Jenis-Jenis Ban Terbaik Untuk Mobil Kesayangan Kita
03
Jul
2019
0 Comment Share Likes 325 View

Jika bicara soal ban, komponen mobil yang satu ini memang bisa dibilang sebagai satu di antara beberapa komponen yang paling penting pada semua kendaraan. Ya jelas saja, mobil tidak akan bisa berjalan kalau tidak ada bannya, kan? Selain itu, ban sebenarnya juga memiliki sejumlah fungsi yang dapat menjadi sangat berpengaruh terhadap performa suatu kendaraan. Kemudian, ban juga memiliki pengaruh terhadap fungsi pengereman yang kaitannya sangat erat dengan kenyamanan dan keamanan pengemudi dan penumpang yang berada di dalam kabin mobil. Fungsi dasar mobil sebenarnya bisa dikerucutkan menjadi tiga, yaitu sebagai peredam guncangan atau getaran dari permukaan jalan yang bergelombang atau tidak rata, memperbaiki fungsi steer dan kontrol kendaran, serta sebagai penopang seluruh beban kendaraan. Dari beberapa fungsi itu saja kita sudah dapat menyimpulkan bahwa ban mobil termasuk komponen vital yang harus selalu diperhatikan keadaannya.

Saat kita mengecek keadaan ban kita, dan kita mendapati ban kita sudah terlihat aus dan tidak layak dipakai, sebaiknya kita segera mengganti ban tersebut. Tapi, Bro, memilih ban mobil untuk mobil kesayangan kita ini tidak boleh asal-asalan. Kita harus tahu betul mana ban yang cocok dengan kendaraan kita dan memiliki kualitas yang baik agar performa kendaraan kita tetap maksimal. Kalau kita asal memilih ban mobil dan ternyata memilih kualitas yang tidak baik, maka hal ini akan menimbulkan resiko yang dapat membahayakan diri kita dan penumpang ketika berkendara. Karena itu, para Pria Intersport harus tahu banget, nih, beberapa merk atau jenis ban mobil terbaik yang bisa menjadi pilihan untuk ban mobil kesayangan kita. Langsung disimak, Bro!

  1. Ban Mobil Bridgestone

Di urutan pertama ada salah satu jenis ban mobil dengan merek Bridgestone. Siapa yang tidak kenal dengan produsen ban yang satu ini? Produsen ban Bridgestone ini memang termasuk salah satu produsen ban yang terbesar di dunia dan juga menjadi yang sangat terkenal karena kualitas produknya yang sudah tidak perlu diragukan lagi. Selain kualitas, jenis-jenis produk yang ditawarkan oleh produsen ban ini memang sangat beragam dan tersedia dalam berbagai macam tipe, sehingga memudahkan konsumen untuk memilih ban yang sesuai dengan mobil kesayangan mereka. Dalam membuat produknya, Bridgestone juga dikenal sangat menjaga kualitasnya dan memiliki standar internasional untuk produk-produknya.

Salah satu Produk andalan Bridgestone adalah Bridgestone Turanza AR-20 yang disebut sebagai salah satu ban mobil terbaik dari Bridgestone karena kualitas dan performa yang sudah diakui oleh dunia. Saking tingginya kualitas ban mobil ini, sampai-sampai ban mobil ini dijadikan sebagai standar produksi ban mobil Bridgestone dalam menciptakan ban tipe Touring Berperforma.

 

  1. Ban Mobil Dunlop

Sekarang kita beralih ke Dunlop. Tidak terlalu berbeda dengan Bridgestone, Dunlop juga merupakan salah satu produsen ban mobil yang dinilai sebagai yang terbaik di kelasnya. Kualitas ban mobil pabrikan Dunlop juga sudah sangat dipercaya. Kalau bicara soal produknya, band mobil produksi Dunlop memang memiliki ciri khas pada compound-nya yang cukup soft, sehingga sebagian besar produknya memiliki daya redam yang cukup sempurna. Peredaman yang dihasilkan oleh produk-produk keluaran Dunlop ini akan sangat berpengaruh pada kenyamanan pengendara saat mengemudikan mobil.

Tidak hanya itu, compound yang soft itu juga cenderung memiliki daya cengkeram yang lebih baik dibandingkan dengan ban mobil lainnya, sehingga proses pengereman pun akan menjadi lebih baik. Sayangnya, hal ini berakibat pada ban yang lebih cepat terkikis dan menjadi aus.

 

  1. Ban Mobil GT Radial

GT Radial adalah salah satu produsen ban mobil yang produk ban keluarannya juga dikenal sebagai produk yang memiliki kualitas tinggi. Produsen ban ini juga memiliki markas yang cukup besar di Tanah Air yang memproduksi langsung ban-ban tersebut. Hal ini juga yang menjadi alasan ban-ban produkan GT Radial dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Selain diproduksi di Indonesia, ban-ban ini juga ternyata diproduksi dengan material yang semuanya berasal dari dalam negeri.

Tapi jangan skeptis dulu, Bro. Hanya karena dibuat di dalam negeri dan menggunakan material dari dalam negeri, bukan berarti kualitasnya rendah dan tidak bisa bersaing, lho. Buktinya, produsen ban mobil yang memiliki markas terbesar di Asia Tenggara ini memiliki produk unggulan yang diketahui selalu mendampingi mobil-mobil yang dikhususkan untuk berlaga di berbgai kompetisi, misalnya Touring Race, Slalom, dan bahkan Drifting. Ban mobil unggulan ini adalah GT Champiro SX2 yang kualitasnya tidak perlu dipertanyakan lagi. Ban ini bahkan dijadikan sebagai ban mobil andalan tim Indonesia dalam ajang kejuaraan balap nasional.

 

  1. Ban Mobil Yokohama

Selain ketiga jenis ban di atas, ban mobil yang tak kalah dalam hal kualitasnya adalah Yokohama. Ban mobil yang berasal dari negara yang sama dengan Bridgestone ini adalah salah satu ban mobil yang tidak perlu diperdebatkan lagi kualitasnya. Ban mobil ini bahkan dipercaya untuk menjadi sponsor pada beberapa seri kejuaraan Internasional bergengsi sekelas Formula 1, terutama untuk sirkuit Jepang.

Sama dengan produsen ban mobil lainnya, Yokohama juga memproduksi beberapa tipe ban mobil, mulai dari ban mobil sport, hingga mobil penumpang yang tentu saja diproduksi dengan standar kualitas yang tinggi. Sayang, karena ban mobil ini tidak diproduksi di Indonesia, makanya ban mobil ini dibanderol dengan harga yang relatif lebih mahal. Tetapi tentu saja harga tersebut sangat sebanding dengan kualitas yang akan kita dapatkan.

 

  1. Ban Mobil Falken

Satu lagi jenis ban yang tidak boleh ketinggalan, yaitu ban mobil keluaran produsen ban Falken. Bagi sebagian orang, ban mobil yang satu ini mungkin terdengar masih agak asing. Tetapi, jika bicara soal kualitas bannya, maka jenis ban yang satu ini memang layak untuk masuk ke dalam jajaran jenis ban mobil terbaik untuk mobil kesayangan kita.

Selain kualitas yang tinggi dan variasi produk yang beragam, ban mobil ini memiliki keunggulan pada desain struktur ban mobilnya. Produsen mobil yang berfokus pada pembuatan mobil khusus jalan raya ini hampir semua produk bannya memiliki desain struktur ban yang khusus agar dapat meningkatkan performa kendaraan ketika melintasi permukaan aspal di jalanan.

Nah, demikian ulasan mengenai jenis ban terbaik untuk mobil kita. Ban-ban tersebut di atas memang dikenal memiliki kulitas yang lebih baik dibandingkan dengan ban-ban lain yang sejenis. Tetapi soal pilihan memang kembali ke pribadi masing-masing. Apapun jenis bannya, yang penting kualitasnya bagus agar kita dapat berkendara dengan nyaman dan aman. Mas Bro punya pilihan ban yang lebih baik? Yuk, berbagi di kolom komentar!

 

SAMPAIKAN KOMENTAR