Jangan Tunggu Tipis, Ketahui Batas Kadaluarsa Ban Mobil Lo Biar Tetap Aman

Jangan Tunggu Tipis, Ketahui Batas Kadaluarsa Ban Mobil Lo Biar Tetap Aman

04May
INTERSPORT.ID ON 04 May 2017
INTERSPORT.ID ON 04 May 2017

Banyak orang yang cuma ngecek kondisi fisik ban buat tahu apakah ban tersebut masih layak pakai atau nggak. Kalau ban masih belum tipis, tandanya masih bisa dipakai nggak peduli berapa lama usianya. Padahal kayak makanan, ban mobil ternyata juga punya batas kadaluarsa. Kalau nekat pakai ban kadaluarsa, bisa-bisa keselamatan yang jadi taruhannya.

Terus, gimana caranya buat tahu kapan ban kadaluarsa? Tenang aja, hal ini nggak sulit kok buat dilakuin, bahkan oleh orang awam sekalipun. Selain merek dan ukuran, setiap ban pasti punya kode produksi sebanyak 5-8 digit di bagian samping. Dari angka tersebut, lo cukup lihat 4 angka terakhirnya aja.

Jadi misalnya kode produksinya “TBH1214”, artinya ban tersebut diproduksi di minggu ke 23 tahun 2014. Karena batas kadaluarsa ban itu 6 tahun setelah tanggal produksi, jadi kira-kira ban bakal kadaluarsa sekitar bulan Maret 2020.

Tapi walaupun belum kadaluarsa, bukan berarti ban lo pasti aman. Faktor lain yang harus lo perhatikan adalah udah berapa km ban dipakai, dan apakah permukaan ban udah melewati batas segitiga TWI apa belum. Ingat, batas aman penggunaan ban itu maksimal 40.000 km. Kalau lebih dari itu apalagi ban udah lewat batas TWI, itu tandanya ban mobil lo udah harus diganti.

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN