Koil Mobil Mulai Rusak? Coba Cek Beberapa Gejalanya Dulu
07
Nov
0 Comment Share Likes 15 View

Koil merupakan salah satu komponen penting yang berkaitan dengan system pengapian pada mobil. Tanpa adanya koil, mobil tidak akan bisa menyala dan system kelistrikan tidak akan berjalan dengan baik. Maka dari itu, koil memegang peranan penting dalam menjaga kelistrikan.

Karena koil merupakan bagian yang penting, maka dari itu ia juga harus mendapatkan perawatan secara berkala. Walaupun tidak dirawat, setidaknya lo harus selalu mengecek kondisi koil agar dalam performa terbaik. Kalau koil rusak, otomatis system pengapian yang ada pada mobil juga tidak akan stabil dan berfungsi dengan baik.

Terus? Gimana sih caranya biar kita bisa tau koil mobil itu sudah jelek kondisinya? Gampang, ada beberapa hal yang bisa lo jadiin patokan buat ngeliat kondisi bagus apa enggaknya koil mobil. Yang pertama adalah tenaga mobil akan jauh berkurang, dan mesin akan terasa mbrebet atau seperti mau mati.

Kenapa bisa begitu? Ya soalnya koil yang ada di mobil lo udah nggak bagus kondisinya. Gejala lain yang bisa lo liat itu adalah ketika mau nyalain mesin mobil di pagi hari rasanya susah bangeeeeet. Nah, kalo udah ngerasain hal ini mendingan lo buru-buru ngecek koil di bengkel deh. Nggak Cuma itu aja, koil yang udah mau rusak juga bakal ngebuat bahan bakar mobil jadi jauh lebih boros dibanding biasanya.

Daripada lo ngerasain hal yang nggak-nggak dari rusaknya koil, lebih baik dibawa aja ke bengkel deh mobilnya. Lebih baik mencegah daripada mengobati, pribahasa ini cocok banget buat dipakai sama lo.

SAMPAIKAN KOMENTAR