Makin Ke Sini, Oli Mobil Jadi Makin Encer. Kenapa Gitu, Ya?
06
Oct
1 Comment Share Likes 14082 View

Untuk mendukung teknologi mesin mobil yang semakin berkembang, kualitas bahan bakar terus meningkat dengan nilai oktan yang semakin tinggi. Begitu pula dengan oli. Kalau oli zaman dulu terbilang cukup kental, makin ke sini tingkat kekentalan oli justru semakin berkurang sehingga lebih encer.

Tapi kenapa begitu, ya?

Usut punya usut, oli sekarang jadi makin encer karena emang mobil keluaran terbaru emang harus menggunakan oli yang lebih encer. Kalau mobil produksi tahun 90-an cocoknya pakai oli SAE 40 yang kental, mobil zaman sekarang harus pakai pelumas yang lebih encer, misalnya yang berjenis OW-1O. Dengan tuntutan mesin mobil modern yang harus irit bahan bakar dan ramah lingkungan, oli yang encer dianggap bisa melindungi mesin jenis ini lebih baik ketimbang yang kental.

Biar nggak salah pilih, lo bisa tau tingkat kekentalan oli lewat jenisnya. Umumnya tingkat kekentalan oli mesin selalu diikuti huruf W yang berarti “winter” atau musim dingin, yang artinya bisa digunakan sampai suhu 20 derajat Celcius. Misalnya SAE 5-W, SAE 10-W, SAE 20-W. Semakin kecil angka SAE, semakin encer pula olinya. Dengan oli yang encer, kemungkinan oli mengeras di suhu rendah pun semakin kecil.

SAMPAIKAN KOMENTAR