Kenapa Sih Mobil Listrik Cuma Punya Transmisi dengan Satu Percepatan?

Kenapa Sih Mobil Listrik Cuma Punya Transmisi dengan Satu Percepatan?

09Sep
INTERSPORT.ID ON 09 September 2017
INTERSPORT.ID ON 09 Sep 2017

Selain tentunya nggak memerlukan bahan bakar, ada hal lain yang membedakan mobil listrik dengan mobil konvensional, yaitu sistem transmisinya. Kalau mobil konvensional punya gearbox dengan beberapa kecepatan dan rasio, hampir semua mobil listrik punya sistem transmisi satu percepatan aja. Kenapa begitu, ya?

Dilansir dari Road and Track, mesin mobil listrik bisa menghasilkan torsi maksimum pada 0 RPM. Beda sama mobil konvensional, mesin mobil listrik nggak memerlukan sistem untuk melepaskannya dari drivetrain supaya bisa diam saat kendaraan berhenti.

Selain itu, mesin mobil listrik juga punya kisaran RPM yang jauh lebih besar daripada mesin mobil konvensional. Nah, mesin mobil listrik menghasilkan tenaga terbaiknya dengan kisaran RPM yang besar ini. Jadi daripada mengaplikasikan transmisi dengan beberapa percepatan, akhirnya banyak desainer mobil listrik memilih satu rasio yang cocok untuk berakselerasi dan mencapai kecepatan maksimal. Dengan rata-rata mobil listrik mampu menghasilkan 20.000 RPM, mencapai kecepatan maksimal harusnya bukanlah hal yang sulit dilakukan.

Gimana, sekarang lo udah paham kan kenapa mobil listrik cuma punya satu percepatan di transmisinya?

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN