Kopling Macet di Tengah Jalan, Jangan Panik!
09
Nov
0 Comment Share Likes 15 View

Di tengah kemacetan, terutama saat jalanan menanjak, kerusakan pada kopling sering kali terjadi, bro. Saat kopling mobil tiba-tiba los di tengah jalan dalam kondisi macet seperti ini, kebanyakan orang akan mengalami kepanikan. Namun sebenarnya, yang harus Pria Intersport lakukan pertama kali dalam keadaan seperti ini adalah tetap tenang dan jangan panik.

 

Jangan panik, nyalakan lampu hazard loe, dan turun dari mobil. Jangan terlalu perdulikan suara klakson dari orang-orang yang tidak bisa bersabar. Minta maaflah dan berikan senyuman. Setelah itu, jika bisa posisikan mobil Pria Intersport ke bahu atau tepi jalan. Minta bantuan pada mekanik untuk membawa part ke lokasi atau bisa juga meminta bantuan mobil derek.

Penyebab kerusakan pada kopling ini bisa bermacam-macam, bro. Jika pada kopling hidrolis, bisa saja kerusakan terjadi karena kebocoran pada beberapa komponennya. Sehingga, tekanan pada garpu penyanggah kopling (shift fork) tidak mencapai tekanan yang maksimal. Efek dari kerusakan ini, mobil tidak akan bisa masuk gigi alias pindah persneling. Bisa juga muncul bunyi yang cukup keras saat pindah gigi.

 

Kemungkinan yang lain, release cylinder clutch dan master cylinder clutch bocor, atau aus pada bagian seal-nya. Bisa jadi, kurangnya minyak kopling pada komponen tersebut. Efeknya tidak bisa masuk gigi. Bisa juga bikin kopling selip, atau tidak ada tekanan pada kopling, sehingga transmisi tidak bisa masuk gigi sebagaimana mestinya.

 

Rusaknya master kopling dan minyak kopling yang habis juga bisa jadi salah satu penyebab kopling macet. Jika darurat, Pria Intersport bisa menggunakan cairan rem sebagai pengganti minyak kopling. Tapi sesampainya di bengkel, harus segera dikuras dan diganti dengan minyak kopling.

Jika tidak ingin mengalami masalah yang sama untuk kedua kali, jangan lupa untuk memeriksa dan mengecek minyak kopling secara berkala, terutama sebelum Pria Intersport melakukan perjalanan jauh.

SAMPAIKAN KOMENTAR