Komunitas-Komunitas Diecast Di Indonesia, Biar Nggak Asyik Sendirian
08
Jun
0 Comment Share Likes 351 View

Mas Bro hobi mengoleksi miniatur-miniatur mobil alias diecast? Tak dapat dipungkiri kalau diecast memang memiliki daya tarik tersendiri, apalagi bagi para pecinta mobil. Tapi kalau diecast-nya disimpan sendiri saja, pasti bosan. Apalagi kalau orang terdekat kita tidak punya hobi yang serupa. Nah, supaya Mas Bro nggak asyik sendiri dengan diecast-diecast kesayangan, boleh banget nih, coba bergabung dengan komunitas-komunitas diecast yang ada di Indonesia berikut ini.

  1. BANDUNG DIECAST COMMUNITY (BDC)

Tren koleksi diecast mulai marak di kota Bandung sekitar tahun 2000-an. Di sekitar tahun tersebut penggemar dan pengoleksi diecast mulai bermunculan. Dari sekian banyak penggemar dan pengoleksi diecast tersebut, beberapa di antaranya ternyata memiliki inisiatif untuk membuat sebuah komunitas sebagai wadah berkumpulnya para pecinta miniatur mobil untuk saling bertukar informasi mengenai koleksi diecast mereka. Salah satunya adalah Bandung Diecast Community.

Bandung Diecast Community ini pertama kali berdiri pada tahun 2002. Awalnya, komunitas ini hampir tidak bisa disebut komunitas, karena pada awal didirikannya, komunitas ini hanya memiliki jumlah anggota sebanyak 10 orang saja. Namun, seiring meningkatnya penggemar dan pengoleksi di kota kembang tersebut, anggota komunitas ini juga semakin banyak jumlahnya. Komunitas ini juga mulai meraih popularitas dan berhasil merekrut lebih banyak lagi anggota sejak mereka mengikuti salah satu pameran diecast yang diadakan di tahun 2006 lalu. Anggota yang bergabung ternyata bukan hanya yang berasal dari Bandung. Ada beberapa anggota yang tercatat berasal dari luar kota Bandung. Kendati anggota resmi yang tercatat tergabung dalam Bandung Diecast Community bisa dibilang belum terlalu banyak, tetapi keanggotaan yang tercatat di media sosial Facebook mereka sendiri mencapai hingga ribuan orang.

Bagi para anggota Bandung Diecast Community, mengoleksi diecast bukan sekadar hobi belaka. Hobi mereka tersebut juga bisa disebut sebagai salah satu bentuk investasi bagi mereka, karena beberapa diecast memang diketahui berharga hingga jutaan rupiah.

 

  1. DIECAST TOYS MALANG (DTM)

Bagi Mas Bro yang suka mengoleksi diecast, tinggal di kota Malang, dan sedang mencari komunitas diecast, ada salah satu komunitas yang bisa menjadi pertimbangan, yaitu Diecast Toys Malang. Yang membedakan Diecast Toys Malang dari komunitas serupa lainnya adalah mereka tidak hanya mengoleksi diecast mobil, tetapi juga motor, sepeda, dan kendaraan berat seperti tank, kendaraan tambang, dan lain sebagainya.

Diecast Toys Malang dibentuk karena banyaknya penggemar diecast toys di kota Malang. Komunitas ini menampung beragam kegiatan penyuka replika kendaraan. Komunitas ini berdiri pada tanggal 10 November 2010 yang lalu. Saat ini komunitas pecinta diecast tersebut diketuai oleh Tommy Sanjaya.

 

Sama seperti kebanyakan komunitas, pada awalnya Diecast Toys Malang ini juga memiliki anggota yang tidak terlalu banyak. Tetapi seiring berjalannya waktu, mereka semakin dikenal dan akhirnya memiliki banyk anggota. Sekarang, di media sosial Facebook mereka tercatat sekitar dua ribu anggota telah bergabung, dan anggota yang aktif berkegiatan ada sekitar 50 orang. Biasanya saat mengadakan gathering, mereka akan saling memamerkan koleksi diecast mereka. Gathering ini diadakan secara rutin, setiap dua minggu sekali dan biasanya diadakan di hari Jumat. Uniknya, setiap kali kegiatan tersebut diadakan, ada tema diecast tertentu yang harus dibawa oleh para anggotanya. Diecast-diecast tersebut nantinya akan dilombakan dan pemenangnya akan mendapatkan doorprize.

 

  1. FERRARI DIECAST OWNER’S CLUB INDONESIA (FDOCI)

Bagi para pecinta mobil Ferrari, baik mobil aslinya maupun diecast-nya, komunitas ini bisa menjadi salah satu pilihan. Mobil sport asal Italia tersebut memang banyak memiliki penggemar, termasuk di Indonesia. Makanya, untuk mengagumi mobil Ferrari dengan cara mengoleksi diecast-nya, dibentuklah komunitas Ferrari Diecast Owner’s Club Indonesia.

Klub ini pertama kali terbentuk di tahun 2012 dan didirikan oleh Dravy Pritama yang ketika itu sudah mengoleksi diecast Ferrari, namun kesulitan untuk mencari wadah dimana ia bisa berbagi informasi mengenai hobinya tersebut. Ia dan adiknya, Affan Aswad, yang juga penggemar diecast Ferrari akhirnya mulai mencari kolektor-kolektor diecast Ferrari lainnya melalui media sosial Facebook. Awalnya, hal ini dilakukan hanya untuk saling bertukar informasi mengenai diecast Ferrari, tetapi lama kelamaan peminatnya semakin banyak dan akhirnya dibentuklah sebuah komunitas.

Sebagai komunitas yang menampung para kolektor diecast Ferrari, tidak heran kalau komunitas ini memiliki koleksi diecast yang mengagumkan. Beragam merek diecast dengan model Ferrari ada di sini. Mulai dari merek yang sangat umum, seperti Hot Wheels, Matchbox dan Bburago, hinggak ke mobil-mobilan resin keluaran Amalgam yang dibanderol dengan harga puluhan juta rupiah juga ada!

Kendati demikian, komunitas tersebut tidak pernah mempermasalahkan soal harga, skala, atau merek dari sebuah diecast. Asalkan memiliki kegemaran dengan diecast bermodel Ferrari, kita pasti akan suka bergabung di dalam komunitas ini. Sekarang, FDOCI ini sudah berhasil merekrut sekitar 2000-an orang yang berasal dari seluruh penjuru Indonesia, bahkan ada beberapa member yang berasal dari luar negeri, seperti Amerika Serikat dan Brazil.

 

  1. GADING MODELCAR COMMUNITY

Seperti komunitas-komunitas lainnya, Gading Modelcar Community ini adalah salah satu komunitas diecast yang terbentuk karena kesamaan para anggotanya dalam hal mengoleksi diecast, dan kesamaan domisili, yaitu di Kelapa Gading. Banyaknya jumlah penggemar diecast di kawasan Kelapa Gading ini mendorong Benny Haunafi dan beberapa pengoleksi diecast lainnya akhirnya berinisiatif untuk membentuk Gading Modelcar Community.

Gading Modelcar Community ini adalah komunitas khusus penggemar diecast yang berdomisili di daerah Kelapa Gading. Komunitas ini juga dikhususkan hanya bagi diecast mobil saja. Didirikan pada bulan November tahun 2015 yang lalu, saat ini ada sekitar 10 orang pehobi yang sudah bergabung sebagai anggota dan biasanya mereka mengadakan pertemuan hampir setiap akhir pekan. Waktu dan lokasinya juga ditentukan berdasarkan kesepakatan. Biasanya mereka saling berkunjung ke rumah para anggota secara bergiliran. Kegiatan ini diklaim dilakukan sebagai ajang bertukar informasi dan ajang silaturahmi sesama anggota.

Umumnya, anggota komunitas ini akan memburu diecast modelcar dengan merek Autoart. Merek ini dianggap sebagai merek diecast yang bentuknya paling mirip dengan aslinya.

 

  1. TOYS AND MODEL COLLECTOR INDONESIA (TOMOCI)

Satu lagi komunitas diecast yang bisa menjadi pilihan untuk para pecinta diecast di Indonesia, yakni Toys and Model Collector Indonesia, atau lebih dikenal dengan nama TOMOCI. Hebatnya, TOMOCI ini adalah komunitas yang dikenal sebagai tempat berkumpulnya para pecinta mobil-mobil diecast yang sudah berdiri sejak tahun 2000, dan saat ini diketuai oleh Kemas Julius Michwan. Menariknya lagi, komunitas ini sangat terbuka untuk umum. Bagi yang ingin melihat bagaimana kegiatan di komunitas ini, mereka memperbolehkan siapapun untuk datang ke acara yang mereka gelar tanpa harus menjadi anggotanya terlebih dahulu.

TOMOCI punya acara rutin yang disebut dengan Swap Meet. Di acara ini biasanya akan ada kegiatan jual beli atau saling tukar diecast yang diadakan oleh para anggota TOMOCI. Biasanya pada kegiatan ini juga akan ada kegiatan balap diecast yang digelar menggunakan trek lurus panjang berbahan alumunium. TOMOCI juga menyediakan beragam hadiah bagi para pemenang. Karena sudah memiliki berbagai chapter, jadi kita bisa memilih untuk mengikuti kegiatan di chapter Jakarta ataupun Tangerang. Selain bisa jual beli dan barter diecast, kegiatan ini juga dimanfaatkan para pecinta diecast sebagai ajang bertukar informasi, terlebih jika kita masih baru menjadi kolektor diecast.

 

Sampai saat ini, memang masih banyak orang yang hanya menganggap diecast ini sebagai mainan untuk anak-anak yang bisa dikoleksi. Dan adanya komunitas-komunitas diecast di Indonesia ini ternyata membantu mengenalkan dan menyebarluaskan informasi mengenai diecast, serta menjadi wadah bagi para pecinta diecast untuk menyalurkan hobi mereka. Bagaimana, Bro? Tertarik untuk gabung juga?

 

 

SAMPAIKAN KOMENTAR