Lakukan Hal Ini, Maka Mobil Putih Kalian Tidak Menguning
06
Nov
0 Comment Share Likes 19 View

Dalam beberapa tahun terakhir, mobil dengan warna putih semakin menjamur. Tak sedikit alasan memilih mobil dengan warna putih lantaran mampu memberikan kesan bersih dan elegan. Tapi sebenarnya merawar mobil dengan warna putih susah susah gampang. Mengapa begitu? Karena salah sedikit, selain akan terlihat kusam, warna mobil pun akan terlihat menguning.

Tapi untuk menjaga mobil dengan warna body putih dapat dilakukan dengan beberapa hal seperti

Mencuci mobil dengan air bersih

Untuk merawat bodi mobil agar tetap bersih dan terawat tentu saja harus rutin dicuci. Dalam mencuci mobil, pastikan air yang digunakan adalah air bersih. Setelah terkena air hujan pun, pastikan Anda mencucinya sampai bersih.

Pasalnya, air hujan mengandung banyak kandungan garam dan asam yang mampu merusak warna pada bodi mobil. Selain itu, pastikan juga untuk mengelap noda yang menempel karena noda tersebut dapat menyebabkan timbulnya jamur.

Jangan Mencuci Mobil di Bawah Sinar Matahari Langsung

Masyarakat pada umumnya kebanyakan justru lebih senang mencuci di bawah sinar matahari langsung dibandingkan pada tempat yang teduh. Dengan harapan mobil akan cepat kering karena terkena sinar matahari. Padahal tindakan ini justru salah kaprah.

Mencuci di bawah sinar matahari justru akan mempercepat merubah dan merusak warna mobil anda. Mengapa demikian? Saat anda mencuci mobil dengan menggunakan sabun atau pun sampo, pastinya akan megelapnya secara menyeluruh terlebih dahulu baru dibilas.

Rentang waktu tersebut mempunyai peluang besar dalam proses pengeringan bagian tertentu yang masih berbusa karena sabun atau pun sampo. Pengeringan sabun dan sampo yang belum terbilas akan menyumbang serta ikut andil merusak cat mobil anda.

Gunakan Sabun dan Sampo Khusus

Untuk urusan sabun dan sampo jangan menggunakan sembarangan ya. Jangan gunakan sabun mandi, sabun pencuci piring atau pun sampo buat rambut. Penggunaan yang tidak sesuai dengan fungsinya akan merusak cat mobil anda.

Saya sarankan untuk menggunakan sabun dan juga sampo khusus yang memang dibuat serta diperuntukkan untuk mencuci mobil. Dengan begitu cat mobil anda akan terjaga kebersihannya dan warna bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Membilas Harus dari Atas ke Bawah

Hal sepele yang masih sering dilakukan oleh banyak orang adalah pembilasan yang dilakukan terbalik, dari bawah ke atas. Padahal, hal tersebut hanya akan membuat kotoran tersebar dan harus bekerja dua kali.

Pembilasan wajib dilakukan dari atas ke bawah agar kotoran bisa langsung turun dan tidak menyebar. Dengan begitu, pencucian mobil bisa lebih efektif.

Pastikan jangan Ada Sisa Sabun

Hal lain yang wajib dilakukan saat mencuci mobil adalah mengeringkan bodi mobil setelah dibilas. Pengeringan ini harus dilakukan secara hati-hati agar benar-benar bebas dari busa sabun dan air yang menempel di mobil.

Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, air dan sisa sabun yang menempel akan menyebabkan noda membandel di bodi mobil.

Lakukan Pemolesan 6 Bulan Sekali

Mencuci mobil sebenarnya tak cukup untuk mempertahankan warna mobil putih tetap bersih dan berkilau. Anda harus rutin melakukan pemolesan sehingga mobil mampu berkilau seperti baru.

Pemolesan juga akan menghilangkan jamur yang menempel, yang mana mampu mencegah cat mengelupas. Namun, jangan terlalu sering melakukan pemolesan karena warna cat bisa memudar. Pemolesan yang optimal adalah 6 bulan sekali untuk menjaga agar lapisan cat tetap bagus.

Selamat mencoba

SAMPAIKAN KOMENTAR