Jangan Salah Kaprah, Ini Bedanya Spoiler dan Wing Mobil
24
Dec
0 Comment Share Likes 212 View

Selain memberikane fungsi aerodinamis, body kit pada mobil juga mampu memberikan karakter sporty pada mobil. Komponen penunjang aerodinamika lainnya yang juga termasuk body kit adalah spoiler dan wing. Meskipun sama-sama dipasang di buritan mobil, kedua komponen tersebut ternyata memilki fungsi yang berbeda.

Biar nggak salah kaprah berikut ini penjelasan singkatnya.

Spoiler

Spoiler original, baik dari pabrikan maupun aftermarket, pada intinya berfungsi untuk meningkatkan kecepatan secara maksimal namun tetap proper atau layak untuk digunakan sebagai kendaraan sehari-hari. Spoiler original dan aftermarket pun sudah banyak beredar dengan harga dan model yang beragam tergantung jenis dan tipe kendaraannya.

Spoiler original biasanya dibuat dari bahan plastik polyurethane yang lentur dan ringan sehingga tahan lama. Lain halnya dengan produk aftermarket yang biasanya memakai bahan fiberglass.

Selain berfungsi membantu meningkatkan kecepatan, bagi city car, spoiler ternyata mampu menangkis kotoran di kaca belakang. Debu dan air hujan akan tersingkirkan oleh spoiler karena turbulensi udara di area tersebut.

Fungsi spoiler lainnya adalah mampu mereduksi gejala melayang saat berkendara pada city car yang cukup ringan. Dengan bobot di bawah satu ton, spoiler akan memberikan gaya tekan melalui aliran udara yang mengalir di atap mobil.

Tak cukup mengulas soal teknis, spoiler juga diakui mampu mempercantik penampilan. Saat ini, banyak juga mobil-mobil keluaran pabrikan membubuhkan stoplamp tambahan pada spoilernya. Spoiler supercar bahkan lebih dinamis sifatnya atau bisa bergerak otomatis tergantung kebutuhan.

Sebut saja mobil keluaran McLaren yang menggunakan spoiler bernama Airbrake untuk membantu pengereman. Cara kerjanya sama seperti yang ada di sayap pesawat terbang ketika mendarat. Sayap akan terbuka dengan metode hidrolik dan membentuk kemiringan 69 derajat sehingga memberikan hambatan udara.

Wing

Sekilas, ukuran wing dan spoiler memang sangat berbeda. Ukuran wing memang lebih besar dan lebih kaku bentuknya dikarenakan fungsinya pun lebih berat daripada spoiler. Berkat ukurannya dan menghasilkan downforce yang lebih besar, wing ini tentunya hanya cocok untuk mobil-mobil balap.

Uniknya, gaya atau desain sayap yang radikal, membuat produsen aftermarket menciptakan versi sejenis agar dapat digunakan oleh mobi-mobil harian. Desainnya tak jarang disesuaikan dengan dimensi serta lekuk mobil untuk menghasilkan gaya tekan. Versi custom ini, sama dengan spoiler, dibentuk dari bahan fiber oleh modifikator untuk kepuasan fashion saja.

SAMPAIKAN KOMENTAR