Komponen Mobil Satu Ini Rawan Banget Rusak Kalau Lo Nekat Nerobos Banjir

Komponen Mobil Satu Ini Rawan Banget Rusak Kalau Lo Nekat Nerobos Banjir

23Nov
INTERSPORT.ID ON 23 November 2017
INTERSPORT.ID ON 23 Nov 2017

Selain kemacetan yang makin hari makin menggila, banjir juga jadi masalah klasik yang selalu terjadi di Jakarta pas musim hujan. Bukan cuma di perumahan, genangan air bahkan enggak jarang nutupin ruas-ruas jalan protokol yang mau enggak mau harus kita terobos.

Tapi, pastinya lo udah tau kalau nerobos genangan bajir itu berisiko tinggi ngerusak komponen di mobil lo. Apalagi kalau genangan yang lo terobos terbilang dalam, bisa-bisa mobil lo terancam turun mesin enggak peduli walaupun kilometernya masih rendah.

Nah, salah satu komponen mobil yang rawan banget rusak gara-gara nerobos banjir adalah Electronic Control Unit (ECU) yang berfungsi mencampurkan bahan bakar dengan udara di masing-masing ruang pembakaran atau silinder. Risiko rusaknya pun semakin tinggi kalau genangan air yang lo terobos dalamnya lebih dari 20 cm. Seperti perangkat elektronik pada umumnya, ECU bisa korslet kalau terkena cipratan air.

Kalau ECU udah rusak, mesin mobil ngadat sampai ngambek enggak mau nyala kalau kondisinya udah parah. Tentunya hal ini bakal bikin repot, apalagi kalau terjadi di tengah jalan.

Makanya biar kondisi di atas enggak menimpa lo, jangan nekat deh nerobos banjir, apalagi yang genangannya tinggi. Mending coba cari jalan alternatif lain daripada kantong jadi kering gara-gara ECU yang basah.

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN