Jangan Panik Ketika Kaca Mobil Baret

Jangan Panik Ketika Kaca Mobil Baret

14May
INTERSPORT.ID ON 14 May 2018
INTERSPORT.ID ON 14 May 2018

Tak hanya mesin atau badan mobil yang bisa bermasalah, kaca mobil juga memiliki masalahnya sendiri yang penting untuk diatasi misalnya berjamur, kaca mobil yang baret, munculnya flek putih, hingga kaca mobil yang mengalami retak. Semua hal tersebut berpengaruh pada pengelihatan pengemudi mobil ketika sedang menyetir, apalagi ketika kerusakan terjadi pada kaca depan mobil.

Salah satu yang kerap terjadi dan cukup mengganggu pengelihatan adalah kaca mobil yang mengalami baret. Baretan ini bisa terjadi karena banyak hal diantaranya adalah sebagai berikut

Tergores Benda Tajam Secara Langsung

Bisa saja ketika mobil sedang diparkir, kaca mobil kejatuhan benda yang tajam sehingga mengalami baret atau ketika memarkir mobil, tidak sengaja kaca mobil tergores benda tajam seperti besi atau paku. Hal tersebut memang tidak terduga namun bisa terjadi.

Menggerakkan Wiper Ketika Kaca Masih Kering

Jangan Panik Ketika Kaca Mobil Baret

Image source: https://www.youtube.com/

Ketika akan menyalakan wiper untuk membersihkan debu atau pasir yang menempel di kaca, pastikan kaca sudah dibasahi terlebih dahulu. Jika tidak, kotoran tersebut bisa menyebabkan goresan pada kaca mobil.

Karet Wiper yang Sudah Keras

Selain karena menyalakan wiper saat kaca mobil masih kering, karet wiper yang sudah mengeras bisa menjadikan kaca menjadi baret. Sebaiknya, karet wiper dicek setiap 3 bulan sekali. Tak hanya keras saja, karet wiper yang sudah menipis juga bisa membuat kaca mobil tergores.

Jika kaca mobil sudah terlanjur tergores, sebaiknya kaca mobil dibawa ke para pakar glass detailing. Bengkel glass detailing akan mengikis lapisan kaca sehingga baret menghilang dan kaca menjadi bening kembali.

Namun, ada beberapa cara alternatif untuk membantu menghilangkan baret pada kaca mobil. Cara tersebut bisa dilakukan sendiri di rumah dan tentunya dengan biaya yang lebih murah dibandingkan membawanya ke bengkel glass detailing.

Jangan Panik Ketika Kaca Mobil Baret

Image source: https://www.youtube.com/

Cara paling mudah adalah dengan menggunakan kompon mobil. Kompon mudah ditemui dan hampir setiap pengguna mobil pasti memiliki kompon yang biasanya digunakan untuk menghilangkan baret pada mobil. Baret yang bisa dihilangkan dengan kompon adalah baret ringan saja. Caranya dengan mengoleskan kompon pada bagian yang baret lalu digosok perlahan menggunakan kain yang lembut.

Sayangnya, penggunaan kompon mobil ini memiliki kekurangan yaitu karena bahannya yang oil-based bisa membuat kaca menjadi buram ketika terkena air hujan. Wujudnya seperti embun. Namun sebenarnya hal ini hanya terjadi beberapa hari setelah pengaplikasian kompon. Setelah itu, kaca akan kembali bening dan bersih.

Jangan Panik Ketika Kaca Mobil Baret

Image source: https://www.youtube.com/

Selain itu, bisa juga menggunakan poles kaca yang berasal dari Cerium Oxide. Caranya dengan membersihkan kaca mobil terlebih dahulu dari debu-debu dan kotoran lain lalu mengampelas kaca hingga lapisan kaca menjadi rata. Pengikisan dengan ampelas ini dilakukan ketika kaca mobil dalam kondisi basah sehingga ketika pengikisian, panas yang ditimbulkan akibat gesekan pun sedikit. Kaca dibersihkan dan ditunggu hingga mengering.

Langkah selanjutnya adalah membuat campuran poles kaca. Campuran ini terdiri atas bubuk poles kaca atau Cerium Oxide yang dicampurkan dengan air hingga tidak terlalu kental, namun tidak terlalu encer. Kaca diberi koran dahulu pada pinggirannya agar bubuk poles ini tidak mengenai pinggiran kaca. Poles kaca dengan campuran ini menggunakan alat pemoles atau kain lembut. Gosok agak keras agar cairan masuk ke dalam kaca. Setelah baret menghilang, lap bersih sisa cairan poles tersebut dengan kain lembut yang bersih.

Namun, jika baret pada kaca sudah parah dan berat, lebih baik bawa ke salon mobil untuk mendapatkan perawatan yang sesuai.

Cover image source: https://www.youtube.com/

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN