Kebiasaan Salah Pakai Kopling yang Banyak Dilakuin Orang. Lo Suka Ngelakuin Juga Nggak?

Kebiasaan Salah Pakai Kopling yang Banyak Dilakuin Orang. Lo Suka Ngelakuin Juga Nggak?

13Aug
INTERSPORT.ID ON 13 August 2017
INTERSPORT.ID ON 13 Aug 2017

Selain jarang dirawat secara rutin, kebiasaan salah pas berkendara juga berpengaruh pada usia komponen mobil lo, termasuk kopling. Nah, berikut adalah beberapa kesalahan menggunakan kopling yang perlu lo hindari biar kopling lo nggak cepat rusak.

  1. Meletakkan Kaki Pada Pedal Kopling Selama Perjalanan

Entah biar lebih cepat pas harus nginjak kopling atau alasan lain, kebiasaan meletakkan kaki pada pedal kopling ini nggak disarankan karena bisa bikin release bearing dan pelat kopling jadi cepat aus.

  1. Menginjak & Melepaskan Kopling dengan Kasar

Kasar pakai kopling bisa bikin sentuhan pelat kopling terhadap fly wheel terasa lebih keras sehingga mempercepat keausan pada sistem kopling terutama pada bagian torsion damper.

  1. Tahan Kopling Setengah di Tanjakan

Biar mobil nggak mundur, banyak orang yang nahan kopling setengah pas lagi di tanjakan. Padahal, kebiasaan ini bisa berakibat rusaknya sistem dan pelat kopling. Selain itu, tahan kopling setengah juga bisa bikin kanvas kopling, clutch cover, dan permukaan fly wheel cepat aus.

Itu dia tiga kebiasaan pakai kopling yang sebaiknya lo hindari. Kalau ada kebiasaan di atas yang suka lo lakuin, mending stop dari sekarang biar kopling lo tetap awet dan nggak banyak “jajan”.

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN