Kenalan Sama Kei Miura, Sosok Jenius di Balik Rocket Bunny
25
May
1 Comment Share Likes 232 View

Bagi Pria Intersport yang suka modifikasi mobil, pasti tidak asing lagi dengan istilah ‘Rocket Bunny’. Istilah ini merupakan sebutan dari salah satu gaya modifikasi aero kit (body-kit) yang populer di dunia. Biasanya, gaya modifikasi ini menonjolkan karakter mobil yang lowered, wide body, overfender dan ducktail yang membuat mobil tampak lebih lebar dan agresif.

Rocket Bunny adalah produk body-kit yang diciptakan dan pertama kali diperkenalkan oleh TRA Kyoto di Jepang. Nah, lalu apa yang membuat Rocket Bunny begitu mendunia? Yuk, kita simak dulu asal muasalnya gaya Rocket Bunny ini.

 

Sejarah TRA Kyoto

Jika bicara soal Rocket Bunny, belum sah rasanya jika tidak membicarakan soal penciptanya, Kei Miura. Kei Miura adalah seorang modifikator berusia 47 tahun, sekaligus founder TRA Kyoto. Mulai tahun 80an, culture otomotif di Jepang berkembang dengan pesat. Hal ini dipengaruhi oleh kejuaraan atau kompetisi balapan yang sebelumnya sudah ramai di Amerika dan Eropa sehingga jalanan di Jepang, bahkan hingga ke pesisir pantai kemudian menjadi sangat ramai dengan street racing. Saking banyaknya street racing saat itu, bahkan Kei Miura berkata bahwa kantor polisi di daerahnya sering penuh dengan mobil sitaan, bahkan hingga tidak cukup untuk menampung mobil-mobil sitaan tersebut.

Kecintaan Kei Miura terhadap otomotif menuntunnya pada geng otomotif Jepang yang saat itu popular disebut dengan nama Bosozoku. Kei Miura kala itu membuat sebuah tim otomotif bernama Team 6666. Kemudian, ia juga aktif dalam balapan liar kanjozoku yang sering diadakan di Osaka highway, tepatnya di Kanjo Loop (Kanjo Racing). Kegemarannya pada otomotif dan balapan selaras dengan maraknya modifikasi atau tuning yang sangat popular pada masa itu. Sekitar tahun 1995, Miura memutuskan untuk mendirikan TRA Kyoto yang merupakan kependekan dari Tops Racing Art Kyoto. Disinilah ia meramu ide-ide cemerlangnya, dan melahirkan gaya Rocket Bunny, yang kemudian menjadi salah satu produk body-kit yang terkenal di dunia internasional.

 

Kei Miura, Modifikator Eksentrik, namun Jenius

Kei Miura seringkali tampil dengan gaya yang eksentrik. Hingga kini, ia sering terlihat mengenakan gaya geng otomotif Jepang tahun 80-90-an. Ia juga dikenal sebagai pribadi yang ramah dan terbuka. Meski sudah mencicipi kesuksesan di dunia otomotif internasional, ia tetap adalah seorang modifikator yang low-profile dan hangat kepada setiap pengunjung workshopnya. Salah satu faktor yang menjadi kunci kesuksesan Kei Miura adalah kejeniusannya dalam melakukan modifikasi body-kit. Ide desainnya yang tidak biasa, yaitu mengkombinasikan modifikasi klasik jepang dengan sentuhan body-kit yang tampak garang, menjadikannya salah satu pelopor gaya modifikasi overfender di Jepang. Body-kit Rocket Bunny ciptaannya  untuk Toyota GT-86 merupakan salah satu gebrakan yang berhasil menjadi perhatian dunia otomotif internasional. Sejak saat itulah nama Rocket Bunny menjadi ikon wide body-kit yang sangat populer.

Tidak hanya mengandalkan ide dan konsep saja, nama Kei Miura juga melejit karena teknik pembuatan body-kitnya yang tidak bisa dianggap remeh. Semua body-kit keluaran Rocket Bunny didesain dengan sistem CAD komputer yang canggih. Miura juga mengaplikasikan perangkat lunak 3D modelling bernama Rhino 3D dalam proses penciptaan karya-karyanya. Ia juga seringkali menggunakan teknologi laser scan untuk mengidentifikasi model mobil yang akan ia garap, berbeda dengan bengkel body-kit lainnya yang pada umumnya menggunakan tanah liat. Dengan teknologi yang mutakhir ini, semua produk Rocket Bunny dapat dijamin kualitasnya.

 

Tops Racing Art Kyoto 

Tops Racing Art Kyoto atau yang lebih sering disebut TRA Kyoto adalah workshop milik Kei Miura yang terletak di daerah pesisi luar Kyoto, tepatnya sekitar 3,5 Km dari Stasion Okobu. Walaupun popularitasnya melesat berkat melejitnya Rocket Bunny di kancah internasional, ternyata TRA Kyoto tidak banyak berubah dari awal didirikan, bahkan masih tidak memiliki plang nama.

Jika dilihat dari luar, workshop ini terlihat seperti bengkel biasa atau bahkan gudang. Ukuran workshopnya sendiri juga tidak terlalu besar, lebih mirip ruangan untuk tempat tinggal pribadi. Ruangan yang berada di belakanglah yang merupakan workshop sebenarnya yang menyimpan peralatan-peralatan canggih untuk memproduksi body-kit.

TRA Kyoto bisa dibilang sebagai salah satu modifikator gaya overfender Jepang yang paling populer, bahkan mengalahkan popularitas Liberty Walk dan RWB. Bahkan, Liberty Walk sendiri pun merupakan salah satu pelanggan Kei Miura. Beberapa bagian desain dari Liberty Walk juga ternyata didesain dan dibuat oleh TRA Kyoto. Selain itu, ada sekitar 20 perusahaan di Jepang yang juga menggunakan jasa TRA Kyoto sebagai modifikator professional pilihan mereka.

Jika mobil modifikasi dari Liberty Walk cenderung lebih fokus pada mobil sport premium atau supercar, TRA Kyoto mendesain produk untuk berbagai jenis mobil. Mulai dari mobil retro klasik, sport 90an, hingga mobil-mobil baru yang sering kita jumpai belakangan ini. Hal inilah yang juga menjadi salah satu faktor kenapa produk-produk Rocket Bunny sangat digemari, hingga akhirnya menggemparkan dunia modifikasi otomotif dunia.

 

Produk Dari TRA Kyoto

Tidak hanya Rocket Bunny yang mendunia, TRA Kyoto juga ternyata memiliki beberapa produk atau project lainnya yang tak kalah keren, salah satunya adalah Pandem.

Pandem adalah produk yang memiliki beberapa perbedaan dengan Rocket Bunny, meskipun keduanya sama-sama diproduksi di TRA Kyoto. Misalnya pada R35 Pandem kit dengan R35 Rocket Bunny kit, perbedaannya terletak di frontsplitter. Frontsplitter milik Pandem kit terlihat sedikit lebih lebar jika dibandingkan dengan milik Rocket Bunny.

Selain Rocket Bunny dan Pandem, TRA Kyoto juga memiliki beberapa produk unggulan lainnya seperti 6666 wheels X Enkei, Bunny Cafe, dan 6666 Customs (Four-Six Customs).

Nah, demikian ulasan mengenai Kei Miura dan produk andalan dari TRA Kyoto, Rocket Bunny. Ternyata, bro, sampai saat ini, Kei Miura masih dianggap sebagai salah satu influencer dalam culture mobil dunia, loh. Modifikasi klasik Jepang yang dibawakannya selalu membawa kita pada era dimana kultur otomotif baru dilahirkan di Jepang. Nah, kalau Mas Bro sendiri bagaimana? Tertarik untuk modifikasi mobil dengan gaya khas Rocket Bunny?

 

SAMPAIKAN KOMENTAR