga kamera on board untuk tayangan di televisi.

Salah satu kamera on board yang populer di kalangan anak muda adalah kamera outdoor atau actioncam sejenis Go Pro karena penggunaannya yang mudah, banyak pilihan dudukan, dan juga mudah di dapat. Bahkan saat ini, merk kamera outdoor lain yang menyerupai Go Pro pun juga marak diperjualbelikan, yang tentu saja, memiliki harga jauh lebih murah dari pada Go Pro. Namun, ternyata, kamera on board bukan hanya Go Pro. Ini dia beberapa jenis kamera on board yang bisa menjadi alternatif pilihan untuk dipasang di kendaraan

  1. Go Pro Hero

Go Pro Hero memiliki banyak tipe lagi yang tentu saja memiliki aneka ragam fitur yang menyesuaikan dengan harga jualnya. Go Pro merupakan salah satu actioncam paling populer yang banyak diminati. Bentuknya yang compact dan aksesorinya yang banyak serta adanya wadah tahan air membuat kamera ini tak hanya cocok dipasang di mobil saja, tapi juga di semua kendaraan seperti sepeda maupun sepeda motor. Banyak juga yang menggunakan untuk kegiatan outdoor seperti snorkling.

 

  1. AIM SmartyCam

AIM SmartyCam saat ini memiliki dua tipe yaitu versi originalnya dan versi 2.1 yang merupakan versi barunya. Beberapa fitur ditanamkan pada kamera ini. Kamera ini bisa menampilkan aneka informasi pada tampilannya secara live atau langsung misalnya saja data dari GPS berupa peta jalan dan posisi kendaraan, serta data lain seperti RPM, akselerasi, suhu, tekanan, dan sebagainya. Selain itu, kamera ini juga memiliki display kecil untuk memperlihatkan apakah gambar yang diambil sudah tepat atau belum. Tak hanya itu, AIM SmartyCam mampu menghasilkan video dengan kualitas HD namun ukurannya diperkecil namun tetap mempertimbangkan keseimbangan antara kualitas video dan juga ukuran filenya.

 

  1. Contour HD 1080p

Kamera ini memiliki wujud yang compact yang tahan terhadap air serta memiliki resolusi gambar maksimal 1080p. Mountingnya pun beragam karena bisa digunakan sebagai kamera outdoor, bukan hanya kamera yang dipasangkan di kendaraan saja. Bentuknya yang kecil sangat cocok untuk dibawa berpergian ketika tidak memungkinkan membawa kamera profesional yang ukurannya besar. Namun sayangnya, kamera ini tidak dilengkapi dengan layar kecil sehingga tidak dapat dilihat bagaimana tampilan video yang direkam.

 

  1. Oregon ATC5K

Actioncam ini merupakan salah satu kamera yang pantas dimiliki karena tak hanya bisa merekam video, kamera ini juga bisa mengambil gambar. Kamera Oregon ATC5K dilengkapi juga dengan layar LCD sebesar 1.5” yang cukup untuk membantu saat pengambilan gambar. Selain itu, kamera ini juga mudah dipasang dimana saja dan tahan air hingga kedalaman 10 feet. Namun sayangnya, kamera ini terbilang cukup boros baterai karena baterainya hanya bisa bertahan selama 2 jam pemakaian saja.

Dari semua kamera on board tersebut, mana yang menjadi pilihan kalian?

Image source: http://news.bbc.co.uk

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN