Lamborghini Miura, Supercar Pertama di Dunia yang Lahir 50 Tahun Lalu

Lamborghini Miura, Supercar Pertama di Dunia yang Lahir 50 Tahun Lalu

05Dec
INTERSPORT.ID ON 05 December 2017
INTERSPORT.ID ON 05 Dec 2017

Bagi lo yang doyan sama mobil performa tinggi tentunya udah enggak asing sama istilah “supercar”. Istilah tersebut dipakai untuk menandai performa mobil yang tergolong “super” karena bisa menghasilkan ratusan horsepower. Tapi, sebenernya mobil apa sih yang merupakan supercar pertama di dunia?

Jawabannya adalah Lamborghini Miura. Bukan cuma asal sebut, predikat tersebut pantas disematkan pada Miura karena mobil yang lahir 50 tahun yang lalu ini merupakan mobil produksi tercepat pada masanya mengalahkan model 350 GT dan 400 GT yang lebih dulu hadir dan dikenal sebagai mobil GT high-end.

Dengan mesin Lamborghini V12 3,9 liter yang mampu menghasilkan tenaga 345 hp (model P400) dan lekukan bodi eksotis hasil karya desainer Marcello Gandini yang kabarnya terinspirasi dari keindahan bentuk tubuh wanita, enggak heran kalau kehadiran Lamborghini Miura di Geneva Motor Show 1966 bikin geger para pecinta mobil cepat saat itu.

Enggak cuma di kalangan konsumen, hadirnya Lamborghini Miura juga bikin produsen otomotif lain saat itu terpacu untuk mengembangkan mobil yang memiliki mesin di tengah guna mendistribusikan berat secara lebih merata ke seluruh bagian mobil.

Gimana? Keren banget kan supercar Lamborghini Miura ini?

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN